banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Anarchy

« Previous post | Next post »


Friday | 20 December 2002
Anarchy

Di televisi sering sekali orang-orang ngomong tentang teror yang banyak terjadi akhir-akhir ini dihubungkan dengan anarkisme. "Tindakan mereka menciptakan chaos ini benar-benar anarkis...", begitu kurang lebih ucapan mereka.

Kata anarchy pertama kali gue kenal kira-kira 10 tahun lalu from a wannabe teenage punk band called "Under Jackie's Influence". Who played "strickly pistol", cuma bawain lagu-lagu lama Sex Pistol, terutama lagu kebangsaannya "Anarchy in the UK". (Damn, such a very long time guys, i missed those silly things... where are you anyway?). Seru banget, dengan gambar huruf "A" dalam lingkaran yang di gambar di mana-mana.

Anarchy sendiri berasal dari kata dalam bahasa Yunani "an" yang artinya tidak dan "archos" yang kurang lebih artinya pemerintahan. Mungkin pola kata yang sama adalah Mon-archy (monarki) yang artinya adalah pemerintahan di tangan kerajaan. Anarki adalah suatu bentuk kerinduan akan kebebasan, dimana jiwa menginginkan tidak adanya suatu pemerintahan yang harus mengatur jiwa itu.

Selama ini pengertiannya dibikin blurred dan disalahartikan dengan kekacauan atau chaos. Anarki hanya menginginkan kebebasan, tetapi bukan kekacauan. Jauh dari itu, justru menginginkan kedamaian, kebebasan yang hanya dibatasi kebebasan orang lain pula. Hal ini tentunya memerlukan kedewasaan dalam berpikir, bukan kekerasan.

Ini semua dipicu oleh ketidakpuasan pada sistem kapitalis yang ada sekarang ini. Aturan-aturan dibuat hanya untuk keuntungan pihak-pihak tertentu. Aturan yang dibuat hanya untuk dilanggar, kalau begitu buat apa bikin aturan? Suatu sistem yang tanpa sadar bikin kita terpenjara, oleh kelas, oleh kasta-kasta semu, oleh batas yang dibuat-buat.

...,

Ya, semua yang ada di dunia ini, memang relatif, subjektif, mungkin absurd. Gak ada yang pegang kebenaran mutlak. Semua punya sudut pandang masing-masing, yang seharusnya gak boleh pernah menghalangi keinginan akan kedamaian abadi...

December 20, 2002 10:34 AM