banner2.jpg

Go Blog Media » Gray Area » March 2004

« December 2003 | Main | April 2004 »


03/31/2004: Sunset
Could a picture paints a thousand words? *A fisherman and sunset at Pelabuhan Semayang, Balikpapan (thanks to Okta)... (Panjang entry: 19 kata)

03/26/2004: Gorengan dan Sejarah
Kalau kita beli jajanan gorengan, pasti dikasih dalam kantong kertas. Kantong kertasnya bersih, rapi lipatannya, dan sama semua ukurannya. Kertas yang digunakan itu bekas pakai, kadang ada yang bekas laporan keuangan, inventarisasi kantor, atau bahkan diary tetangga kita. Dari kantong... (Panjang entry: 148 kata)

03/23/2004: Service
Kemarin mampir di bengkel langganan untuk ganti oli mobil. Bengkelnya kecil, dekat rumah. Pemiliknya seorang ibu, dengan 3 orang anaknya sebagai montir di situ. Mereka berbicara dalam logat Sumatera yang kental, sehingga kesannya sangar. Tetapi sebenarnya mereka kocak dan baik.... (Panjang entry: 187 kata)

03/18/2004: Chaos
Kata chaos sering dianggap sebagai hal yang menakutkan. Chaos kadang disamakan dengan istilah amuk. Sebenarnya chaos adalah 'hanya' suatu kondisi acak, yang tak terprediksi. Theory of chaos dapat dijelaskan melalui suatu persamaan matematika sederhana, sebuah iterasi. Pikirkan suatu nilai antara... (Panjang entry: 151 kata)

03/15/2004: Bend Your Mind
Bentuk lengkung busur sering digunakan dalam struktur untuk menahan beban berat. Kelebihannya adalah struktur lengkung bisa langsung menyalurkan beban yang diterimanya kepada perletakan pondasi. Sedangkan pada struktur rangka lurus beban-beban tersebut harus melalui titik-titik simpul sebelum turun ke pondasi. Karenanya... (Panjang entry: 89 kata)

03/11/2004: Alat Hitung Canggih
Susah sekali mencari mistar hitung sekarang, mungkin seharusnya dicari di toko loak. Benda ini sangat menarik, walau sekarang kalah pamor dengan sipoa. Operasi hitung tambah-kali-kurang-bagi dapat dilakukan dengan menggeser-geser kedua bilah yang terdapat pada mistar tersebut. Anak-anak SD tahun... (Panjang entry: 166 kata)

03/08/2004: Palindrome
Seperti juga bentuk geometri, dalam bahasa juga ada susunan yang simetris. Ada kata-kata, frase, ataupun kalimat unik yang bisa dibaca dari depan ataupun belakang dan memiliki bunyi yang sama. Misalnya dalam bahasa Indonesia ada kata-kata "kodok", "katak", atau frase "rumus... (Panjang entry: 127 kata)

03/04/2004: Entertainment
"Lu demen kagak pelem-pelem silat yang di tipi?" Wardoyo si betawi klender negur gue. "Maksud elu sinetron laga?" "Iye, yang jaman-jaman kerajaan gitu..." "Gue jarang nonton itu, emangnya kenapa?" Kemudian dia cerita tentang sebelnya dia terhadap sinetron-sinetron itu. Katanya, penampilannya... (Panjang entry: 184 kata)

03/01/2004: Movable
Mudah dipindah-pindahkan. Itu kurang lebih arti dari movable. Karena ingin mencoba juga barang yang mudah dipindah-pindah itu akhirnya gue pindah tempat ke sini. Di sini menggunakan Movable Type, si barang berjenis yang bisa dipindah-pindahkan. Ternyata walaupun katanya mudah, tetapi mudahnya... (Panjang entry: 129 kata)