banner2.jpg

Go Blog Media » Gray Area » April 2004

« March 2004 | Main | May 2004 »


04/30/2004: Surprise
Kejutan hanyalah sebuah kejadian biasa yang sering muncul dalam perjalanan waktu. Yang menjadikannya sebuah kejutan adalah besaran probabilitas yang ada pada tiap kejadian. Probabilitas adalah nilai kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Nilainya di antara 0 dan 1. Kejadian yang punya nilai... (Panjang entry: 135 kata)

04/26/2004: Sesat
Hippasus mati. Ia dibunuh oleh sesama anggota kelompoknya, pythagorean. Mereka adalah para pengikut Pythagoras, yang pada masa itu dianggap seperti nabi, dan matematika adalah agama bagi mereka. Pythagoras juga dianggap sebagai anak Dewa Apolo. Katanya ia bisa berjalan di atas... (Panjang entry: 108 kata)

04/22/2004: Please don't Wake Me Up
Mungkin dia kelas 2 SD kalau dia bersekolah. Badannya kecil dan kurus, kepalanya besar dan botak. Persis seperti pemeran setan kecil dalam film Jelangkung. Malam itu dia duduk di bangku kereta yang kosong di sebelah gue. Kakinya dilipat ke atas... (Panjang entry: 137 kata)

04/19/2004: Hasrat
"Sinner, you will meet with death the moment you taste the pleasures of the bed... " (excerpt from Mahabharata) ..., Sungguh berat penderitaan Pandu. Kata-kata kutukan itu selalu terngiang di kepalanya setelah panah bidikannya salah sasaran menyerempet seorang pertapa. Depresi.... (Panjang entry: 120 kata)

04/15/2004: Padahal
Dalam bahasa Indonesia, kata pusing selalu berasosiasi dengan sakit kepala. Padahal katanya, dalam bahasa Melayu pusing berarti berputar. Padahal, sakit kepala bukan karena kepala kita berputar-putar. Tetapi kenapa orang Indonesia menyebut sakit kepala dengan kata pusing. Padahal juga, kadang sakit... (Panjang entry: 79 kata)

04/10/2004: Takjub
Theophrastus hidup pada masa abad ke-3 sebelum Al Masih. Ia merupakan salah seorang murid dari Plato. Suatu hari ia dibuat takjub oleh keindahan suatu tumbuhan tropik yang tidak ia ketahui namanya. Di lain tempat dan waktu, Confucius sudah lebih dulu... (Panjang entry: 117 kata)

04/06/2004: What If
Keberadaan tiap obyek dalam alam ini bisa ditandai dalam suatu sistem koordinat, yang komponennya terdiri dari lokasi dan waktu. Koordinat itu tiap saat selalu berubah, karena waktu yang selalu berjalan linear dan lokasi obyek yang juga selalu berubah-ubah. Koordinat tiap... (Panjang entry: 132 kata)

04/02/2004: Dadar dan Ceplok
Sama-sama telor, sama-sama digoreng. Telor ceplok kuning telornya di tengah, bulat, kenyal. Makin lama di goreng makin matang dan keras kuningnya. Sedangkan dadar berarti kuning dan putihnya dikocok, digabung jadi satu. Setelah dicampur, tidak ada perubahan kimia menjadi zat lain,... (Panjang entry: 129 kata)