banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Bergerak

« Previous post | Next post »


Wednesday | 12 January 2005
Bergerak

Orang yang tinggal di daerah dekat katulistiwa menjalani kehidupannya dalam "a-very-high-speed". Tanpa kita sadari bumi yang sepertinya adem ayem ini berputar terus-menerus tanpa henti.

Dalam 1 hari yang berisi 24 jam bumi akan menyelesaikan 1 putaran pada porosnya. Pada daerah khatulistiwa, lingkar bumi mencapai jarak maksimumnya yaitu sekitar 40000 km. Jadi bila dihitung kecepatan kita bergerak per jam bisa mencapai 1666 km/jam.

Ternyata seorang penduduk Indonesia yang sedang duduk diam di toilet kamar mandi pun mempunyai kecepatan gerak 2 kali pesawat Boeing 747 yang pergerakan maksimumnya di udara sekitar 800 km/jam.

Tapi kita tidak pernah merasa pusing dan mual-mual karena bergerak cepat. Kita tidak menyadari pergerakan karena semua obyek di sekitar juga bergerak secepat kita. Hal itu menimbulkan ilusi diam.

Seperti juga waktu, gerak adalah suatu relativitas. Bila kita mau bergerak mengikuti arus, sedashyat apapun tidak akan terasa. Sedangkan gerakan yang melawan arus sekecil apapun akan sangat mengguncang.

January 12, 2005 11:25 AM
Sudah ada 43 comment (kasih comment?)
1. | 12:16 on 12 January 2005 | by snydez

yang paling asik, arus ngikutin kita ;)

2. | 12:51 on 12 January 2005 | by mem

tapi kalo ngikutin arus tsunami kemarin dahsyat sekali rasanya ...

3. | 13:26 on 12 January 2005 | by shanty

makanya ada ungkapan: let it flow..

:P

4. | 15:00 on 12 January 2005 | by Cyrano de Bergerac

apalagi saya, saya orang paling bergerac sedunia ho ho ho

5. | 19:54 on 12 January 2005 | by tajid

Kenyataannya terlentang di tempat tidur tiap hari itu fakta.. sambil terdiam saya mengalami ilusi gerak (kok gak kemana2 yah saya?) .. auk ah gelap :D .. kepingin nimbrung aja

6. | 21:11 on 12 January 2005 | by ono

Lelaki peminum alkohol memiliki ilusi gerak putar disekelilingnya, sedang Wanita hamil 6 bulan merasakan nyata akan gerakan di perutnya.

Ada dan tiada.

7. | 17:33 on 13 January 2005 | by siwoer

ini kisah malem pertama ya Ly? :P

8. | 18:41 on 13 January 2005 | by atta

hahahahhahhaa *sambil liat komennya siwoer*

9. | 19:58 on 13 January 2005 | by dion

huaduh erly erly...abis bulan madu kok mbahas relivitas gt lho...:D

10. | 12:55 on 14 January 2005 | by nita

Ini pasti lagi kecewa karna bulan madunya sudah habis yaa.. ;)

11. | 15:04 on 14 January 2005 | by chrysalic

oh no! Lynda udah hamil yah???? *pengsan*

12. | 19:28 on 14 January 2005 | by si_aip

everything are absolutely relative ya ly... kekekkeke..

13. | 16:11 on 18 January 2005 | by ranukama

Liat komen atta & dan si woer *ngakak abis*
Piiiss...

He2..aniway thanks info-nya...jadi ternyata begitu ya...

*sambil angguk2*

14. | 21:58 on 18 January 2005 | by fahmi

bergerak disini dlm 3 dimensi ato ditambah dimensi waktu juga pak erly?

15. | 08:57 on 25 January 2005 | by prazz

*baca beberapa komen terakhir*
hihihi... jadi yg bergerak loe apa istri loe, ly ?? ;p :P

16. | 17:48 on 25 January 2005 | by peeqee

nice post,especially ur post with title "AIR MATA"

17. | 18:40 on 25 January 2005 | by eyi

:D :D :D (sama ngakaknya sama atta dan ranukama gara2 siwoer)

18. | 11:40 on 1 February 2005 | by Qky

biasanya setelah banyak bergerak terus lemes deh *gara-gara siwoer sih, nih* :P

19. | 12:13 on 10 February 2005 | by ichita

ini adalah blogger teromantis yang pernah sayah baca...

pasti yang nulisnya amat sangat smart...

20. | 12:00 on 11 February 2005 | by achill

So... lo termasuk yang mengikuti apa yang menghindari Ly?

21. | 20:40 on 12 February 2005 | by gre

maap yah.. saya numpang gerak disini..

*segera hadir. "puing". sebuah novel kolabprasi..*

22. | 07:18 on 13 February 2005 | by adhitya

oh er, pas malem pertama elo GAK BAHAS INI KAN di tempat tidur? huahahahah

23. | 02:16 on 14 March 2005 | by Guido

800km/jam nya boeing itu relatif terhadap bumi kan? jadi mestinya dia bergerak 800+1666 km/jam... hehe iseng amat aku.

24. | 09:14 on 6 August 2005 | by badjingan

Tidak terbayang itu sebesar apa speedometer bumi punya...Ckakak

25. | 09:49 on 6 August 2005 | by badjingan

Telat..Soal gerak..coba liat di daerah jln pantura cikampek-subang tepatnya di ciberes banyak RM tanpa piring, disana banyak gadis2 lokal dari kampung cakep2 manis2 jual jasa PL karaoke, murah2

26. | 18:31 on 7 August 2005 | by thanatos

ga juga ah, coba aja lw berlari berlawan arah dari putaran bumi lw juga akan mengeluarkan daya yang sama dengan lw bergerak searah dengan perputaran bumi -dengan itupun lw juga tidak bertambah cepat-, yang menjadi masalah adalah, ketika satu wadah mengalami suatu gerakan massa yang diatasnya akan dihitung nol.

v = t kali s

variabel massa disini ditiadakan.
tapi gw suka kata-kata lw mengenai ilusi diam. memang pada dasarnya kita bergerak, namun dengan pergerakan wadah itupun pada hal yang sebenarnya, atau taruhlah pada titik pandang yang menatap, kitapun memang diam. tidak bergerak. kalau kita betul bergerak seperti bumi, akan akan daya perlawanan kalau kita bergerak berlawanan arah.

demikian sabda
Zarathustra
hehehe by the way nice blog spot....

27. | 18:32 on 7 August 2005 | by thanatos

ga juga ah, coba aja lw berlari berlawan arah dari putaran bumi lw juga akan mengeluarkan daya yang sama dengan lw bergerak searah dengan perputaran bumi -dengan itupun lw juga tidak bertambah cepat-, yang menjadi masalah adalah, ketika satu wadah mengalami suatu gerakan massa yang diatasnya akan dihitung nol.

v = t kali s

variabel massa disini ditiadakan.
tapi gw suka kata-kata lw mengenai ilusi diam. memang pada dasarnya kita bergerak, namun dengan pergerakan wadah itupun pada hal yang sebenarnya, atau taruhlah pada titik pandang yang menatap, kitapun memang diam. tidak bergerak. kalau kita betul bergerak seperti bumi, akan akan daya perlawanan kalau kita bergerak berlawanan arah.

demikian sabda
Zarathustra
hehehe by the way nice blog spot....

28. | 20:46 on 8 August 2005 | by waxca

Seandainya atsmosfir diam relatif terhadap perputaran bumi.

29. | 22:30 on 8 August 2005 | by djurig

Wah,hati2 tuh,pengkondisian relatif , kalian bisa gila mikirin gerak & relativitas, luas tak terhingga, seperti pita mobius

30. | 22:49 on 8 August 2005 | by djurig

Teorinya begitu manis, kayaknya pernah baca di buku fisika sma, copy teorinya nyaris mirip2, awas jangan ngarang lo !

31. | 23:25 on 8 August 2005 | by djurig

Orang yg ahli teori relativitas memang cenderung tidak bertanggung jawab terhadap pertanyaan2 yg harus dijawab secara mutlak & konsisten, jawaban mereka pasti relatif, kenyataanya moment tidak bisa terbukti, seperti keterbatasan einstein membuktikan teori

32. | 06:28 on 9 August 2005 | by ogep

test............
melakukan pergerakan melawan arus sekecil apapun memang akan sangat mengguncang, tetapi biasanya merupakan salah satu jalan untuk selalu dikenang.
seperti mungkin...
galileo, gie

33. | 17:00 on 14 August 2005 | by John Gudel

Wah gak juga tuh, kalo pesawatnya terbang dgn rute diatas katulistiwa lebih cepet kali yee...

34. | 20:00 on 26 August 2005 | by immanuel abraham nanulaitta

Gue ngebayangin Ilusi diam itu seperti mobil yang sedang meluncur 120 km/jam. Tiba-tiba kaca jendelanya diketok polantas berkendara motor cc besar. "Mas ... anda kena tilang, maksimum 80 km/jam saja lho", kata si polantas senyum-senyum.

35. | 19:29 on 12 September 2005 | by harry

tolong jangan membuat text yang menyesatkan orang banyak. perhitungan yang anda buat hanya valid jika kita berada di bagian terluar atmosfer. Tolong intelektualitas kerdil anda disimpan dan digunakan untuk membodohi kepada anak cucu anda sendiri.

36. | 08:35 on 12 December 2005 | by ai

oi...you're crazy man teori u bgs jg

37. | 08:36 on 12 December 2005 | by ai

oi...you're crazy man teori u bgs jg

38. | 16:35 on 13 December 2005 | by fikos-roza

ilmiah bgt siey..
dari dlu g juga suka hal-hil yg berbau ilmiah-fisika, tp nilai fisika g pas sma dlu ancurr bgt!!hikz..
btw.mgkn kta bisa ngikutin arus pergerakan bumi dan lebih ngerasa nyaman, tp klo ud masalah prinsip hidup? ga bisa gtu aj pasrah kan?!sometimes, ngikutin arus mean pasrah loh.. terkecuali soal pergerakan bumi berputar ini..
tul ga??

39. | 16:11 on 11 April 2006 | by Marissa

sebenernya ini bukan gosip,,Artis Ressa herlambang dan Nia ramadhani putus karena ressa herlambang masih berhubungan dengan mantannya yang juga artis sinetron remaja yang sudah lama namanya DIVANADIA yang saat ini bermain di DISINI ADA SETAN,,CINCIN,ANAKKU BUKAN ANAKKU.ressa dan divanadia sudah pacaran sejak lama tapi ressa selingkuh dengan nia ramadhani dan kembali lagi pada divanadia.

40. | 18:10 on 10 May 2006 | by mantiak

waw dalam sekali ye

41. | 09:47 on 25 May 2006 | by andre

Ini kayaknya seperti di buku 'einstein ngomong apa kalo lagi cukuran?"
nggak begitu orisinal

42. | 15:26 on 31 May 2006 | by NN

Reaksi kimia,adalah perubahan yg mutlak yg merubah unsur-unsur ato molekul-molekul,menjadi zat yg berbeda.,..bisa di contohkan ketika Ibu dan Ayah bersenggama,maka kesimpulan nya,bersenggama adalah peristiwa kimia.

43. | 15:39 on 31 May 2006 | by writed by NN

jgn sok Ilmiah lo,lgian gw jg msh ada kturunan Hipocrates g sombong.klo mau debat ilmiah ma gw ni noHape gw.081324608204.ampe botak jg gw tmenin.