banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Nurani

« Previous post | Next post »


Monday | 2 September 2002
Nurani

Heart dalam bahasa Inggris sering diterjemahkan sebagai hati atau jantung dalam bahasa Indonesia. Selalu digambarkan sebagai benda merah, dipakai sebagai lambang cinta kasih. Sebenarnya itu adalah perwujudan bentuk dari jantung, yang terletak di rongga dada manusia, dan berdetak sebagai pusat kehidupan manusia. Bila jantung berhenti berdetak, matilah manusia.

Sedangkan hati (hepar) dalam bahasa Inggris disebut sebagai liver. Berfungsi sebagai "penyaring" sari makanan yang diserap oleh alat-alat pencernaan, serta sebagai penangkal racun yang kemungkinan masuk bersamaan zat-zat makanan tersebut, sebelum disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah.

Lalu mengapa heart sering diterjemahkan sebagai hati? Hati di sini adalah nurani, suatu objek tak berbentuk kasat, tetapi sering diinterpretasikan sebagai terletak di dada kita. "Think with your heart" atau "Pikirkan dengan hatimu" adalah sebuah ungkapan yang meminta kita merenung, berpikir tidak hanya dengan otak melainkan dengan nurani.

Inilah yang membedakan manusia dengan mamalia lainnya, yang hanya mempunyai otak dan tidak mempunyai nurani yang dipakain sebagai penyeimbang dalam proses pengambilan keputusan.

Otak memberi kita kemampuan untuk berbuat apa saja dalam mencapai tujuan kita, tetapi nurani yang selalu mengimbangi apakah cara itu adalah cara yang terbaik, cara yang adil, cara yang jujur.
Dan nurani selalu kita bayangkan sebagai berada di dada, tempat jantung berada, pusat dari detak kehidupan manusia. Karena nurani adalah hal terindah dan terpenting pula yang dimiliki manusia...

September 2, 2002 8:45 AM