banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Puasa? Sudah beberapa hari ini

« Previous post | Next post »


Monday | 11 November 2002
Puasa? Sudah beberapa hari ini

Puasa?

Sudah beberapa hari ini umat muslim memasuki bulan ramadhan. Bulan yang diharuskan bagi mereka beribadah puasa. Dan memang di lingkungan yang mayoritas warga muslim seperti di sini, terasa sekali ada sesuatu yang berbeda hari-hari ini.

Tetapi sayang perubahan tersebut justru agak menyimpang dengan maksud puasa itu sendiri. Yang bisa dilihat belakangan ini misalnya tiap pagi jalanan sepi karena sebagian karyawan berangkat kantor lebih siang dari biasanya dengan alasan bangun sahur. Kemudian tiap sore sekitar jam 4-5 di mana-mana macet gila-gilaan. Semua orang jadi nafsu nyetir, gak mau mengalah, karena mengejar waktu buka puasa. Lampu merah diterobos, gak kelihatan lagi kesabaran yang dijalani orang puasa.

Berpuasa yang seharusnya banyak merendahkan hati dan merenung malah jadi kebalikannya. Pengeluaran bulan puasa justru lebih besar dari bulan-bulan lain karena tiap hari terpikir nanti mau makan buka puasa di mana, besok di mana, lusa di mana. Persediaan minyak goreng dan kelapa parut di pasar menurun, harga-harga naik, karena ibu-ibu membuat makanan istimewa untuk berbuka di rumah.

Media hiburan elektronik terutama televisi berlomba-lomba membuat acara ramadhan. Diisi dengan artis-artis yang berubah penampilannya menggunakan busana muslim yang bagus-bagus. Semua semangat menceritakan kisah-kisah religius dan perjalanan tobatnya.

Apa cukup itu arti puasa dan ramadhan? Bulan yang harus dirayakan dengan segala kemeriahan? Memang kita perlu berbahagia dalam menyambut bulan suci, tetapi simpan juga kebahagiaan itu dengan rendah hati. Waktu kecil kita diajarkan berpuasa supaya kita bisa memahami dan merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung, yang sehari-harinya selalu merasa lapar dan haus. Makin dewasa, dalam puasa ternyata lebih banyak hal lain yang dituntut, pengendalian emosi, nafsu, dan lain-lain.

Orang yang puasa juga masih tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya secara normal, kecuali untuk kasus-kasus yang membutuhkan kondisi fisik tertentu. Puasa gak perlu jadi over-acting, menunjukkan pada semua orang, atau minta penghormatan yang berlebihan. Kita jalani hari-hari kita dengan apa adanya, tidak perlu berlomba-lomba atau hitung-hitungan pahala. Cukup melakukan perbuatan yang baik, karena pahala dan dosa itu bukan urusan kita...

November 11, 2002 1:41 PM
Sudah ada 12 comment (kasih comment?)
1. | 16:46 on 8 August 2005 | by Panggih Prasetyo

ramal dong jpodoh karir dan dmana peruntungan saya

2. | 16:47 on 8 August 2005 | by Panggih Prasetyo

ramal dong jpodoh karir dan dmana peruntungan saya

3. | 18:02 on 4 September 2005 | by ime

ramal dong jodoh karir dan dmana peruntungan saya

4. | 14:27 on 22 October 2005 | by heru sarjono

hai.. blognya bagus lhooo.. salam kenal dari gunung kidul

-heru-

5. | 01:23 on 31 December 2005 | by agus

ramal karir dan usaha yg jitu peruntungan bisnis and nasib ane..*_+

6. | 15:15 on 24 January 2006 | by p_biroe@yahoo.com

tolong cariin tgl jawanya 26 agustus 1977
thanks

7. | 11:51 on 2 March 2006 | by tjipto tjahyono

tolong dong dijawab, mengapa peruntungan gue selalu gagal sejak menikah 2th lalu? thanks

8. | 08:52 on 14 March 2006 | by jeannie

tolong ramal tentang karir dan jodohku.Aku cewek kelahiran 8 desember 1983 dan cowokku kelahiran 1 agustus 1977?

9. | 21:38 on 21 March 2006 | by Darusman

Gimana ya masa depanku
aku lahir 6 juli 1983
masalah rumit melengkapi riwayat hidupku....
kedepannya aku pesimis nih!

10. | 16:07 on 30 April 2006 | by Dewi Rosa Indah

aku lahir 20 januari 1981...pacarku 15 April 1966...Apakah kami jodoh sebab tahun depan kami berencana akan menikah???

11. | 14:58 on 31 May 2006 | by yakub dalle

tlong ramal ke hidupan saya yg akan datang TTL karawang 18 juli 1986

12. | 13:42 on 21 July 2006 | by endah

nama saya endah rosmala arum...tanggal lahir saya 16 september 1987 tolong ramalin tentang jodoh saya dan masa depan saya