banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Secret of Ember Tukang somay

« Previous post | Next post »


Monday | 7 July 2003
Secret of Ember Tukang somay

Secret of Ember

Tukang somay keliling bersepeda selalu bawa sebuah ember. Setelah kita selesai makan somay maka piring yang kita pakai akan dicuci menggunakan air dari ember itu.

Biasanya piring itu disiram-siram sedikit, lalu dibersihkan menggunakan sabut kelapa atau gumpalan plastik kresek, yang kadang diberi sedikit sabun colek.

Setelah itu dikeringkan menggunakan lap setengah basah, siap untuk dipakai makan lagi. Dan si tukang somay akan berkeliling lagi hingga somay dan bumbu kacangnya habis.

...,

Walaupun sekarang makin banyak tempat makan yang enak dan bersih, tukang somay keliling tetap bertahan.

Dan rasanya masih tetap seperti dulu. Tetap ditunggu orang-orang. Mungkin rahasia suksesnya ada di ember yang dibawanya itu...

July 7, 2003 9:28 AM
Sudah ada 51 comment (kasih comment?)
1. | 22:47 on 6 July 2003 | by dwi

jd kepengen..makin jorok makin enak katanya yah bang erly? pengen somaaayyyyyy...
eh bang erly apa kabarnya????

2. | 23:21 on 6 July 2003 | by lontar

bukan di embernya erl... tapi di saosnya...

biasa deh, kalo ada bakul yang laris suka digosipin yang melihara jin lah.. yang make daging tikus lah... :))

3. | 23:22 on 6 July 2003 | by snydez

pernah denger rujak bebeq ...
heheh ngulek rujaknya pake cincin di tangan si abang :D

4. | 23:32 on 6 July 2003 | by tukang somay

embeeeeeeeeeerrr hehehh ;)

5. | 23:37 on 6 July 2003 | by alaya

gue jadi rindu tukang siomay :) di bali gak ada yg jualan siomay keliling2 gitu

6. | 00:14 on 7 July 2003 | by tukang siomay

resep laris jualan siomay, karena air buat nyuci piringnya dicampur sedikit alkohol dan dagingnya pake daging bayi.

7. | 00:35 on 7 July 2003 | by neenoy

di dalam embernya ada kolor bekas :P

8. | 00:39 on 7 July 2003 | by erly

to dwi: Hai dwi... :) Somay emang toobb... :p

to lontar: Berarti kalo gak pakai saos gak enak dong? Padahal saya selalu gak pakai saos cuma kecapnya dibanyakin... tapi tetep enak kok... :)

to snydez: Hihihi.. pernah dengar sih rujak bebeg... tapi gak tau gimana proses nge-bebeg-nya... ternyata pakai batu cincin? Mahal dong.... :p

to tukang somay: Hushh.. tukang somay seharusnya teriak "may... somay....!" bukan "emberrr...." :p

to alaya: Tapi di bali tetep bisa cari somay kan al? Walaupun gak ada yang keliling, tapi kita yang musti keliling2 yah? :)

to tukang somay: Ooooo.. ternyata ada daging bayinya? wah wah wah... kriminal dong...

to neenoy: Hehehe... kolor bekas? pantesan suka ada rasa asem-asem dan pedes dikit... :)

btw, di sini udah ada 2 tukang somay? Mendingan salah satu ke bali aja tuh, biar si alaya bisa makan somay... hihihi... *peace*

9. | 00:54 on 7 July 2003 | by sLesTa

duh duh.. gue gak mau mikirin ada apa aja di aer ember ituuhhh..

10. | 01:08 on 7 July 2003 | by lindie

duh, jadi pengen somay....

11. | 01:22 on 7 July 2003 | by mpeb

waaaa .. somay enak niy ..

bang erly, pesen satu porsi, ya! =D
g pake ember, bang!

12. | 02:00 on 7 July 2003 | by dion

rasanya sih masih tetap kaya dulu, cuma kok ukurannya makin lama makin kecil ya...

13. | 02:12 on 7 July 2003 | by deksay

now that u've described the dish washing process like that, i dont think siomay keliling still apealing to me anymore :(

14. | 02:37 on 7 July 2003 | by sMara

pesen satu ngga pake pare, Pedes ya Bang...... Buru' laper nieh!

15. | 02:54 on 7 July 2003 | by ciphie

saya suka pare...

16. | 03:05 on 7 July 2003 | by L

gue mah selalu pake piring sendiiriii ..hihi..itu gambar yg di blog gue dari Precious Moments.

17. | 03:25 on 7 July 2003 | by erly

to slesta: Mendingan gak usah dipikirin... kalo dipikirin gak jadi makan... Jadi makan aja, bayar habis itu kaburr... :p

to lindie: Pengen somay? hmmm... tapi makan pakai piring sendiri aja yah... :)

to mpeb: Boleh satu porsi nih... tapi saya kehabisan piring... gimana, mau pake ember aja?

to dion: Hehehe... perhatian aja.. memang yang beda ukurannya, sekarang tambah kecil.. maklum sih, harga2 semua juga makin mahal sekarang...

to deksay: Ups... sorry.... tapi memang begitu sih... :) Lain kali bawa pirin sendiri aja deks :p

to smara: Sabar... sabar... jangan buru-buru... ini piringnya lagi dicuci... kehabisan air pula... mau nolongin cuci piring?

to ciphie: Gue gak ngerti kenapa orang2 pada suka pare ya? Pare kan pahit banget... lagi enak2 makan somay atau kentang yang gurih tau2 kegigit pare yang paitt banget.... ugh... :p

to L: Yap, bener... yang paling aman memang gitu sih... tapi kalo lagi laper dan darurat kadang2 cuek ajah... :p

18. | 11:08 on 7 July 2003 | by ade

hihihihi...
pengalaman pribadi ya er ???

*waaaaaaaa,kaburrrrr!!!!!*

19. | 11:38 on 7 July 2003 | by an

erly,
rahasia piring itu terletak pada Mama Lemon ya...
*jadi iklan deh...*

Mama Lemon, mungkin ini mamanya John Lemon... :)

20. | 11:45 on 7 July 2003 | by mya

embeerrr.... mang, saya mah pengen batagor!! eh mungkin rahasianya krn mangnya bikin siomay pake clana dalem...*eu..stlh dibaca ulang.. maaf garing.. abis kepanasan.. aarrgghh kramotakgueee*

21. | 17:45 on 7 July 2003 | by raitter

*dzighhhhhh* er, mampus kow nakk... komen na sadis2, mana gwe lagi mamam lagi... jadi eneg aghhh mate aku...

22. | 22:43 on 7 July 2003 | by ponc

huahuahua, bukan embernya yang buat lezat, tetapi airnya.. karena rumus si tukang somay itu katanya sih... "airnya ngak boleh diganti jika blum genap 100 piring"... *clingak-clinguk*

23. | 22:45 on 7 July 2003 | by mamay somay

rahasia lezatnya somay itu ada pada prosesnya.
bikinnya... pake celana dalam!

24. | 23:02 on 7 July 2003 | by nita

Somay somay bergembira... bergembira semua...
Sudah bebas negri kita.. Indonesia merdeka..

hihihi

25. | 23:14 on 7 July 2003 | by bLub gitu loh

haaa??? gitu ya proses cuci piringnya?
ah.. kalau gitu saya makan batagor aja lah. lagian ada yang jnji mo nraktor gue makan batagor *memutar balikkan fakta*

26. | 23:59 on 7 July 2003 | by JURAGAN SOMAY

TENANG TENANG SODARA-SODARA.

JANGAN JADI GA BELI SOMAY. SOMAY TETEP PERLU DIBELI.

DAN JANGAN KUATIR TENTANG EMBER, ITU HANYA ISU YG DIHEMBUSKAN OLEH SAINGAN SAYA, SEPERTI PEMILIK BLOG INI.

KALO BOLEH KASIH RAHASIA SEDIKIT, RESEP ENAKNYA SOMAY ITU ADALAH TAMPANG-TAMPANG PENJUALNYA YANG GANTENG.

MAKANYA SAYA SELALU PILIH-PILIH DALAM REKRUTMEN TUKANG-TUKANG SOMAY SAYA KARENA..

KARENA EH KARENA..

JADI INGAT SEKALI LAGI, TETAP BELI SOMAAAYYY!!

27. | 01:21 on 8 July 2003 | by mpeb

bah .. juragan somay marah" rupanya? =p

yg jelas : satu piring saja, tidak pakai ember yang banyak somaynya ..

*taken from the song abang tukang bakso*

28. | 01:33 on 8 July 2003 | by erly

to ade: Hey, kamu kok kabur melulu.. hayo sini balik lagi beliin saya somay :p

to an: Pasang iklan di sini bayar dong... daripada iklanin mama lemon mendingan iklanin album baru aja bung an, beli satu album gratis sepiring somay :)

to mya: Batagor juga enak... tapi enakan yang di bandung :) Soal kolor saya gak tau deh... itu isu yang sengaja dihembuskan pihak-pihak tertentu, hihihi...

to raitter: Aduh kasian... ayo minum air putih dulu biar lega... terus makan lagi itu celan... eh somaynya... hehehe...

to ponc: Berarti bumbunya tambah gurih karena akumulasi kenikmatan di dalam air cucian yah? hueheuheu...

to mamay somay: Nah ini contohnya pihak-pihak yang punya maksud tertentu menghembuskan isu tentang celana dalam... padahal saya kan cerita tentang ember... :p

to nita: Ah jadi ingat lagu2 jaman dulu... Somayku ada lima... rupa-rupa warnanya.. merah kuning kelabu... kupegang erat-erat...

to blub gitu loh: Walah ini komen makin tercemar setalah ada yang penghembus isu celana dalam, sekarang ada pemutar balik fakta pula... hayo mana kirim batagor buat saya... :p

to juragan somay: Maaf ya agan, saya gak ada niat menghasut orang untuk tidak beli somay agan, saya justru tetap beli dan menikmati apapun resep yang digunakan.. kecuali penjual yang ganteng2 gak ngaruh buat saya, lebih baik mungkin kalo penjualnya sexy2 seperti wonder woman...

to mpeb: Cuekin aja itu juragan somay marahnya bohongan kok :p

29. | 01:57 on 8 July 2003 | by Lhukie

Mending tanya ma sayah ... saya soalnya yang jualan ember :D

30. | 02:47 on 8 July 2003 | by xinda

Ah kangen sate padanggg

(out of topic, cuek....)

31. | 09:39 on 8 July 2003 | by obey

somay kalo pake tahu trus digoreng, jadinya batagor tuh bang er!

32. | 10:56 on 8 July 2003 | by Netta

oo.. pantesan somay2 di mall ga pernah se "yummie" somay nya mamang keliling, faktor ember-nya itu lo yg ga ada .. *wink wink* ;)

33. | 13:44 on 8 July 2003 | by finia

di embernya ada apaan emangnya sih? *penasaran* hehehehe

34. | 20:00 on 8 July 2003 | by otty

hiy stelah baca ini baru kepikiran.


hiy...ihyyiiiii

35. | 20:31 on 8 July 2003 | by Lacsar

ember!

*piss ah*

36. | 00:05 on 9 July 2003 | by dona

Ah masa sih karna ember. Bisa jadi kali.. Kalo aku emang suka somaynya, gak kepikiran karna ember. Kalo mau beli, ya pake piring sndiri. Kalo ga ada prng sendiri mending pake minta pake plastik aja hehe.. Lamaaaaa ga makan somay! Pengen.

37. | 00:46 on 9 July 2003 | by morningdew

I loooove siomay keliling! Gak ada yang ngalahin deh, rasanya. Mungkin emang bener, EB, mungkin rahasianya ada di emeber itu, plus keringet abangnya ;)

38. | 04:14 on 9 July 2003 | by iqbal

enak !

39. | 05:49 on 9 July 2003 | by VespagirL

hmm siomay bandung ga ada duanya :P

40. | 12:59 on 9 July 2003 | by isni

alo erly, lama ga ketemuan.. ga nyangka, skarang dah jadi tukang somay.. hehehe.. eh, tau gak, tukang somay yg paling enak tuh di jalan merdeka selatan. ga usah pake tahu, kol dll. cukup somay dan bumbunya.. puasnya.. polllll..!

41. | 23:14 on 9 July 2003 | by erly

to lhukie: Wah saya baru tau situ jualan ember... di depok ya jualannya? :p

to xinda: Sate padang memang mantabbb...

to obey: Mana bey katanya mau kirimin batagor ke sini... mana.. mana...?

to netta: Memang beda rasa somay yang di mall-mall itu, soalnya dia kan pakai air ledeng...

to finia: Gak tau fin.... itu rahasia dia... gue mendingan sih gak mau tau... :p

to otty: Maaf ya ty, lain kali gak usah dipikirin, atau makan pakai daun aja... :)

to lacsar: Hehehe... kirain mau nyanyi lagu ember...

to dona: Makan pakai plastik gimana caranya tuh don? Kalo pake daun itu enaknya makan sate padang.... :p

to morningdew: Ya, ada faktor keringatnya mungkin juga, soalnya rasanya jadi ada pedes-pedes-asin...

to iqbal: traktir!

to vespagirl: Enakan mana sama batagor? :p

to isni: Jalan merdeka selatan ni? Sebelah mana ya? Nanti gue nyari ke situ deh... dia bawa ember juga gak? :p

42. | 08:37 on 10 July 2003 | by code cracker

hemmhh.. ternyata bung erly adalah ember yang tiada duanya.. :p

43. | 01:22 on 12 July 2003 | by Rapa

Ember saya warna hijau tosca, yang satu warna hitam, tapi bekas dipakai nge-cat kamar, jadi blepotan bercak putih.

Ember saya dua-duanya dari bahan plastik, mo sayang lingkungan tapi ndak ada ide mo pakai ember pakai batok kelapa, soalnya terlalu kecil.

Bingung.

44. | 04:09 on 14 July 2003 | by rihsa

sebenernya jijay
tapi...
hajar bleh!

45. | 19:23 on 6 April 2005 | by

gue kesellllllllll

46. | 02:31 on 3 July 2005 | by

lo semua pada bacot yg 'nggak2.
gua 'nggak terima siomay di hina

47. | 16:02 on 7 August 2005 | by AGUS

gwhfvjkhgjnbgvij(SID ngetop)

48. | 16:07 on 7 August 2005 | by AGUS

hai..! superman is dead apa kabar?. saya inin (SUERMAN IS DEAD)membuat albun baru,soalnya saya penggemar berat SID.oh...ya tolong dong diceritain gimana suasana konser waktu di SINGARAJA?

49. | 16:09 on 7 August 2005 | by AGUS

maaf kalau saya salah tulis SUPERMAN IS DEAD YA?

50. | 07:36 on 22 December 2005 | by akim

kalo menurut gua sid itu = session id. biasanya nongol di script php.

51. | 20:35 on 11 February 2006 | by kimpar

somai itu apa sihhh...mank somai itu nama makanan atau nama grup band???kalo somat gw kenal,coz tukang sapu dirumah gwa...........
bingung???????@@#@#@@?