banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Spirit of Freedom

« Previous post | Next post »


Friday | 25 June 2004
Spirit of Freedom

Gandhi seorang tokoh besar. Reputasi dan perjuangannya yang gigih melawan kolonialisme sudah menjadi bagian sejarah yang heroik. Ia mengajarkan semangat kemandirian. Baginya, mandiri adalah jalan menuju kebebasan.

Jamnalal adalah salah seorang murid yang dekat dengan Gandhi. Bahkan ia kadang dianggap anak dari sang Mahatma. Semangat sang guru pun menurun padanya. Untuk membuktikan bahwa bangsanya juga bisa sejajar dengan bangsa lain yang lebih maju, ia mendirikan sebuah pabrik motor bersama anak sulungnya.

Pabrik itu diberi nama menurut nama keluarganya. Bajaj Auto. Jamnalal Bajaj dan anaknya Kamalnayan Bajaj kini punya sesuatu yang sangat mereka banggakan.

Produk roda dua dan roda tiga mereka tersebar ke seluruh dunia. Termasuk di Jakarta. Lambang kemandirian dan kebebasan itu ngider-ngider di Ibukota sejak awal tahun 80-an.

Di jalanan, bajaj tetap jadi lambang kebebasan. Warnanya yang khas orange nge-jreng, suaranya yang nyaring, kebebasannya berbelok arah kemana saja tanpa ada yang tahu, serta kebebasan untuk mengangkat kaki saat menyetir.

Makin lama, segala kebebasan bajaj semakin tersingkir. Kondisinya makin terpuruk. Benda penuh kebanggaan itu harus mengalah dalam arus kosmopolitan Jakarta, berada di posisi marjinal.

...,

Bajaj kadang ngeselin, tapi juga ngangenin.

June 25, 2004 2:40 PM
Sudah ada 32 comment (kasih comment?)
1. | 16:08 on 25 June 2004 | by atta

bentar lagi bakal kegusur sama kancil. dan berdemo beramai2 lah para bajaj beberapa hari yang lalu... :D

ngomong2 mau dianterin kemane nih bang?

2. | 16:26 on 25 June 2004 | by emil

mendingan becak deh drpd naek bajaj :p *ya iyalah dodol*

3. | 17:03 on 25 June 2004 | by fantaorenz

jadi inget lirik lagu Ada band, walau *bajaj* menghadang, ingat lah ku kan slaluuu setiaaa menjaaagaamuuu...

4. | 17:22 on 25 June 2004 | by erly

to atta: Iya tuh, kasian bajaj mau diganti kancil, kemarin mereka sebelum demo konvoi depan rumah gue :)

to emil: Hehehe... kalo bajaj ada suara mesin berisik, sedangkan becak bakal ada desah nafas ya :p

to fantaorenz: Gue malah keinget lagu Chrisye jaman dul yang ada film-nya: "Bajaaaj pasti berlaluuuu..."

5. | 17:23 on 25 June 2004 | by leon!E

Paling ngga, 'Bajaj Bajuri' masih mendapat tempat di hati pemirsa. :)

6. | 18:13 on 25 June 2004 | by enda

menurut temen india yg duduk di belakang gue ini ternyata dibacanya BAJAZ, belakangnya J-nya tetep, ga jadi Y hehe

7. | 18:16 on 25 June 2004 | by meeauw

wah, kayaknya sering posting tentang bajaj nih, mentang2 rumahnya deket tempat bajaj nge-track ya? :D

8. | 20:27 on 25 June 2004 | by snydez

"ke lampu merah di ujung sono berape bang?""ceban deh neng""yah si abang, mahal amat.. khan keliatan tuh dari sini lampu merah nye.. tiga ribu deh..""wah gak bisa neng, dari sini bulan juga keliatan neng, sampe tujuh turunan si eneng pasti gak bisa bayar ongkos ke bulan deh neng"

9. | 21:04 on 25 June 2004 | by zenit

nguuueeeeng.......*bajaj bisa ngebut ga siy?*

10. | 21:17 on 25 June 2004 | by &o

memang hanya Tuhan yg tahu, kapan bajaj akan belok..
si abang supirnya aja nggak tahu kapan doi pengen belok..

11. | 22:42 on 25 June 2004 | by fahmi

naek bajaj, matiin henfon. abis ringtonenya nggak kedengeran, vibrator juga nggak kerasa, jadi mending dimatiin aja sekalian, rite?

12. | 23:12 on 25 June 2004 | by neenoy

belum digusur aja udah ngangenin ya? :D

13. | 05:14 on 26 June 2004 | by bhima

iya tuh, emang ngangenin ya kalo udah gak ada, katanya mo diganti ama 'kancil' ya...

14. | 05:15 on 26 June 2004 | by bhima

eh....gimana Les Bleus nya....:) satu kosong buat Yunani!, gue menang lima bungkus tuh...(pembalasan dendam Inggris yg kalah kemaren....:P)

15. | 06:39 on 26 June 2004 | by chrysalic

makanya Er, lu belajar dari tokoh besar juga, misalin Jack John. sapa tau bisa bikin penemuan yang ngangenin-ngeselinnya ngelebihin Bajaj.
eh ngeselin itu merk ban kan?

16. | 08:50 on 26 June 2004 | by wulan

inget jaman SD suka pulang sekolah naik bajaj. Disini ga ada bajaj (ya abis?), naik bis aja ga ada seninya (baca: desek2annya). Eh you know what, I never knew the history of Bajaj before..

17. | 15:21 on 26 June 2004 | by fahmi

eh kalo sempat ikutan ngisi kuesioner di blog fahmi yah, thx :)

18. | 23:23 on 26 June 2004 | by atta

bajaj pasti berlalu. ya ampunnnnn........ *ngakak Mode ON*

19. | 01:55 on 28 June 2004 | by echa

kalo orang belanda tulen disuruh baca bajaj ntar mereka bakal bacanya BAYAY....soalnya huruf J disini bacanya Y :D

20. | 05:02 on 28 June 2004 | by ninit

kangen bajaj... hiks

21. | 09:32 on 28 June 2004 | by nita

Yah semoga penggantinya menjalankan tugas dan membantu masyarakat dengan lebih baik :)

22. | 12:58 on 28 June 2004 | by t.w.

bajaj ituuuuu mahal lho ly ternyata !! 35 jt jee !!

23. | 13:36 on 28 June 2004 | by bocah

numpang main yach om..:D:P

24. | 15:21 on 28 June 2004 | by nin

bajaj buatan india .. kancil buatan dalem negeri ... dilema juga ya :P

25. | 09:31 on 29 June 2004 | by erly

to leon!e: Iya, mudah2an bajaj bajuri tetep lucu :p

to enda: ah elo mau aja dibohongin orang india, hihihi...

to meeauw: Ya kalo rumah gue deket sirkuit sepang nanti gue mulai coba nulis tentang F1 yah :p

to snydez: Hahaha... itu abang bajajnya bisa aja, mungkin dia cita2 jadi astronot blm kesampaian :)

to zenit: Weits, jangan salah, di depan rumah saya dia suka ngadain drag race :p

to &o: God bless bajaj.... :p

to fahmi: Makanya kalo ada telpon yang gak diangkat bisa dipakai alasan: Oh maaf, tadi saya naik bajaj, hehehe... :p

to neenoy: Iya, kasian kalo digusur semena2 :)

to bhima: Iya, kancilnya lebih mahal pula :)

to chrysalic: Iya ngeselin itu merek ban itu lho yang dipakai di Ep-wan :p

26. | 09:32 on 29 June 2004 | by GReTaN

yang jelas, hanya supir bajaj n TUHAN yang tahu kapan bajaj akan belok!!:P
btw, tante gw yg dosen teknik itu namanya bondan (something, lupa lagiy!)...kenal??:D

27. | 09:49 on 29 June 2004 | by erly

to wulan: Dari SD udah naik bajaj? Hehehe... seru kan? getarannya itu lhoooo..

to fahmi: Okeh, nanti diliat deh :)

to atta: Awas jangan lama2 ngakaknya nanti kelewatan bajajnya :p

to echa: Kalo dibaca kayak orang mexico gitu jadi "BAHAH" dong?

to ninit: Tenang nit... gak ada bajaj kan ada adit...

to nita: Amin... dan gak ngerugiin drivernya lhoo..

to t.w.: Ohya? Itu udah pake peleg racing?

to bocah: Iya silahkan... naik bajaj ya tadi?

to nin: Bajaj juga udah jadi milik sendiri lho, walaupun asalnya dari sono :)

28. | 09:50 on 29 June 2004 | by erly

to gretan: Emang Tuhan yang Maha tahu :p

29. | 13:06 on 29 June 2004 | by shanty

sapa yang blom pernah naik bajaj???
kacian deh lo...
:D

30. | 15:11 on 29 June 2004 | by siwoer

Bajaj?...konon kabarnya kalo mo belok yang tau cuman Tuhan, sopirnya ama setan :D

31. | 17:18 on 30 June 2004 | by balq

hebatnya bajaj tau ngga er..?
Satu STNK tapi bajaj-nya Lima..!! Polisi aja ketipu mana bajaj asli, mana yg palsu.. hehe..

32. | 18:07 on 11 July 2004 | by mel

klo di india bajajnya lbh dahsyat lagi, krn tuhanpun gak tauk kpn dia mau belok :D. fyi, bajaj di india gak bikin polusi krn pake bahan bakar gas. knapa bajaj di jkt gak diganti aja mesinnya biar gak 2 tak? :(