banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Thinking out of the Box

« Previous post | Next post »


Monday | 10 March 2003
Thinking out of the Box

Thinking out of the Box

Kalau melihat daftar barang-barang yang dipatenkan di kantor paten Indonesia, bisa jadi kita tersenyum geli. Karena penemuan yang tercatat di situ aneh-aneh, baik bentuk maupun kegunaannya. Sesuatu yang jarang sekali terlintas di pikiran kita bahwa ada orang yang ingin membuat dan menggunakan barang itu.

Terlepas dari kontroversi ke-eksklusif-an-nya, konsep paten dan hak cipta ini mendorong orang berusaha untuk selalu menemukan hal baru yang belum ada sebelumnya.

Sisi positifnya, para kreator jadi berpikir gila, keluar jalur. Thinking out of the box. Berusaha maju dengan menggunakan cara pandang yang beda, gak sekedar mengembangkan ide dari jalur berpikir yang ada sebelumnya.

Karya-karya besar para jenius tercipta dari ide gila mereka. Ide yang gak ada di otak orang lain. Ide yang pasti akan ditertawakan orang lain.

Wright Brothers ditertawakan orang dan dianggap gila ketika mereka ingin membuat pesawat terbang yang lebih berat dari udara. Dalam pikiran orang saat itu hanya balon berisi gas ringan saja yang bisa terbang. But they did it.

...,

Batas antara jenius dan gila memang tipis. Keduanya punya pikiran yang gak masuk akal. Saat seseorang berhasil mengeluarkan kegilaan yang ada dalam otaknya maka dia jenius. Bila tidak, dia jadi gila...

March 10, 2003 11:13 AM
Sudah ada 47 comment (kasih comment?)
1. | 00:40 on 10 March 2003 | by okke

belum baca.. nomer 1 dulu pokoknya.

2. | 00:42 on 10 March 2003 | by okke

dah baca!... phew...
terinspired oleh beautiful mind kah? ;)

3. | 00:57 on 10 March 2003 | by detta

gue benci banget istilah ini... saban 'boss' gue 'kumat', selaluu sok tereak2 : you have to think out of the box!
huh! gundulmu amoh! :P

4. | 02:16 on 10 March 2003 | by Ajita

jadi orang jenius itu nggak enak ...

paling enak emang jadi orang yang normal2 aja

*menghibur diri*

5. | 02:51 on 10 March 2003 | by jenius-ber-IQ-80-aja

ketika saya disuruh jawab rumus fisika kwantum turunannya relativitas, saya hanya bisa menjabarkan mengapa rumus relativitas itu harus menjadi postulat demi fisika kwantum yang lain -- sambil saya terkencing-kencing.

ketika bos saya menyuruh saya "out of the box! and think from different angle!", saya hanya bisa mempertebal box yang saya tempati, dan menghiasnya seperti dinding rumah saya -- orang-orang malah berebut masuk ke box saya karena keempat sisinya warna-warni

ketika saya bilang:
"saya yakin, impian saya akan jadi kenyataan ...", orang-orang malah ramai mentertawakan saya sambil nunjuk-nunjuk hidung saya. lalu soeharto akhirnya léngsér, dan kami mabok ketawa.

saya belajar ngeblog di kamar mandi -- dengan laptop yang tidak wireless, karena ada cable-nya -- karena saya tidak bisa mengontrol pantat saya untuk "berhenti bereaksi" setiap saat.

mama bilang, saya jenius.
orang bilang, saya idiot.
IQ saya hanya 80.
but i don't give a damn.

why do you give a damn about being genius or morron? they are humans anyway...

:D

6. | 03:04 on 10 March 2003 | by erly


to okke: Beautiful Mind memang salah satu contoh jenius gila, masih banyak yang lainnya sih :p

to detta: Kayaknya gue cocok nih jadi bosnya detta... Hayo kerja lagi, jangan baca blog melulu, dan jangan ngumpet di dalam kotak kardus kulkas, hehehe....

to ajita: Orang biasa memang nikmat hidupnya :) Hidup orang biasa!

to jenius-ber-IQ-80-aja: Yes, we don't have to give a damn about them :) We have our own damn that we should live. But hey, it's so interseting watching them :)
Anyway, your site's cool man! *ngacungin semua


7. | 03:25 on 10 March 2003 | by NuNiQuE

genious and idiot as well...
not for you.
not for me.
but for him *yang namanya tak boleh disebut*

8. | 04:13 on 10 March 2003 | by alaya

bukannya org jenius itu males2?

9. | 04:24 on 10 March 2003 | by enda

gue bukan saja thinking out of box, tapi kali ini gue akan mempraktekan writing out of box

siap! perhatikan ya semua...











sudah! gimana?

10. | 04:58 on 10 March 2003 | by dYaH

buat yang jenius atopun ga jenius...gw harap semuanya normal...itu aja...

11. | 05:14 on 10 March 2003 | by rhe

sama dengan mencoba berfikir "diatas akal sehat" wejangan dari pak gede prama yang katanya adalah kunci orang sukses.

12. | 08:24 on 10 March 2003 | by hiddenhate

oi !
pinjem sex pistol filenya dong !

13. | 08:51 on 10 March 2003 | by ipan

ah...ngapin ngeributin jenius, normal dan gila?
tapi...saya ini normal kok. bener! sumpah saya ini normal. beneran...masak nggak percaya sih?

14. | 10:29 on 10 March 2003 | by deksay

adoh! berjuta2 kali gue liat nama erly disebut-sebut dimana-mana. Tapi kok ya baru sekarang gua bisa ngeliat site-nya. Heheh, nice thoughts, Ly. Nice to meet u too.

15. | 12:20 on 10 March 2003 | by jenius-ber-IQ-80-aja

*lirak-lirik*






horééé ... saya disebut jenius sama erly ...






*jogéd-jogéd*






[aduh, apa ini ya basah-basah di celana saya?...]

16. | 16:45 on 10 March 2003 | by sLesTa

that term think out of the box udah meng-globalisasi.. dalam arti gak hanya harus dipake buat invention aja.. it goes with everything else.. in business, particularly.. it's the way for people to look at other ways to market their product and to solve a problem.. self-identity *or corporate identity* and product image has to be different, has to be competitive.. jadi gak boleh sama.. that's why.. you have to THINK OUT OF THE BOX...

gituuuuhhh.. bener gak, er?

17. | 16:56 on 10 March 2003 | by finia

pengen genius kayak mr. alberti einstein....:D

18. | 20:16 on 10 March 2003 | by roby

paten yang terdaftar itu ngga selalu bisa diandalkan.
karena sederhananya ngga ada seorang pun yang cek paten2 itu dengan teliti.

19. | 21:45 on 10 March 2003 | by snydez

beda jenius sama orgil, ya itu.. RSJ :P

20. | 23:32 on 10 March 2003 | by neenoy

wadduh... komen apa ya?
maklum deh gue orang biasa, bukan jenius :P

21. | 23:50 on 10 March 2003 | by bLub yang jenius

blom apa² udah 20 komen. Baru juga sehari. Ga adil..sementara tag board gue sepi. Ga adil...sungguh dunia yang licik internet ini. Huh!!!

22. | 00:51 on 11 March 2003 | by erly

to nunique: How about her? :p

to alaya: Memangnya gitu ya Al? Mendingan jenius tapi males atau gak jenius tapi rajin?

to enda: Wow... nothing i can say but you're totally genious nda... Or else? :p

to dyah: Semua normal, all under control :)

to rhe: Kalo ada "di atas" pasti ada "di bawah". Tetapi gak selalu yang di atas lebih baik gak sih?

to hiddenhate: Sabar... sabar... belum puas nih, gue pinjemin "pistols"-nya aja dulu ya? Yang lain nyusul...

to ipan: Selama bang ipan masih ngomongin music and nothing but music pasti normal!

...,

23. | 00:55 on 11 March 2003 | by erly

to deksay: Hihihi... berjuta2 kali juga dengar tentang deksay, akhirnya ketemu juga... :) saya sering lho mampir minum kopi di tempat mbak :)

to jenius-ber-IQ-80-aja: Aduh mas... jenius sih jenius... tapi jangan ngompol sembarangan dong.... hihihi...

to slesta: One day if everyone do thinking out of the box, we'll get back again inside the box :p

to finia: Sumpah deh fin, enakan jadi orang biasa, bisa main "buzz" :p

to roby: Bener, kebanyakan justru mengada2. Nah itu dia sisi jeleknya Hak Cipta. Invention gak lagi murni, tapi lagi2 duit...

to snydez: Berarti orang2 yang suka ketawa2 sendiri di pinggir jalan, selama dia gak masuk SRJ jenius juga dong?

to neenoy: Aduh kok gak komen sih bu? Lain kali kalo komen saya kasih insentif deh...

to blub yang jenius: Dunia memang gak adil, perasaan kemarin blub belum jenius, sekarang sudah jadi "blub yang jenius" :p

24. | 01:51 on 11 March 2003 | by NuNiQuE

who?

25. | 02:07 on 11 March 2003 | by erly

Itu lhoo... si 'ntu.... hehehe... just kidding nie, don't take it seriously :p

26. | 05:15 on 11 March 2003 | by lioni

pengen jadi orang jenius euy.. biar bisa malas malasan... aduh.. pengen nikmatin hidup dengan bermalas malas... eh bang er.. korespondensi yu ama lioni.. pgn curhat euy.. boleh gag?? imel na naon uy??? ntar kita surat2an lewat pos indonesia.. kangen ama pak pos nih... yahh yahh yahhh ..*memohon* ntar aku nyanyiin lagu blackbird dehh.. suer!!

27. | 06:25 on 11 March 2003 | by ciphie

ha..?? @_@

28. | 10:30 on 11 March 2003 | by eRiKa

Barang²nya paan aja seh mas? hehehe

29. | 11:10 on 11 March 2003 | by hanzky

i said to myself every single day kalo mau makan "think outside the bun haaan..."..makan apalagi yaa selaen burger?

30. | 14:32 on 11 March 2003 | by Ano

Number thirty, woohoo!
Let's think out of this world. Do you really belive we're alone in this vast universe?

31. | 14:35 on 11 March 2003 | by Ano

Typo! Believe. What's "belive" anyway? Maybe "be live" as in "go live." Be live from Carson City, Nevada. Hmm...

32. | 22:04 on 11 March 2003 | by erly

to lioni: Kayaknya kalo mau males2an paling enak jadi kucing deh... gue mau tuh jadi kucing... siang malem kerjanya molor dan makan doang...

to ciphie: *_^

to erika: Banyak barangnya ka, ada gunting yang pegangannya aneh, ada penjepit sumpit, ada pulpen bergerigi pegangannya, kantong plastik dengan dua warna, dll.... Aneh2 kayak yang sering dijual di TV Media :p

to hanzky: Makan ketoprak pagi2 enak deh hanz :p

to ano: No, i don't think we're alone... instead some of us have met'em :)

33. | 22:14 on 11 March 2003 | by snydez

[quote]Berarti orang2 yang suka ketawa2 sendiri di pinggir jalan, selama dia gak masuk SRJ jenius juga dong? [/quote]

iya ..

hihih heheh ehhhhahha

34. | 22:54 on 11 March 2003 | by erly

HUAHAHA HAHA AHAHAHAAAA...

*Laugh louder means more genious?*

35. | 00:25 on 12 March 2003 | by ipan

erly: beneran mau jadi kucing? awas ya ntar kalo jadi beneran bakalan saya adu sama kucing saya yang lebih gede badannya...

36. | 00:52 on 12 March 2003 | by rhe

kalo gitu saya ralat jadi "diluar", setuju?

37. | 01:21 on 12 March 2003 | by erly

to ipan: Boleh diadu sama kucingnya ipan gak takut.... gede gak masalah.... Size doesn't matter, yg penting kucing jenius... :p

to rhe: Setuju! Enakan di luar.... eh tapi apakah yang di luar selalu lebih baik darpada di dalam?

38. | 02:30 on 12 March 2003 | by harris

wait ... wait up ... hold on ly ... emmm ... anu ... emmm ... gosh ... ini cara keluar dari kotak-nya liwat mana sih ... *pusing* nyasar nih ogut ...

39. | 02:41 on 12 March 2003 | by ciphie

no 39

40. | 02:41 on 12 March 2003 | by ciphie

yakk... 40..... horraayyy....

41. | 03:05 on 12 March 2003 | by erly

to harris: Buka dulu dong tutup kotaknya... baru keluar...

to ciphie: uhuuuuyyyy... 41! :p

42. | 06:23 on 12 March 2003 | by Lacsar

thinking out of octagon...
soalnya kalo di dalem octagon itu mah Tank Abbot dkk lagi berantem...

42 ah...

43. | 07:22 on 12 March 2003 | by mia

jadi gue gila ato jenius ya? :D
eh ly, tentir blog lagi dong....

44. | 08:38 on 12 March 2003 | by vanya

waktu kelas vanya disuruh bikin iklan lewat foto buat tugas fotografi, ada yg bikin PSA judulnya itu. gambarnya otak yg dikerangkeng.. keren deh

45. | 01:00 on 13 March 2003 | by rani

normal jenius normal jenius normal jenius normal jenus normal jenius
kalo bilang 100 kali tetep normal
kalo bilang 100 juta kali jadi jenius
mau manaa?

;p

46. | 03:00 on 13 March 2003 | by ollie

lebih gila kalo elo liat desain industri, masa ember di disain industriin

47. | 04:20 on 13 March 2003 | by erly

to lacsar: Kalo buat orang amerika harusnya "Thingking out of Pentagon" kali ya?

to mia: Gak banyak orang jenius ngaku gila, tapi banyak orang gila ngaku jenius :p which side are you?

to vanya: Otak apa dulu nih? Jangan2 otak sapi yang suka ada di restoran padang? nyammm....

to rani: Gak usah bilang2 deh... cape... hihihi...

to ollie: Ya, bener banget.... you know better than me :p