banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » A Star

« Previous post | Next post »


Tuesday | 31 August 2004
A Star

Bintang selalu membuat penasaran. Keberadaannya membuat penuh kanvas biru langit malam. Di balik itu, perjalanan hidup bintang ternyata sangat panjang.

Supernova kelahirannya hanya diawali oleh kabut gas yang membentuk massa padat akibat tarikan gravitasinya. Reaksi fusi bersuhu sangat tinggi berproses di inti kabut padat itu, membuat pancaran cahaya sangat terang. Badan bulat itu semakin padat dan hidup dalam milyaran tahun lamanya.

Beribu-ribu tahun kemudian, cahaya dari sang bayi bintang itu pun sampai di bumi. Begitu pula ketika bintang beranjak remaja dan dewasa, kerlipnya tetap indah dan lucu setia menghiasi langit malam.

Saat ia menua dan kemudian harus mengakhiri hidupnya, ia matikan cahayanya dan berubah menjadi sebuah lubang hitam. Suatu massa biang gravitasi yang akan menjerat siapa pun yang mengusiknya.

Cerita tentang bintang selalu indah didengar dari kejauhan. Maka banyak yang ingin pula menjadi bintang, berusaha menampilkan cahaya yang terang benderang tanpa melalui perjalanan panjang sebuah Supernova.

Walaupun terlihat cahayanya pula di langit malam, namu mereka bukan bintang. Hanya planet satelit dan asteroid yang kecil. Mereka tidak pernah akan sama dengan bintang.

August 31, 2004 10:18 AM
Sudah ada 16 comment (kasih comment?)
1. | 10:41 on 31 August 2004 | by atta

bintang kecil di langit yang biru...

kalo cuma mau jadi bintang kecil; perlu berapa lama perjalanan melalui supernovanya?

2. | 13:28 on 31 August 2004 | by achill

Mmh.. memang selalu indah kalo jadi Bintang, tapi ketika Bintang tersebut mulai Redup sampai pada akhirnya padam, adakah yang masih peduli?

3. | 14:11 on 31 August 2004 | by zenit

bintang di langit kerlip engkau disana....
bintang, memberi sinar..meski tak secerah rembulan di malam hari...

4. | 14:11 on 31 August 2004 | by prazz

yup! saking indahnya semua pingin jadi bintang, gak peduli caranya...
tapi emang bintang itu sering jadi panutan yah, bang... :)

5. | 14:50 on 31 August 2004 | by snydez

kalo mati lampu paling tobh dah..

loe bisa ngeliat bintang sepuasnya.. solanya gak ada gangguan cahaya listrik dari buminya sendiri

**gara gara sering mati lampu jadi demen ngeliatin langit :)

6. | 15:05 on 31 August 2004 | by shanty

dugem=dunia gemerlap
bagi papapku, dugem=liat gemerlap bintang di malam hari
;)


*maap ya pap, gak niat ngibulin loh*

7. | 16:04 on 31 August 2004 | by Qky

bintang apa yang bisa nembak ...hehehe ? :D

8. | 16:18 on 31 August 2004 | by roi

om...
saya nggak mau jadi bintang
saya mau jadi sehelai rumput aja di padang yang luas
biar bisa menikmati gemerlap bintang

9. | 16:45 on 31 August 2004 | by fahmi

pengen jadi bintang? ikut afi ato indonesian idol ato kdi, dsb... langsung kondang deh hehehe :D eh tapi btw enakan jadi quark kecil2 lucu bsa ngusilin orang kikikikik :D

10. | 23:37 on 31 August 2004 | by chrysalic

ini pasti curhatan mantan bintang kelas yang jadi bintang radio dan telepisi oyayayaya pasti...

11. | 10:38 on 2 September 2004 | by erly

to atta: Mau jadi bintang kecil atau jadi bintang cilik? hehehe...

to achill: Kalo bintang yang sebenarnya walaupun di redup dan mati tetap menarik perhatian karena dia jadi lubang hitam :)

to zenit: Bulan kan cahayanya bo'ongan, cuma memantulkan cahaya matahari, sang bintang juga :)

to prazz: Sering digosipin kali?

to snydez: Apalagi kalo dari puncak bukit gitu om, keren banget :)

to shanty: Dugem itu kan "dunia gemetar" alias bajaj!

to Qky: Bintang yang jatuh cinta? :p

to roi: Rumput emang lebih banyak taunya, makanya sering ditanya orang: Tanyakan pada rumput yang bergoyang :p

to fahmi: Aduh dasar ini otak iseng deh :p

to chrysalic: Bukan bu, in curhat si gembala sapi liat bintang malem2 :p

12. | 14:20 on 2 September 2004 | by YNa

Byk tau dan liat bintang di langit, spt kendali diri untuk mengingatkan keberadaan sang Pencipta. Keberadaan manusia... :)

13. | 16:43 on 3 September 2004 | by linda

bintang biar kecil tapi cahaya sampe ke bumi... indahnya duduk di taman sambil mandangin bintang² yg bertebaran di langit

14. | 16:16 on 20 September 2004 | by kuncoro

some one said "Temukan bintang di hatimu"..
Naif ya?????

--How will I ever heal... Im so deeply wounded--
--taken from song lyrics "knife"--

15. | 20:24 on 9 June 2005 | by yayuk

**** bintang ===>
indah kupandang dari teras atas jemuran koz ku , memberi ketenangan kala otak ga'karuan.

16. | 23:59 on 5 August 2005 | by tramawilis

minta persyaratan ikut lomba bintang kecil