banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » About a Question Mark Tanda

« Previous post | Next post »


Friday | 27 June 2003
About a Question Mark Tanda

About a Question Mark

Tanda tanya selalu membingungkan. Walaupun ia bisa merubah kalimat menjadi suatu pertanyaan, tetapi tanda tanya gak pernah bertanya, dan gak pernah butuh jawaban.

Tidak ada yang mengerti tanda tanya ketika ia sendirian. Kita baru mengerti dan memberi jawaban bila ia menempel di akhir suatu kalimat. Tetapi jawaban itu bukan untuk tanda tanya. Jawaban adalah milik kalimat yang telah berubah jadi pertanyaan.

Tanda tanya sendiri selalu bingung akan dirinya. Ia perlu kalimat tempat ia mengekor, sehingga ia bisa menjadi berarti.

Tanda tanya perlu satu kalimat yang mencintainya, yang selalu menemaninya, memberi arti dirinya, yang membiarkan dirinya melebur dalam satu intonasi pertanyaan.

June 27, 2003 8:22 AM
Sudah ada 27 comment (kasih comment?)
1. | 06:35 on 27 June 2003 | by ren

? sudah makan
? serasa di spain nggak seh
hahaha...maaf tadi udah godain

2. | 06:42 on 27 June 2003 | by enda

terjemahan -> bingung mo nulis apa di blog -> simbol yg muncul di kepala -> tanda tanya -> ???

ehehehe.. viss.. btw

tiga tanda tanya -> ??? adalah simbol trio detektif.

3. | 06:52 on 27 June 2003 | by nasgorkam

?

4. | 07:43 on 27 June 2003 | by sLesTa

kalo bhs spanish tanda tanya nya aja dua kok, tapi yang satu kebalik

anggep aja gue pake bhs spanyol nih.. ?apa kabar erly?

bisa2 aja kok.. hihi..

5. | 09:53 on 27 June 2003 | by Dian Prasadi

weh, lima besar kalo di sini itungannya lumayan....

eee... tanda tanya... pasti seneng bgt dgn pepatah malu bertanya sesat di jalan.... soalnya dia jd kepake.

6. | 09:55 on 27 June 2003 | by Ninit

duh si tanda tanya kesepian selalu yaaa jadi harus ditemenin ?
pernah kepikiran gimana semua kata berakhiran dengan tanda tanya ?
lucu kali ya ? intonasinya ?

coba ?
lucu ngga ?
lucu dong ?

TGIF ?

7. | 11:28 on 27 June 2003 | by darilangit

hmmm ...






(ini salah satu expresi bertanya-tanya yang ga perlu tanda tanya, ga perlu intonasi, ga perlu memberi arti apapun. ini expresi bertanya-tanya .. yang ajaib)

8. | 11:47 on 27 June 2003 | by mya

Ee kebeneran banget oom er, baru aja kemaren gue bilang ama diri sendiri kl gue terlalu banyak make tanda tanya di akhir kebanyakan kalimat yang gue pake. Hehehe... Jadi biarin aja deh si "?" sendirian :P

9. | 11:54 on 27 June 2003 | by harris

hehehehe.. oom tanda tanya.. nyari kalimat yang bagaimana sih.. ntar ditemenin deh.. :)

10. | 21:37 on 27 June 2003 | by lontar

weh.. "tanda tanya" saya malah dimuat jurnal aksara... padahal sendirian... nggak ada teman... :))

11. | 22:08 on 27 June 2003 | by ponc

hilanglah kekuatan "tanda tanya" jika dibandingkan "tanda seru(dia)", tanda tanya akan tiada arti jika dia berbicara. dimana tanda tanya berada akan pergi dan hilang jika dia datang

12. | 22:21 on 27 June 2003 | by neenoy

bukan cuma tanda tanya yang butuh teman
bukan cuma tanda tanya yang butuh diberi arti :)

13. | 23:36 on 27 June 2003 | by rhin

kalo pertanyaan ga pake tanda tanya bisa jadi dibaca sebagai pernyataan dong atau dong?
hehehe

14. | 08:31 on 28 June 2003 | by bayu

Wah,.. rancak bana bahasonyo,...

15. | 10:55 on 28 June 2003 | by erly

to ren: Iya saya sudah makan, sudah kenyang, tapi masih bingung dengan tanda tanya saya.. ?p Apalagi diajak ber-spain ria... :)

to enda: Eh jadi ingat lagi trio detektif dengan tiga tanda tanya itu... :) Memang kalo baca Hitchcock jadi bikin banyak tanda tanya, mungkin gak cukup tiga tanda tanya:)

to nasgorkam: Bisa aja sih ditinggalin sendirian, tapi dia jadi bingung terus, ngapain juga dia sendirian di situ? eh nongol deh tu dia...

to slesta: ?ya apa kabar juga slesta? Mungkin nanti kita bikin aja bahasa yang di tiap katanya ada tanda tanya. Atau tanda tanya menggantikan fungsi titik, jadi ditaruh di tiap akhir kalimat?

to dian prasadi: Kalo bertanya di pinggir jalan kan langsung ngomong tuh mbak, jadi tanda tanyanya gak kelihatan dong.... kecuali kalo nanyanya pakai tulisan tangan gitu, hehehe...

to ninit: nah itu dia yang tadi juga saya pikirin... gimana kalo di tiap akhir kalimat ditaruh tanda tanya? Mungkin kita bacanya agak2 sedikit bingung? Atau malah tambah mengerti? Saya juga tidak tahu?

to dari langit: eureka! ternyata ada yah pertanyaan yang gak butuh tanda tanya.... hehehe...

...,

16. | 10:56 on 28 June 2003 | by erly

to mya: Gak cuma mya kok, saya juga sering menggunakan tanda tanya dalam kalimat, soalnya banyak yang saya gak ngerti, jadinya mau nanyaaa melulu kayak tamu... :p

to harris: Ayo kita nyari kalimat sama-sama... eh gak deh, saya gak mau jadi tanda tanya, saya jadi kalimat aja... :p

to lontar: Wah hebattt.... :) makanya ajak-ajak dong kalo dimuat lagi biar ada temannya mas... :)

to ponc: Setelah baca komentar ponc saya lihat tanda tanya yang banyak bermunculan... :p

to neenoy: Kalo gitu selain tanda tanya siapa lagi dong yang butuh temen noy? Siapa lagi yang butuh diberi arti? Tolong kasih tau biar tanda tanya ada temannya juga mencari arti... :)

to rhin: Sepertinya benar juga tuh dong?

to bayu: Ah uda... labih rancak kalo kito makan rendang basamo atau sate pariaman yang rancak rasanyo... huehuehuee...

17. | 18:13 on 28 June 2003 | by ita

tanda tanya muncul di kepala erly ketika semua orang nyebut nama Prof. Dumbledore (?) :P masa sih ga kenal, erl? bukannya dulu elo di Slytherine? masa lupa sama kepsek lo sendiri? ckckck...

(berhubungan sama postingan yg lalu. kalo sama postingan yg ini berhubungan ga ya? dihubung2in aja deh *cengengesan*)

18. | 22:57 on 28 June 2003 | by erika

???????????????????????? :D

19. | 22:59 on 28 June 2003 | by IBA

suka ngeblog to?!? sudahkah anda ikut IBA?? hayukkk pada ikutan IBA :D

20. | 00:07 on 29 June 2003 | by lioni

?
ah dia bisa berdiri sendiri koq.. lioni sering ngeluarin tanda tanya doank klo ceting.. kekekeke
oiya..btw nasib titik dan tanda baca yg laen gimana erl... kan lebih kasian mereka ga diperhatiin ama kamuuuuu... :))

21. | 01:20 on 29 June 2003 | by deksay

E.B ?

bingung kan....

22. | 05:16 on 29 June 2003 | by reena

Kamu cinta padaku ?? Bener gini kan ??

23. | 11:51 on 29 June 2003 | by erly

to ita: Aduh mbak ita itu istilah apalagi? Slytherine.... mmm... kayak nama senyawa kimia.... ah tapi bukan juga... tuh kan malah tambah banyak tanda tanya di kepala saya...

to erika dan IBA: !!!!!!!!!! hihihi.... :D

to lioni: Tanda baca yang lain udah ada yang perhatiin selain gue, jadi mereka nyantai-nyantai aja tuh kayak si koma atau si titik...

to deksay: hhmmmmm.... ??

to reena: Aku cinta padamu?? Saya juga bingung??

hehehe... peace.... :p

24. | 19:38 on 29 June 2003 | by mpeb

hah? erly slytherine? pantes .. *manggut"* .. untung gue gryffindor .. =D

huaaaaaaaaaaaah .. long time g bkunjung kesini .. ^^

setiap hari adalah tanda tanya buat gue. but guess that's the nice thing of my life .. ^^

25. | 21:21 on 29 June 2003 | by Lala

yeah.. saya sedang bertanya-tanya juga bang erly.. and it make me sick.. *manyun* hiks help me will ya?

26. | 00:26 on 30 June 2003 | by erly

to mpeb: Hari ini tanda tanyanya ada berapa peb? Banyak gak? :p

to lala: Tapi kadang dengan bertanya-tanya it keeps us alive :)

27. | 02:40 on 5 July 2003 | by morningdew

What a beautiful post, EB.