banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Alat Hitung Canggih

« Previous post | Next post »


Thursday | 11 March 2004
Alat Hitung Canggih

slideruler1.jpg
Susah sekali mencari mistar hitung sekarang, mungkin seharusnya dicari di toko loak. Benda ini sangat menarik, walau sekarang kalah pamor dengan sipoa. Operasi hitung tambah-kali-kurang-bagi dapat dilakukan dengan menggeser-geser kedua bilah yang terdapat pada mistar tersebut.

Anak-anak SD tahun 80-an sempat heboh dengan keajaiban penggaris ini. Karena dengan alat ini pasti ujian matematika jadi lebih mudah, tanpa ketahuan nyontek oleh guru.

...,

Suatu pagi sebelum masuk kelas, si Iwan dikerubuti teman-temannya karena dia sudah punya mistar hitung. Iwan saat itu merasa seperti selebritis di antara teman-temannya. Iwan bahkan dijajanin sama Dodi yang mau pinjam mistar hitung.

Tapi ternyata besoknya si Fadli punya penggaris baru yang bikin teman-temannya lebih histeris. Penggaris Fadli ada kalkulator kecilnya. Mistar hitung Iwan jadi basi, Fadli dilirik cewek-cewek sekelas.

Keesokan paginya lagi waktu Fadli duduk berduaan Nani yang minta diajari cara pakai mistar kalkulator. Tetapi tiba-tiba anak-anak lain berlarian keluar kelas merubungi Yoki. Ternyata Yoki punya arloji yang ada kalkulatornya. Akhirnya Iwan menjual mistar hitungnya ke tukang loak.

Ah namanya juga anak-anak...

March 11, 2004 10:11 AM
Sudah ada 39 comment (kasih comment?)
1. | 11:44 on 11 March 2004 | by nita

Sorry ya ly, bukan maksud gue untuk ga komen, tapi jarang2 nih saya komen nomer satu disini... ambil tempat dulu aahhh *dejavu ngga ya.. * :P

2. | 11:46 on 11 March 2004 | by nita

Ly, loe pasti jadi si 'Nani' itu ya.. berduaan sama Fadli.. hihihi...

Eh, mistar hitung yang kayak apa sih?

3. | 12:20 on 11 March 2004 | by balq

Iwan, Dodi, Fadli dan Yoki pasti punya jiwa pedagang setelah besar..

Tapi si Nani tetep nyari gebetan terus.. :D

4. | 12:27 on 11 March 2004 | by enda

Anak2x SD mana neeehh? Pada ikutan friendster ga? Biar gue add

he he heh

5. | 13:16 on 11 March 2004 | by Ranukama

Halo erly.. thanks for leaving comment on my blog. Aku link ya? Boleh kann?

6. | 14:17 on 11 March 2004 | by erly

to nita: Gak kok nit, gue bukan nani, tapi indri, gebetannya yoki yang punya jam kalkulator, hihihi...


to balq: Wah saya ndak tau ternyata kamu punya bakat jadi peramal :p Pasti nani mau deh berduaan sama balq minta diramal, hehehe...


to enda: Boleh aja di-add, tapi elo punya barang apa yang canggih? :p


to ranukama: Boleh aja ngelink... makasih ya... maaf, saya link-nya numpang dari enda&nita :)

7. | 14:23 on 11 March 2004 | by okke

mistar itung ki sing koyo opo toh? yang gue punya dulu mistar hologram, gambarnya voltus... *deuuuu, yang thesisnya udah beres jadi rajin posting*

8. | 14:39 on 11 March 2004 | by leon!E

mistar itung yang kayak mana Ly?
*yang ngerasa anak SD 80an*
btw, mau keluar lagi tuh buku SDD yang baru. yang waktu itu udah punya?

9. | 16:36 on 11 March 2004 | by adhitya

dari ceritanya, ketauan banget kalo erly sering ditolakin cewek di masa sekolah. (loh?) pis! :P

10. | 16:39 on 11 March 2004 | by alaya

eh, udah lama ga ketemu sama erly :)
kok skrg ga item lagi seh?? padahal kan tulisan2 ini misterius kesannya kalo blognya item :)

11. | 17:36 on 11 March 2004 | by lacsar

ahhh...
nggegirisi as always!
:)

12. | 19:18 on 11 March 2004 | by dion

dewasa sekali anda ini hihi :)

btw ly, lu kasih unjuk gambar mistarnya dong, asli gw ga ngerti yg mana.

13. | 21:13 on 11 March 2004 | by bLub sing manis theaa

huhu.. dah lama ga komen disinih.
Ah... tu anak SD kalah canggih sama guwe.
SD mana sih? senee... biar gue satronin.
Asal tau aja ya.. gue pasang kalkulator diujung kuku telunjuk tangan kanan gw, jadi kalo mo ngitung2 tinggal pasang˛ gaya tahiyat akhir trus di puter˛ kukunya..
*cling*
ketemuuu dehh jawabannyaaaaaaa

14. | 22:24 on 11 March 2004 | by beranda

dari baca komen temen2 saya malah jadi bingung, erli ini si nani apa si fadli? erli ini ce apa co sih?
ttg mistar hitung *kayak apa sih bentuknya*. aku taunya penggaris bujur sangkar, penggaris segitiga dan penggaris lurus setinggi tubuh anak SD yang kadang suka buat nakut2in bapak/bu guru klo kita nakal karena kita terlamabt masuk kelas pada jam istirahat kedua karena asik nonton si Unyil di tv tetangga sekolah.

15. | 22:48 on 11 March 2004 | by neenoy

erly pasti yang iwan. soalnya setahu gue erly dari kecil udah suka jual-jual barang. (sok tahu banget gak sih.. hehe)

16. | 08:53 on 12 March 2004 | by erly

Hihihi... buat temen-temen yang lupa sama mistar hitung nya si iwan, ini kira-kira bentuknya kayak gini, bisa di search di google image dengan keyword "slideruler".


Jadi kalo kita mau ngerjain hitung2an, bisa dilakukan dengan menggeser bilah-bilah penggaris itu yang ada bilangannya :)


Hayo ada yang pernah nemu gak? :p


(image taken from www.workdraw.com)

17. | 09:20 on 12 March 2004 | by gre

kalo dora emon ikut persaingan pasti dia bakal jadi rebutan. sebab didalam kantongnya (saya percaya) banyak terdapat alat yang begitu canggih. :)

18. | 11:01 on 12 March 2004 | by angga nih

waa.. canggih! eh btw.. baru nih :) and lo kmana ajaaa?? huehue..

19. | 11:55 on 12 March 2004 | by GReTaN

waahhh...memang teknologi cepat berubah!!n semakin lama semakin menarik...jadi yg lama segera terlupakan deh!!!

20. | 13:52 on 12 March 2004 | by diKi

wah mistar hitung, dulu sering pinjem punya uwa kalau lagi liburan ke bdg... tapi ga bole dibawa, keren segede sisir kecil ada bungkus kulitnya, digeser2 bisa perkalian dll. uh uh nostalgia sd ^_^ , btw. setelah si iwan ke tukang loak... dia bawa handphone yg ada kalkulatornya ke sekolah **happy ending?**

21. | 14:39 on 12 March 2004 | by matz

saya dulu sempet pake, tapi susah make nya yah bang ..

22. | 15:05 on 12 March 2004 | by gre

(harusnya di posting kemaren)

'terusterangtegangterus' - termasuk poliandri bukan?.

23. | 17:53 on 12 March 2004 | by siwoer

Emaknya si nani akhirnya dateng ke sekolah trus ngambil si erly buat dijual di pasar rumput manggarai :P
.......met wik en Ly :P

24. | 17:55 on 12 March 2004 | by atta

kalo aku tetep pilih iwan; meski gak ngeh mistar hitung kaya' apa?

25. | 18:47 on 12 March 2004 | by roi

kalo nggak salah, bokap gw pernah punya, tapi yang nunjukin tabel sinus cosinus tanget...

26. | 19:43 on 12 March 2004 | by sansan

erliiiiiiiii.............*numpang teriak:p*

27. | 19:45 on 12 March 2004 | by sansan

erliiiiiiiii.............*numpang teriak:p*

28. | 21:31 on 12 March 2004 | by snydez

kalo gue mah dulu punya penggaris, yang kalo dilihat dari samping, gambarnya berubah :P..

29. | 01:26 on 13 March 2004 | by ninit

hehehe waktu sd sayah ga punya da penggaris spt yg bang erly ceritain... punya nya yang bisa ganti gambar2 gitu deh...

30. | 01:34 on 13 March 2004 | by ochan

Ada kaos kaki yang ada kalkulatornya gak yah? Kan tinggal pura2 garuk2 gitu kalo mau nyontek... :D

31. | 06:03 on 13 March 2004 | by aR!o

perkembangan teknologi yah..?

32. | 08:16 on 13 March 2004 | by echa

wah beliin dongg!! kebetulan saya anak akuntan! biar nggak males lagi dongg!

hueheuheuheue :D

33. | 17:47 on 13 March 2004 | by ita

duh kok sayah gak tau yah ada penggarisan yg seperti itu....? :-?

34. | 20:38 on 13 March 2004 | by bLub

masih ada aja gitu yah yg nanya erly cewek apa cowok.
ckckck.. dari namanya aja padahal dah ktebak banget
*geleng˛ kepala*

35. | 05:51 on 14 March 2004 | by finia

jadi pengen punya alat hitung yg canggih kayak gituu...*sambil manggut2*

36. | 08:44 on 15 March 2004 | by hiddehate

waaaaa
anak anak jaman dahulu kala udah biasa ngeloakin barang yah ?
heuehuehueheuhe ..

37. | 10:12 on 15 March 2004 | by ganda

hahaha abis jam kalkulator apa yg lebih canggih lagi yah? btw itu ke tukang loak mana, jgn2 ketauan ama nyokapnya lagih yg serng ngeloak huehehehe

38. | 10:21 on 15 March 2004 | by erly

to gre: Tapi kalo doraemaon pasti ngeluarinnya kalkulator yang super canggih, gak main lagi penggaris yang kayak gini :p


to angga: Hai angga.. selamat ya.. :) Gue mau dong ikutan nyusul ke sono :)


to gretan: Gak dilupain juga kok, tetap aja masih ada yang simpan, tuh coba aja tanya sama uwanya diki nih... :p


to diki: Uwanya masih punya mistar hitung? Wah kereeenn.. pinjem doongg.. atau kasih tau di mana belinya :)


to matz: Iya agak repot sih, tapi seru matz.. :)


to siwoer: Gue di jual di pasar rumput? hihihi... laku berapa yah?


to atta: Iwan emang ganteng, cita-citanya mau jadi fotografer, hihihi...


to roi: Oh yang nunjukin tabel itu beda lagi roi... yang ini cuma buat hitung2an doang :)


to sansan: Oooiiii... sansan! san san san... *teriak pake echo*


to snydez: Iya, itu juga ngetrend jaman dulu :p Punya gue gambar motor gede, tapi kalo dimiringin keluar gambar pesawat tempur :p


to ninit: Iya nit, sama nih sama punya gue dan snydez :)


to ochan: Hehehe...ochan kok mikirnya kaos kaki sih? Ntar kalo mau ngitung musti tutup hidung dong... :p


to ar!o: Iya, teknologi kecil2an... :)


to echa: Waduh echa kamu kalo pake ini mah ketinggalan ngitungnya, yang lain udah 2 halaman kamu masih geser2 penggaris :p


to ita: Makanya jangan main di kebon kacang melulu... hihihi... *peace... peace*


to blub: Kenapa ya gue kalo inget blub inget odol?


to finia: *ikutan manggut2* :p


to hiddenhate: Iya, soalnya anak jaman dulu juga pengen punya duit beli kaset metal! \m/

39. | 10:23 on 15 March 2004 | by erly

to ganda: Biasanya iwan bilang ke nyokap barangnya hilang, padahal diloakin... ah dasar ini anak jiwa pedagang banget... :p