banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Asli Jakarte Kemarin gue jalan

« Previous post | Next post »


Thursday | 31 October 2002
Asli Jakarte Kemarin gue jalan

Asli Jakarte

Kemarin gue jalan ke bantaran Kali Ciliwung di daerah Tanjung Barat. Ketemu dengan penduduk asli betawi yang udah lama tinggal di sana. Ada yang namanya Pak Ahmad dan adiknya Pak Acan. Kalau ditanya sudah berapa lama tinggal di situ, mereka jawab sudah dari jaman engkong-engkong mereka.

Gaya bicara logat betawinya masih lumayan kental. Kadang-kadang gue jadi gak ngerti maksud omongannya apa. Mereka ramah-ramah, walaupun omongan kita gak nyambung, tetap aja mereka nyerocos cerita segala macam.

"Noh, nyang 'no noh, kuburannya emak saya. Kalo nyang di belah sonoannya dikit itu kuburan bapaknya emak saya..."

"Kalo banjir di sini sampai setinggi apa pak?"

"Wa kalo kayak nyang banjir gede kemaren, itu bisa setinggi bates pu'un pisang nyang 'no. Malah rume nyang belah 'ntu kelelep ampe setinggi jendelanye..."

Obrolan terus berlanjut ke topik-topik lain. Misalnya tentang orang-orang betawi asli yang banyak pindah dari tempat asalnya, jual tanah buat modal. Terutama di daerah kemang, yang sekarang justru banyakan bulenya daripada betawi. Terus juga kesulitan mereka mengikuti arus perkembangan jaman, di mana jaman sekarang semua orang musti sekolah tinggi, buat dapat kerja yang layak.

Yang jadi beban bagi mereka ketika harus menyekolahkan anak-anak mereka. Anak Pak Acan yang paling besar terpaksa harus berhenti sekolah setelah smp dan kerja jadi buruh cuci. Anaknya yang lain sempat di suruh pulang gurunya karena nunggak bayaran sekolah.

...,

Lagi-lagi ketemu ironi kota Jakarta. Mereka gak jauh dari kita. Mungkin tiap hari kita berpapasan dengan mereka. Tapi keberadaan orang betawi makin terlupakan oleh kotanya sendiri. Wajar bila mereka jadi ngotot mencalonkan putra daerah untuk memimpin kota mereka...

October 31, 2002 6:14 PM
Sudah ada 1 comment (kasih comment?)
1. | 17:06 on 3 May 2006 | by JERAH NOVELTI

saya jerah novelti lahir tanggal 27 november 1987.yang ingin sya tanyakan bagaimana kehidupan saya dan pekerjaan dan keungan dan jodoh.terim ksih sebelumnya