banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Bajaj Orang bilang ada dua

« Previous post | Next post »


Sunday | 29 September 2002
Bajaj Orang bilang ada dua

Bajaj

Orang bilang ada dua hal yang selalu jadi misteri di dunia ini, yaitu jodoh dan kematian. Gak banyak orang yang bisa meramal kedua hal tersebut, dan menyerahkannya pada waktu untuk mendapat jawabannya.

Tapi buat gue yang tinggal di Jakarta ini rasanya ada satu misteri lagi yang juga gak gampang ditebak: bajaj belok! Susah banget meramal kapan sebuah bajaj akan berbelok. Bisa saja tiba-tiba di depan kita dengan santai bajaj belok dan berubah haluan 180 derajat. Bahkan mungkin supirnya sendiri gak tau kapan dia musti belok sampai tiba waktunya.

Kayak kejadian pagi ini, waktu lagi naik angkot dekat rumah. Di depan ada bajaj yang sedang jalan, tiba-tiba dalam 2 detik dia putar haluan dan langsung berhadapan dengan angkot. Kontan saja supir angkot jadi ngedumel karena kaget. Bajaj gak pernah menyalakan lampu "sign" tanda belok sebelum mereka melakukan hal itu. In fact, kayaknya gak ada satu pun bajaj yang lampu tanda beloknya masih berfungsi.

Tapi itulah uniknya. Kendaraan umum yang satu ini gak ada matinya. Katanya dulu diimpor dari India sekitar tahun 60/70-an. Tapi sampai sekarang masih terus bertahan. Walaupun onderdil resminya sudah gak beredar lagi, tetapi banyak sekali bengkel-bengkel khusus bajaj yang kreatif memodifikasi onderdil maupun asesoris bajaj.

Selain itu kendaraan ini sangat disukai perempuan. Gak tau kenapa, secara statistik kayaknya lebih banyak perempuan yang naik bajaj dibanding pria. Entah karena kharisma abang tukang bajajnya atau karena vibrasi mesin bajaj dan suaranya yang khas. Yang pasti, naik bajaj jelas lebih aman daripada naik ojek, terutama bila membawa barang-barang belanjaan misalnya.

Di dekat rumah gue ada pangkalan bajaj, tiap pagi dan malam selalu ramai suara bajaj yang lewat atau ganti shift buat narik. Makanya gue bangun pagi bukan ditemani suara kokok ayam "kukuruyuuukk", melainkan suara knalpot bajaj yang cempreng. Banyak yang sebal karena kelakuan bajaj, bahkan pemda DKI berniat menghapusnya secara bertahap. Tetapi kalau bajaj dihapus, tentu juga akan banyak yang merasa kehilangan. Belum lagi nasib tukang-tukang bajaj yang nantinya akan nganggur...

September 29, 2002 11:26 AM
Sudah ada 26 comment (kasih comment?)
1. | 04:10 on 29 September 2002 | by lioniw

hehehehe.. lioni suka naek bajaj dari cipete ke pondok indah mol..kekekeke.. 4 ribu perakk.. senanng.. tau gambir - ikj 2 rebu perak.. lioni ditipu ga sih klo segitu bayar bajajnya??

2. | 05:46 on 29 September 2002 | by sisca

hiks... pas di jakarta ga sempet naek bajaj nih... tapi kayanya lebih serem daripada naek metromini yah?.... pokoknya smua angkot di jkt buat gw smua2nyaaaaaa nyeremin deh!!!

3. | 08:33 on 29 September 2002 | by bryan

wakakakaa.. Erly! VIBRATE?!? jadi itu alesan knp > ce yg nge-bj dibanding co yaa.. hahahh baru tahu gw ^.~

(Sisca) pengen nge-bj jg? ayuk ayuk, getarannya lebih sip koq drpd metromini. :D

(Lioni) ga ditipu koq.

Lho, hey.. kenapa gw yg jawab ya? (gatel, sih!@_@)

4. | 08:53 on 29 September 2002 | by finia

kangen bajaj guee....hua....huaa...

5. | 15:49 on 29 September 2002 | by velas

huihihihi....bajaj emang top deh...goncangannya emang maut bow! belon senggolan srempet kiri kanannya. dulu pas gue masih sekolah en suka naek bajaj, gila kalo lagi si tukang bajaj lagi ngebut, bikin shock jantung loh. gue yg bisa kelempar sana sini gitu, keluar2 bisa bikin mo muntah gitu gara2 mental2. tapi dibanding metro mini, yg suka bau pengep en sesek plus gak tau lagi deh berbagai macam baru dari bau BB, to bau ketek or bau kentut duh ah...dan kalo mo keluar aja setengah mati gitu mesti tereak2, or bertahan supaya gak sesek2an gila, gue prefer naek bajaj sih. at least dah kayak princess...naeknya sendiri gak usah sesek2 an dan ada angin pasti dari dua arah plong gitu hehehe..
kesian juga yah kalo bajaj sampe dihilangkan sama ama juga dulu waktu jaman becak. tapi kalo emang menganggu lalulintas. wah susah juga ya. mungkin dibikin lagi aja daerah yg bebas bajaj gitu? kan bajaj kendaran umum murah meriah nih...daripada mesti naek taksi. apalagi gak semua org di indo punya mobil or motor loh..kesian.

6. | 00:06 on 30 September 2002 | by nita

Erly, tulisan loe kali ini asli ga nyambung, dari urusan jodoh sama kematian, eh tau2 Bajaj. Hakhakhak. Tapi lucu tulisan loe. asli. nyantei. :)

7. | 00:55 on 30 September 2002 | by ipan

pokoknya kapan bajaj itu mau belok, hanya Tuhan dan supir bajaj-nya yang tau. Dan juga kalo mau bikin milk-shake mungkin bisa dibikin langsung di bajaj, udah ngocok sendiri :)

8. | 01:51 on 30 September 2002 | by nie

RoOooOOnDddddaAAaaAaa

9. | 03:21 on 30 September 2002 | by vanda

motor dewa....
di semarang ga ada bajaj sih, huhuhu

10. | 03:38 on 30 September 2002 | by NuNiQuE

ih ipan, kocok2an mainannya... ;p
ini juga erly, apaan si vibra2an... hahaha...

yg jelas gw suka naek bajaj dari kantor ke sarinah karena emang itu satu2nya transportasi yg available untuk ke sana. abis, kalo naek taksi pada ga mao sih, kedeketan. :)

11. | 11:00 on 30 September 2002 | by isni dong..

naek bajaj kan ngingetin waktu kecil dulu. soalnya rodanya tiga...

12. | 11:01 on 30 September 2002 | by hanzky

bajaj ruless!!..dulu gue waktu smp kalo naek bajaj yang suka nyorat nyoret gitu pake spidol..haha, sumpah deh norak banget!

13. | 12:05 on 30 September 2002 | by gembel

hate 'em
all of my gutz :((

14. | 22:58 on 30 September 2002 | by mia

bajaj itu kendaraan dewa-dewi krn cuma tuhan yg tau dia mau kemana :)

15. | 00:44 on 1 October 2002 | by sisca

kalo disuruh milih lagi diantara kendaraan roda tiga mana, gw pilih becakkkkk.... enak, pelen2, kena angin berhembus, ga bau, ga berisik, bisa nyilangin kaki.... tapi di jakarta ga ada yaaaaa... hihihihih, kesian deh!

16. | 02:29 on 1 October 2002 | by eko

inget bajaj inget kecelakaan ortu gue :(
gara2 belok tiba2 trus disruduk metromini.
nyokap lecet2, bokap tlg iganya patah.
pesen gue ati2 aja kl naik bajaj..

17. | 04:50 on 1 October 2002 | by funky afro

bajaj gampang kebalik..soalnya rodanya cuman tiga..jadi gak seimbang..hehaehaehaeh anak kecil jg tau kyknya..hehaehae..

18. | 08:52 on 1 October 2002 | by cassie

bajaj kalo mau belok ketauan kok ey !
tapi musti kita yang naek tu bajaj..
pasti keliatan supir bajajnya badannya dah menyon-menyon.. :D

19. | 23:48 on 1 October 2002 | by nits

hi erly... duh... loe tuh ya... openingnya antara jodoh dan kematian ternyata ngebahas bajaj... *laugh*

20. | 23:57 on 1 October 2002 | by aan

aduh, dulu jaman sd sering naik bajaj ke tip top ama kakak. hehehe. sekarang paling kalo liburan ke rumah tante. bajaj emang sungguh penuh kenangan, de. semalem nonton video klip bus blus, itu lho yg pulangnya naik bajaj. hahah, lucu. 90-an banget (masa2 jayanya bajaj soalnya becak dah gak ada). wah, penuh kenangan abis. bahagia sejati.

kalo bajaj diilangin, gak sik ah. sama aja menghilangkan kenangan. plus, kan udah jadi trademark jakarta. temen gue ada yg jauh2 dari desa ke jakarta cuman buat ngerasain naik bajaj. coba kalo pemda dki kreatip, bikin slogan "belum ke jakarta kalo belum naik bajaj". kan pariwisata banget tuh.... :)

21. | 02:37 on 2 October 2002 | by ciphie

wahhh... bajaj.. top bgt deh...... hidupp bajaj!!! itu kendaraan yg nganter gue kemana2 sekitar pasar baru menteng(kantornya nunik =p) dll.... naek bajaj jalanan maced bisa dibikin gak macet... nyelip sana nyelip sini.... wahhh enak kali yah jd bandar bajaj.. hehehehehe

22. | 00:24 on 3 October 2002 | by erly

to lioniw: gambir-ikj 2 ribu lumayan lah...

to sisca: memang tuh, angkot2 pada gak sopan...

to bryan: ce yg nge-bj--> bj ini maksudnya tolong diperjelas, gue suka salah pengertian kalo ngomong sama elo :p

to finia: cari foto bajaj aja nanti dipajang di kamar elo...

to velas: lebih seru daripada naik F1 nya schummy kali ya?

to nita: eh nyambunglagi, bajaj itu sama2 gak bisa diramal kapan beloknya...

to ipan: tepatnya cuma Tuhan! sopirnya juga gak tau kapan saat yg tepat... :p

to nie: wah ada hansip lewat...

to vanda: cobain deh naik bajaj, pasti ketagihan...

to nunique: tau tuh si ipan masih seneng main kocok2an... (ngocok dadu masksudnya...) :p

to isni: isni waktu kecil punya bajaj?

to hanzky: ya ampun... kalah deh anak stm, main coret2 vandalisme... :)

to mia: berarti yg naik bajaj itu dewa?

to eko: so sorry to hear that accident...

to funky afro: eh struktur segitiga itu dalam teori keseimbangan justru yg paling mantap...

to cassie: menyon-menyon? itu bahasa belanda ya?

to nits: Soalnya bajaj bikin penasaran kayak jodoh dan kematian...

to aan: kenangan masa kecil yg indah... tinggal dimana an?

to ciphie: rumahnya ciphie pasti gak ada bajaj, soalnya udah di luar jakarta, hehehe...

23. | 03:41 on 3 October 2002 | by [Bembie]

Asal tau aja nih, dari bentuknya saja, Bajaj memang banyak penyempurnaan, entah disengaja atau tidak, ide orang desainer Jetski berawal dari melihat Bajaj, coba aja lihat, kalo kap dan pintu2nya dicopot, persis jetski kan ?
oo iya, info tambahan, jika ingin memiliki Bajaj, saat ini dipasaran harga Bajaj rata-rata Rp 12jt -Rp13 jt per-unit, untuk renovasi chasis dan body + asesories memakan biaya 2,7 jt rupiah. So kalo kita punya 15 jt, dapet 1 unit Bajaj bertampang oke dan kemampuan mesin yang cukup prima. Saat ini ada pula Bajaj model baru, yang memang mesinnya lebih bagus, *jadi inget seperti bajaj di Delhi, suaranya halus dan tidak berpolusi suara ataupun udara, layaknya mesin suzuki carry, halus, 'njrit !*, Nah yang beginian ini harganya lumayan melejit, rata-rata dilempar seharaga 27jt tanpa ijin, atau amannya sih sekitar 30-35 jt untuk kondisi on the road (OTR). So, tunggu apa lagi ?.... hoooyy Bajay !!!!! Pak, ke blok M plasa samping mekdi, 3000 ya ?!!!

24. | 04:50 on 4 October 2002 | by NuNiQuE

ihhh si bembie! dacal abang bajajjjjjjjjjjjj!! nyaasar ke sini juga! ngakunya gak doyan baca blog, tapi buktinya kok bisa nyasar ke sini juga ;p

25. | 16:34 on 11 August 2004 | by boim

di satu sisi gua sebel bener tuh ngeliat si-Setrika-an merah,soalnya kayak yang udah dibahas diatas tuh kalo tuh gosokan emang nggk ada sopannya kalo di jalan..dan gua pernah ngalamin sendiri gara-gara dia gua udah nabrak bamper belakangnya yang isinya besi semua udah gitu gua ketimpah motor gw sampe gw enggak bisa bangun.tapi disisi lain gw sbg org asli betawi kayaknya sayang juga sih kalo bajaj di hapus,kalo bisa sih jgn dihapus tolong yang ada aja dibagusin kayak suara knalpotnya tuh jangan kayak suara bebek disawah lagi pade baris trus ama jgn lupa yah lampu sein nya di pasang dooong....

26. | 06:55 on 9 December 2004 | by christ

yg pasti bajaj tuh berisik bunyinya and asepnya g ketulungan d nambah polusi udara tp emang lbh enak drpd naik metromini yg desak2an & byk org isengnya:D