banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Burn, Burn, Burn! This story

« Previous post | Next post »


Tuesday | 13 May 2003
Burn, Burn, Burn! This story

Burn, Burn, Burn!

This story happened 5 years ago...

12 May 1998, 6 pm

Aswin called:
"Ly, gue masih di kampus, Grogol. Di sini lagi chaos, di akhir demo kita ditembakin sama anjing-anjing aparat itu. Anak-anak di sini kocar-kacir... Gue sempat lihat sniper nembakin ke dalam pagar kampus gue... 4 orang kena tembak..."

Di latar belakang kedengaran suara tangis para mahasiswa demonstran...

...,

13 May 1998, 11 am

Gue berada di daerah perkantoran Sudirman bareng Aji, janji ketemu dengan sponsor acara keesokan harinya yang sudah direncanakan dari jauh hari.

Jakarta siang itu lengang...

"Ji, apa kita masih mau terusin acara besok kalau kondisi kayak gini?"

"Sudah terlanjur kontrak dengan sponsor dan tuan rumah, mudah-mudahan besok aman..."

Sore itu dalam perjalan pulang kita ketemu iring-iringan panjang mobil yang mengantar jenazah 4 mahasiswa Trisakti ke makamnya...

...,

14 May 1998, 10 am

Acara seminar yang kita bikin tetap dilaksanakan, di Pelindo, Tanjung Priok. Di tengah acara gue duduk minggir, pasang earphone dengar radio...

stasiun radio 1:
"Beberapa kumpulan massa terlihat terkonsentrasi di sekitar jalan Salemba Raya, Matraman. Juga ada konsentrasi lain di sekitar Jatinegara..."

stasiun radio 2:
"Massa mulai berkumpul dan bergerak menuju arah Kota, Glodok..."

stasiun radio 3:
"Kepulan asap mulai terlihat di kejauhan di sekitar daerah Jakarta Kota..., Sementara gerombolan massa juga ada yang berkumpul di sekitar terminal Kampung Melayu..."

What the hell...?

Gue lihat ke luar jendela dari atas gedung Pelindo, ke arah Kota, kepulan asap memang sudah mulai terlihat di mana-mana, semakin lama tiap jam berita di radio makin mencemaskan. Penjarahan mulai terjadi di beberapa bagian kota.

Malam itu kita menginap di Tanjung Priok, di luar, di kejauhan, terlihat beberapa orang menggotong barang-barang seperti dari dalam toko...

...,

15 May 1998, 9 am

Pagi-pagi kita berhasil keluar dari Priok, naik bus lewat tol. Jalanan sepi, pintu tol gak ada yang jaga, bebas keluar masuk. Bahkan beberapa gerbang tol hangus.

Sepanjang jalan terlihat bangkai-bangkai mobil terbakar. Pom bensin tutup, di sana-sini terlihat kumpulan orang, ada yang membawa barang-barang temuannya, ada yang panik. Asap hitam menggantung terlihat di semua arah mata memandang...

...,

That bad memory could not be easily erased. My deepest condolence to all the victims in May 1998....

May 13, 2003 9:10 AM
Sudah ada 48 comment (kasih comment?)
1. | 01:33 on 13 May 2003 | by darilangit

*damn*

2. | 01:35 on 13 May 2003 | by darilangit

perjuangan belom berakhir, kawan!

mari sama-sama desak wakil rakyat untuk ungkap kasus-kasus; 27 juli, pembununhan trisakti, kerusuhan mei '98, semanggi I dan semanggi II!


*sambil ga percaya kalo gue nulis komen pertama di sini..*

3. | 02:43 on 13 May 2003 | by Koen

Dalam sejarah, itu bukan peristiwa pertama, dan aku khawatir itu juga bukan yang terakhir. Kita masih jadi rakyat tolol yang dikuasai setan-setan berhati bengis. Sampai kapan?
Tik tik tik tik tik tik ...

4. | 04:29 on 13 May 2003 | by alaya

gue juga gak percaya kalo gue no. 3...
5 thn yg lalu gue ada di bandung, ly. disana mah aman2 aja :)

5. | 04:29 on 13 May 2003 | by funky afro

iya sedih kalo inget2 wkt taun itu, di pihak mana2 susah...

6. | 04:31 on 13 May 2003 | by alaya

eh barusan gue ngisinya barengan gitu sama si funky afro, sampe ke menit2nya sama :p

7. | 05:04 on 13 May 2003 | by lioni

tgl segitu.. 5 taun yang lalu temen lioni dari esde meninggal gara2 kanker otak.. lioni ga merhatiin peristiwa 12 mei dan kerusuhan dan penjarahan itu.. lioni masih sedih dia meninggalnya cuma gara2 dokter di r.s borromeus ga mau operasi sebelum ada duit 10 juta di meja! dokter tai!!!! lioni ga suka borromeus ampe sekarang!!!!!!!!

8. | 05:25 on 13 May 2003 | by lindie

I still have my old agenda from 98 too, sepanjang hari dengerin berita di radio..dan akhirnya dipaksain pulang dari kos, lewat tol, kosong, sepanjang jalan cuman ketemu satu-dua mobil aja, ga ada yang jaga pintu tol, serem banget ly...

my condolences to those who died in the incident, my prayers for peace, my support for student movements to fight for justice and civil rights..

*pasang muka serius* ;)

9. | 06:07 on 13 May 2003 | by VespagirL

sedih, jadi inget temen saya yang jadi salah satu korban :(

10. | 08:11 on 13 May 2003 | by iwaspriskapricilia

98 mei..masih di Bandung....bingung ngeliatin banyak orang di depan kampus..ikut demo tiap kemis..tenda2 di depan kampus....maen gendang ditengah demo...ngajar bimbel tiap hari..masa2 kuliah emang pol...:).....

11. | 08:22 on 13 May 2003 | by okke

98 mei
masih dikampus juga,
ikut2an demo....
gara-gara prihatin ngeliat rentetan peristiwa 98.
tapi ended upnya,
i quit....
i was numb.....

12. | 08:31 on 13 May 2003 | by matz

gak pernah ikud demo .. enak gak sih ??

13. | 08:38 on 13 May 2003 | by ndoey

:((

14. | 09:50 on 13 May 2003 | by obey

mei 98...bandung, sma kls 3,
"wuah demo!"
"wuah brutal!"
" wuah penjarahan!"
" kenapa etnis cina?!"
"weis tukang bakso!enak nih ujan2 makan baso!"

15. | 14:21 on 13 May 2003 | by ita

the darkest-gray-days of Indonesian people (I mean ALL Indonesian people)

mudah2an ga terjadi lagi pristiwa kayak begitu...

16. | 19:02 on 13 May 2003 | by xinda

May '98, I was a spoiled brat who couldn't careless about my very country.

I hear, you, darilangit & koen. Keep on fighting people !!

17. | 19:53 on 13 May 2003 | by ipan

1998.
kepala bocor.
marlboro 20.000 perbungkus.
ada teman yang hilang.

betapa kita sering dipaksa untuk lupa sama sesuatu yang pernah terjadi........

*awas!! mundur...mundur! rampas kameranya! dia BUKAN wartawan!*

18. | 20:49 on 13 May 2003 | by finia

1998..
a year that will not be forgotten...

19. | 21:01 on 13 May 2003 | by rhe

berharap ga akan pernah kejadian kayak gitu lagi,
waktu itu di depan kampus lagi ada aksi semua mahasiswa menuhin jalanan berhadapan sama aparat. bentar2 kedengeran bunyi tembakan, bentar2 juga megangin kepala masih utuh apa ngga.
takuuuuttt mending pulang aja..

20. | 21:04 on 13 May 2003 | by Lacsar

The night is black,
Without a moon.
The air is thick and still.
The vigilantes gather on
The lonely torchlit hill.

Features distorted in the flickering light,
The faces are twisted and grotesque.
Silent and stern in the sweltering night,
The mob moves like demons possesed.

Quiet in conscience, calm in their right,
Confident their ways are best.
The righteous rise
With burning eyes
Of hatred and ill-will.
Madmen fed on fear and lies
To beat and burn and kill.

They say there are strangers who threaten us,
In our immigrants and infidels.
They say there is strangeness, too dangerous
In our theatres and bookstore shelves,
That those who know what's best for us
Must rise and save us from ourselves.

Quick to judge,
Quick to anger,
Slow to understand

Ignorance and prejudice
And fear
Walk hand in hand.

Witch Hunt, part III of 'Fear' - Rush

quick to judge, quick to anger, slow to understand, i am...

21. | 22:13 on 13 May 2003 | by neenoy

waktu itu masih kerja di bandung. ngikutin berita di radio, khawatir. waktu balik ke jakarta seminggu kemudian, terbengong-bengong lihat bangunan2 yang hancur di sepanjang jalan yg gue lewatin...

22. | 22:31 on 13 May 2003 | by grE3nY`PrinCeZz

5 taon yg lalu...gue br 12 taun...msh gak tlalu mikirin yg gitu2...walopun sempet sedih bgt krn salah satu korbannya sodara sepupunya temen gue...dan skrg temen gue itu dah gak ada... :(

23. | 22:31 on 13 May 2003 | by ninit

jangan sampe kejadian lagi... :-( kita semua kan cinta damai... bukan begitu, bukan ?

24. | 22:37 on 13 May 2003 | by erly


Thanks for all the comments guys... Kayaknya semua punya pengalaman yang mirip-mirip pada waktu itu...

Seperti kata darilangit, dan koen, ninit, mudah-mudahan gak akan terjadi lagi yang kayak gini...

Beruntung yang waktu itu ada di Bandung, alaya, lioni, priska, okke, obey, neenoy, mungkin gak separah di Jakarta kejadiannya, tapi pasti berasa juga...

Yang mengalami juga kejadian-kejadian gak enak itu, lindie, funky-afro, ipan yang harga rokoknya ngelunjak, rhe yang di Depok, finia, xinda, ndoey, ita, vespagirl, greeny princess, kita jadiin aja itu pelajaran buat selanjutnya...

Buat matz yang belum pernah ikut demo, just do what you like :)

And lacs, as always, thanx for the lyrics... :)

*MAKE BLOG NOT WAR*

peace all...


25. | 00:43 on 14 May 2003 | by enda

It was the best of times, it was the worst of times, it was the age of wisdom, it was the age of foolishness, ... it was the season of Light, it was the season of Darkness, ... it was the spring of hope, it was the winter of despair, ... we had everything before us, we had nothing before us...

26. | 01:16 on 14 May 2003 | by indy

it is sad to know how purest goal can make people do their worst to others.

it is scary to know how people in a certain condition can turn into beasts.

it is frustrating to know that the power who crushed the student movement in 98 was once students in their movement at their time!

27. | 01:43 on 14 May 2003 | by snydez

hff..
namanya juga tragedi dan perjalanan panjang sebuah negara.. yang emang blom tau ujung nya kemana

28. | 02:03 on 14 May 2003 | by ciphie

mei 98..
saya masih kuliah. sempet kejebak dikampus.. sempet ngerasain paniknya kita waktu ditembakin sama aparat... sempet ngerasain sedihnya ngeliat semua org brutal ngejarah, merkosa, ngebakar...

sejak itu kyknya indonesia jatuh, dan hrs mulai dari awal lagi...

29. | 02:25 on 14 May 2003 | by okta

14 May ya Ly.......

Gue ada di tengah massa di salemba yang berusaha membakar, merusak dan menjebol segala yang ada, termasuk kampus UI. Gak ada polisi atau tentara. Gue sempet ngingetin kakak perempuan gue untuk cepet-cepet pulang bagaimapun caranya.

12, 13, 14 may '98.. kelabu banget Ly. bahkan hitam.

30. | 03:14 on 14 May 2003 | by krisna

i was there...my eyes burning from the fumes of the tear gas thrown at us...trapped in our campus, no water, no food, angry and confused, scared to death...wish i could erase this bitter memories...may God gives us peace...

31. | 04:28 on 14 May 2003 | by matz

eh eh eh ly , lepas dr bomb2 an dan kerusuhan..gwe baru beli jacket warna gray neh hehehhe..langsung gwe ama temen gwe inged my gray area .. ;D life is gray .. huwhuwuwhuwhwhuwh ...

32. | 04:45 on 14 May 2003 | by erly


to enda: ...let's just move, do what we have to and should...

to indy: Well, people always change ndy, sometimes better, mostly worse...

to snydez: Atau mungkin juga terlalu banyak orang yang punya jalan menuju ujungnya masing-masing?

to ciphie: Kita harus selalu bersyukur masih bisa menikmati hidup di jaman yang kayak gini....

to okta: Yup, gue ingat cerita elo waktu itu ta, yang melihat orang-orang kalap itu sepanjang jalan Salemba dari atas jembatan penyeberangan UI...

to krisna: Try to forget it, and make it as the best lesson for us all....

to matz: Sudah dipakai jaketnya? Mau doongg.. disini hujan terus, hehehe... yeah, life is gray.... :)


33. | 05:06 on 14 May 2003 | by Vee

Kalo nginget kejadian may 98.. too bad.. to sad.. sangat tragis.. gitu doank dech.. no comment labih lanjut.

34. | 05:27 on 14 May 2003 | by matz

eh eh ke bandung donk, banyak jacket bagus...duh masih wangi jacket kuh .. ;D eh pada beli jacket, biar gak kena bomb..yang gray yah warnan ya ... ;D

35. | 02:45 on 15 May 2003 | by enils

pas itu saya masih sma.. *terrible*
eh itemnya cantik.. :)

36. | 04:42 on 15 May 2003 | by Ano

Hey, hey, what's up, EB?

37. | 11:09 on 15 May 2003 | by hanzky

gue baru2 ini nonton vcd kronologi nya tuh....ngeri banget deh ngeliatnya.....ngeri dan sedih.....dan ada bangga nya juga dong...=)

38. | 11:27 on 15 May 2003 | by ade

sehari setelah ulang tahun saya...
hikz...
sedihnya masih kerasa kok sampe skrg...
musti marah kesiapa coba??
pemerintah aja sampe skrg belom ngusut tuntas!

39. | 04:41 on 16 May 2003 | by reena

I still remember May 13th 98, lulus Sma gw ke JKT gara2 mo tes masuk kuliah n it was really terrible situation and im death to scared :)

40. | 05:53 on 16 May 2003 | by ita

horeee!! nama saya udah ada :) *aga2 heran kok ga ada mouse overnya kayak yg laen*
yg penting udah di-link!! ^_^

btw jkt bener2 sepi... di jalanannya. kalo di mol2nya sih tetep rame bo'

41. | 22:22 on 16 May 2003 | by dwi

serem yah Er!

42. | 01:35 on 17 May 2003 | by bLub

mungkin sedikit kejam, tapi gue ga begitu peduli dengan mereka yang ditembak mati saat itu, apalagi sampai harus memanggil mereka pahlawan, karena setelah diceritakan kembali, setahu gue, mereka ada di garda belakang dan merupakan tim cheerleader alias penggembira semata, bukan pula konseptor. jAdi itu adalah kecelakaan.
Yang menyakitkan dari tragedi may 1998 adalah, mereka para wanita keturunan Tionghoa yang harus menanggung beban seumur hidup mereka karena Perbuatan perkosaan oleh kaum yang selama ini menyatakan beradab!
Itu baru Korban!

43. | 01:52 on 17 May 2003 | by bLub

reformasi is death

44. | 05:29 on 17 May 2003 | by morningdew

Exactly on my daddy's b'day. May that day never happen again.

45. | 00:27 on 20 May 2003 | by sMara

takut,getir...tapi gue masih ada di camp Ibu Peduli, coba ngerasain apa yg dirasain temen2 yg lagi berjuang di Atma juga Trisakti, gue ngga bisa apa2, cuman angkat aqua dan nyiapin pisang buat mereka. Sedih, nangis dan kecewa..tapi cuman itu yg bisa gue buat...

46. | 07:47 on 20 May 2003 | by ade

saya ganti alamatnya bung er! :P

47. | 22:54 on 23 July 2005 | by santi

waktu itu...........gw ada di bandung. everything seems normal there. Coba untuk pulang ke jkt...ga tau gmn caranya..somehow i've made it..Mal citra Klender (now)terbakar..hundreds of people died there. Still can't erase that view whenever i go there again now.

48. | 16:29 on 14 June 2006 | by

Jadi orang jangan egois sama cewe!!apalagi sampai melakukan perkosaan.kalian para pemerkosa itu tidak jantan!!!!banci kaleng berani cuma sama wanita yang tidak berdaya.Kalau kalian memang laki-laki lawan dong laki - laki juga dasar pengecut!!!!!percuma Lu ngakunya punya agama tapi kelakuan udah kaya anjing yang ga bisa nahan nafsu!!!!