banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Cerdik dan Licik Apa bedanya

« Previous post | Next post »


Sunday | 13 April 2003
Cerdik dan Licik Apa bedanya

Cerdik dan Licik

Apa bedanya cerdik dengan licik? Dalam bahasa Indonesia keduanya bisa berarti banyak akal. Dalam bahasa Inggris bisa diterjemahkan sebagai tricky.

Cerdik mempunyai konotasi yang baik, sedangkan licik itu buruk. Dalam dunia fabel, yang cerdik itu biasanya binatang yang terzalimi, seperti kancil, kura-kura, dll. Dan licik adalah kelakuan binatang-binatang zalim seperti srigala atau musang.

Semuanya merujuk pada kemampuan akal, sama-sama menggunakan tipu daya untuk mengalahkan musuh, hanya dengan tujuan berbeda. Ada yang ingin memangsa, dan ada yang bertahan.

...,

Tetapi bagi manusia, dalam daerah yang abu-abu ini, gak kelihatan lagi siapa yang berlaku cerdik atau licik. Semua serba relatif.

Bahkan hukum yang dipercaya sebagai tonggak kebenaran pun relatif. Cerdik gak selalu baik, dan licik gak selalu buruk. Kebenaran bisa dimanipulasi...

Atau kita semua memang licik?

April 13, 2003 11:27 AM
Sudah ada 36 comment (kasih comment?)
1. | 12:18 on 13 April 2003 | by tutupbotol

PERTAMA !!!!!! yay!!!!!
licik?
jalannya licik ya..

2. | 12:59 on 13 April 2003 | by Ano

Licik or cilik?

3. | 13:00 on 13 April 2003 | by Ano

Uh, I didn't write "lick," did I?

4. | 13:01 on 13 April 2003 | by Ano

I didn't. Good. Lick, lick. Pak lick, bu lick.

5. | 13:20 on 13 April 2003 | by sLesTa

in the perfect world.. manusia cuman ada yang cerdik dan ada yang licik..
in the real world.. cerdik & licik jadi satu.. semua licik dan cerdik.. tergantung waktu, tempat, dan tanggal maen.. *loh? peleemm kali deh*

6. | 22:00 on 13 April 2003 | by rhe

kalo mo licik harus cerdik, gitu juga kalo mo cerdik harus licik.. huehehehe (ketawa cerdik & licik)

7. | 23:18 on 13 April 2003 | by Lacsar

Gravity and distance
Change the passage of light
Gravity and distance
Change the color of right

**Rush - The Color of Right**
hehe cerdik ya, atau licik? :)

8. | 23:22 on 13 April 2003 | by erly

to tutupbotol: Licik... licik... licik... :p botolnya gak dibawa yah?

to ano: If someone do the lick, is he do the licik thing? Hey, how's bu lick anyway?

to slesta: Ini lagi ngomongin filem apa ta yang ada licik-licikannya? I prefer yang ada lick-lick-an aja seperti kata ano :p

to rhe: Hehehe... cerdik-cerdiklah sebelum dilicikin :p

9. | 23:30 on 13 April 2003 | by erly

to lacsar: Bukan cerdik, bukan licik, saya bingung :)

10. | 23:38 on 13 April 2003 | by ciphie

bang.... bang.... bang.... bang erly.... *iseng*

11. | 23:40 on 13 April 2003 | by Lacsar

gini loh bang erly, "cerdik" itu ada kaitannya dengan "cerdas", karena dua2-nya berasal dari akar kata "cerd". Sementara (spt yg dibilang Tutupbotol) "licik" dan "licin" itu juga berasal dari akar kata yang sama yaitu "lici".

Gimana, udah jelas belum? :)
truth after all a moving target, bang...

12. | 00:03 on 14 April 2003 | by erly

Ohh... gitu ya.... maaf bang lacsar, saya agak2 kurang cerdas pagi ini, butuh dengar lagu, apa ya...? :)

Ciphie, hayo back to work!

13. | 01:46 on 14 April 2003 | by BLUBney Spears

kalo saya sih cantik dan cerdik, erly :D

14. | 02:33 on 14 April 2003 | by okke

bukan licik, bukan cerdik, benda apakah itu? maab, bang! misi' ah! :P

15. | 03:57 on 14 April 2003 | by ninit

kayaknya bedanya tergantung niat kali yah... kalo niatnya jahat jadinya licique... kalo niatnya baik jadinya cerdique..

16. | 04:18 on 14 April 2003 | by erly

to blubney spears: Cerdik kayak si kancil?

to okke: Delman!

to ninit: Tapi siap yang bisa tahu niat di dalam hati orang nit? :)

17. | 04:26 on 14 April 2003 | by erwin

dunia ini panggung sandiwara, katanya (alm) nike ardila.
ntah benar ntah salah.

18. | 04:33 on 14 April 2003 | by ipan

maap, kurang gitu ngerti yang diomongkan bang erly. setau saya cergam itu cerita bergambar, cerpen = cerita pendek, cerbung = cerita bersambung. nah kalo cerdik itu apa?

19. | 05:17 on 14 April 2003 | by za

to ipan: cerdik itu cerita mendidik atau cerita ditiktif.. ala agatha christie itu lho..

to erly: buku gue apa kabarnya? buku lo baik2 saja, masih perawan teronggok di kamar gue.. :p

20. | 06:29 on 14 April 2003 | by snydez

kombinas cerdik dan licik apa yah?

21. | 06:56 on 14 April 2003 | by harris

cerdik --> pas ada konser dateng dari pagi sebelum pintu dibuka... jadi bisa nongton paling depan.. *moshing sambil disiram aer*

licik --> dateng belakangan pas konser suda mulai.. pake ngedobrak pintu masuk segala... huhuhuhu...

22. | 07:46 on 14 April 2003 | by Vee

lho.. erly itu cowo yah? *baru ngeh* ngeekk! eh.. hmm.. mungkin kita semua pernah ngelakuin kecerdikan dan mungkin juga pernah kelicikan yah.. masa ada sich orang yg bener2 inosen.. walaupun anak kecilpun pasti pernah dalam hal2 yg kecil juga.. kayak berbohong aja deh.. kan pasti juga pernah.. itu tinggal kita milih bahasa'nya aja en ngeliatnya dari segi mana.. tapi biasanya kan licik=konotasi negatif, cerdik=konotasi positif, cuman buat ngebedain kali yah..

sekian dah terima kasih neng, eh.. bang erly ding.. heuehuehue.. :P

23. | 10:17 on 14 April 2003 | by aprian

saya cerdik, bang erly licik..... *kaburrrrr*...:P

24. | 11:54 on 14 April 2003 | by rani

lick me? kidding
licik salah satu jalan untuk hidup
cerdik juga salah satu jalan untuk hidup
biar-kan tetap berjalan beriringan
biar GA TIMPANG

:D

25. | 22:27 on 14 April 2003 | by erly

to erwin: Itu bukan kata-katanya God Bless? :p

to ipan: Itu sudah dijawab oleh ibu za denga baik, cerdik = cerita pendidikan :p

to za: Buku elo juga baik2 aja za, belum sempat gue apa2in juga, tapi kayaknya dia udah "merawanin" buku gue yang lain, hihihi...

to snydez: Cerdik + licik = ..... mungkin istilah baru: cerlik ;p

to harris: Nah ini baru hebat... makasih harris, sudah memberikan definisi dan contoh yang gamblang tentang perbedaan cerdik dan licik :)

to vee: Kalo cerdik itu gak perlu bohong vee, tapi pintar "ngeles" ;p les piano, les tari, les matematika, heuheuheu...

to aprian: Sstttt... jangan bilang2 dong...ketahuan deh kedoknya nih...

to rani: Kalo di lambang yin-yang, mungkin cerdik yang putihnya sedangkan licik yang hitamnya yah? :)

26. | 23:54 on 14 April 2003 | by ReeNa

hari ini hari selasa hari kesukaan si Erly bukan???
huahuahauha

27. | 23:55 on 14 April 2003 | by ReeNa

Erly, ntar gue link ke Web gw ya....update soon

28. | 01:18 on 15 April 2003 | by Cay

Yah, kebenaran bukan sekedar dimanipulasi (kalo ini masih bisa ketauan salah), tapi diputar balik sampai nggak ada orang yang tau lagi mana yang bener dan salah... maka hati-hati, cerdik-licik itu sangat subyektif dan politis sifatnya... :)

29. | 01:27 on 15 April 2003 | by enda

cerdik itu singkatan dari cerdas dan ..... cerdik

nah kalo licik itu singkatan dari licik dan... cerdik

hikgigikhikhi..

30. | 01:33 on 15 April 2003 | by nasgorkam

sayahhh licikk

31. | 01:34 on 15 April 2003 | by Ge


gw yang cerdik dan sedikit licik ini sering liat maserle belakangan ini..

trus dengan cerdik gw pun bergosip

trus dengan sedikit licik gw memperhatikan pengaruh gosip itu

trus sekarang gw yang cerdik dan sedikit licik ini cengar cengir udik

hihihihihihihi...

:p


32. | 01:37 on 15 April 2003 | by nasgorkam

sayah licik ....

33. | 01:53 on 15 April 2003 | by erly

to reena: Saya sukanya hari libur na, gak peduli hari apa aja :p

to cay: Jadi dimana dong mau cari kebenaran yang benar? :)

to enda: Dasar licik...

to nasgorkam: Kenapa? Suka nyontek yah? Atau suka makan nasgor gak bayar? :p

to ge: cukup, cukup... jangan lama2 di udik :p

to nasgorkam: Iya... iya... :)

34. | 02:15 on 15 April 2003 | by Ren

Kalo ga licik ga bakalan nge-blog.

35. | 00:22 on 16 April 2003 | by aswin...

Cerdik atau licik sama-sama nguntungin ajah....

36. | 12:51 on 22 August 2005 | by SHE

Cerdik muncul klo ada licik...
>> seseorang yang berbuat jahat beraninya dari belakang(curang). LICIK
>> Seseorang yang berbuat baik melawan kelicikan. CERDIK