banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Chaos

« Previous post | Next post »


Thursday | 18 March 2004
Chaos

Kata chaos sering dianggap sebagai hal yang menakutkan. Chaos kadang disamakan dengan istilah amuk. Sebenarnya chaos adalah 'hanya' suatu kondisi acak, yang tak terprediksi.

Theory of chaos dapat dijelaskan melalui suatu persamaan matematika sederhana, sebuah iterasi.

Pikirkan suatu nilai antara 0 dan 1. Kalikan dengan selisih angka tersebut terhadap 1, kemudian kalikan lagi dengan suatu konstanta 'X'. Hasil perkalian itu dikalikan kembali hingga ribuan kali.

Hasil dari pengulangan perkalian ini sungguh menakjubkan, tergantung dari nilai a yang dimasukkan. Nilai X lebih kecil dari 2 akan menghasilkan suatu nilai yang stabil. Tetapi bila X mencapai 4 atau lebih, akan keluar hasil yang random, acak, unpredictable. Chaos.

...,

Dalam banyak hal sehari-hari, kita selalu melakukan prediksi. Tetapi selalu ada faktor X di sekeliling kita yang sangat berpengaruh, yang justru bisa membuat kita tidak dapat bergerak, terjebak dalam chaos.


*Inspired by Robert May, "The Best Possible Time to be Alive"

March 18, 2004 4:00 PM
Sudah ada 32 comment (kasih comment?)
1. | 17:06 on 18 March 2004 | by okke

ha? blum ada yang komen? *lirik kanan kiri*

2. | 17:09 on 18 March 2004 | by okke

faktor X yang menghambat; seperti kemalasan, blog, kebosanan.. hihiihih.. lo udah lewat yaks? :P

3. | 17:14 on 18 March 2004 | by diKi

di semua sistem dinamis seperti dunia inih, bukankah semua skenario bisa menuju chaos? ngupil aja bisa bikin bifurkasi dunia.. ^_^

4. | 22:03 on 18 March 2004 | by ganda

terus apa bedanya dgn uncertainty theory yah:D

5. | 02:19 on 19 March 2004 | by avianto

kenapa harus takut dgn kondisi chaos? keinginan menerapkan order diatas chaos kadang2 menyebabkan keruntuhan entropi...
keseimbangan, chaos membutuhkan order dan order membutuhkan chaos...

6. | 03:02 on 19 March 2004 | by ipan

chaos AD! tanks on the street! confronting police! who'll be alive...

refuse! *ngek* resist!

7. | 03:34 on 19 March 2004 | by echa

gak ngerti...

:D

8. | 04:17 on 19 March 2004 | by beranda

faktor X bisa berupa nasib dan keberuntungan. makanya klo berdoa jgn lupa selipkan kata "beruntung" biar faktor X nya gak bgitu bahaya2 amat :P

9. | 08:30 on 19 March 2004 | by meo

chaos. salah satu kata yg sering dipake dalam lirik lagu2 thrashmetal, atau jadi judul lagunya atau judul album. :P

10. | 08:32 on 19 March 2004 | by fantaorenz

waaaah pinjam dunk bukunya :)

11. | 09:36 on 19 March 2004 | by bag

jadi chaos itu = =>4X ribuan kali bukan?

12. | 11:21 on 19 March 2004 | by enda

TEORI CHAOS versi enda: Jangan sekali-kali menggunakan chaos kaki lebih dari tiga hari, karena nantinya kaki kamu jadi bau yang mana akan mengiterasi membuat chaos keadaan kalo kamu buka sepatu di tempat umum.

13. | 13:16 on 19 March 2004 | by erly

to okke: Eh kok jadi curhat? Ntar ada waktunya yah.. hihihi... sabar..sabar... jangan sampe chaos :p


to diki: Nah itu ngupil yang jadi faktor X nya, yah kalo ngupilnya di depan presiden kan bisa ketembak paspampres :p


to ganda: Wah gak tau, bukunya belum sampe situ, hihihi...


to avianto: Memaksakan order pada chaos emang gak bisa, jadi nikmatin aja kali ya... :p


to ipan: under a pale gray sky we shall arise! Ah gue demen banget yang itu :p


to echa: Nanti kita nyari mistar hitung aja deh ya cha... :p


to beranda: YAh paling aman sih kita deketin itu yang ngatur faktor X nya :p


to meo: Iya iya, itu kayak yang diteriakin si ipan :p


to fantaorenz: Barter sama fanta sebotol?


to bag: Hehehe... kalo kayak gitu kan jadi linear, gak ada chaos lagi dong :p


to enda: Yang saya dengar sebelumnya bukan gitu lho, katanya kalo banyak makan CHAOS SAMBEL bisa ngerusak kesehatan.

14. | 14:08 on 19 March 2004 | by Ranukama

Chaos...katanya kata chaos itu adalah satu2nya kata dari Indonesia yang dijadiin serapan oleh Bhs inggris ya? *katanya....*

15. | 14:33 on 19 March 2004 | by leon!E

makasih juga Ly untuk segalanya.. :)
*GaNyambungDotCom*

16. | 14:50 on 19 March 2004 | by Q

dan ttg chaos ini ... hmmm ... jadi takut ngupil gue sekarang ... takut bikin dunia kiamat ... biarlah upil ini yang berjatohan sendiri ... *jorok mode:ON*

17. | 15:46 on 19 March 2004 | by snydez

pake chaos tomat.,
apa chaos kecap.,.
sama sama enak

:D

18. | 16:31 on 19 March 2004 | by shanty

jadi malu....
*baru ngupil*
:D

19. | 18:10 on 19 March 2004 | by Lacsar

ah, biarkan kupu-kupu itu mengepakkan sayapnya sekali lagi...

20. | 19:30 on 19 March 2004 | by bayu

Saya percaya ama teori chaos,...
Saya percaya dengan semakin kacau keadaan maka semakin besar nilai / kesempatan yang bisa didapat,..

21. | 19:58 on 20 March 2004 | by Ninit

chaos kaki saya bolong ly... huuuu garing yah ;) abis erly serius nih hihihi...

22. | 00:07 on 21 March 2004 | by CrazYounGal

ingat chaos, jadi inget sma gw dulu, sering dijulukin "smansa choas" soalnya suka tawuraan. hehehe

23. | 15:35 on 21 March 2004 | by neenoy

"Nilai X lebih kecil dari 2 akan menghasilkan suatu nilai yang stabil. Tetapi bila X mencapai 4 atau lebih, akan keluar hasil yang random, acak, unpredictable. Chaos."

Well, apa ini berarti kalo kita memilih yg kecil2 aja, kita pasti bisa menghindar dari chaos? Just a thought, Ly :)

24. | 20:50 on 22 March 2004 | by dion

chaos sih katanya tergantung gimana kita ngeliatnya, kalo pake kerangka pikir ke-chaos-an mungkin jadi teratur...tapi kalo dilihat dari sudut keteraturan jadinya chaos...itu sih yg pernah gw baca di mana gitu... :)

btw,itu yang chaos di generate pake X, pseudo-chaos yah? kaya psuedo-random number gitu bkn ly?

25. | 10:35 on 23 March 2004 | by atta

faktor X bikin hidup jadi lebih hidup. kdg keliatannya susah bgt eh tau2 lancar; begitu juga sebaliknya.

26. | 13:33 on 24 March 2004 | by eyi

hihihi... serasa balik ke sms, jam pelajaran matematik. ;)

27. | 13:33 on 24 March 2004 | by eyi

hihihi... serasa balik ke sms, jam pelajaran matematik. ;)

28. | 13:34 on 24 March 2004 | by

hihihi... serasa balik ke sma, jam pelajaran matematik. ;)

29. | 15:04 on 9 December 2004 | by anwar

aku penggemar berat buku2 dan teori tentang chaos,tolong bagi rekan2 yang mempunyai referensi bisa MEMbantu !

30. | 13:21 on 29 January 2005 | by ashar

Fraktal bukan chaos. Fraktal adalah suatu struktur yang memiliki substruktur yang masing-masing substruktur memiliki substruktur lagi dan seterusnya. Setiap substruktur adalah replika kecil dari struktur besar yang memuatnya.

Contoh yang paling sederhana dari fraktal adalah jika kita memegang cermin di hadapan sebuah cermin. Di dalam cermin yang dipegang ada bayangan orang yang memegang cermin. Di dalam cermin yang ada di bayangan, ada bayangan si pemegang cermin itu lagi, dan seterusnya.

Sebuah chaotic attractor terkadang juga memiliki struktur fraktal seperti itu. Keunikan dari benda-benda yang memiliki struktur fraktal adalah dimensinya. Secara umum, solusi dari sebuah sistem dinamis adalah sebuah obyek matematis yang berdimensi satu (mempunyai ukuran yang sama dengan garis).

Jika solusi itu merupakan solusi yang chaotic, ia mempunyai dimensi fraktal berupa pecahan. Misalnya, berdimensi 2,3 yang berarti benda itu lebih tebal daripada bidang (yang berdimensi 2), tetapi masih lebih kecil daripada ruang (yang berdimensi 3).

31. | 15:35 on 7 June 2006 | by cacah nurkesih

chaos ya???
nggak ngerti jg seeh apaan, malah baru dengar,tapi klo aku baca artikel, teori ini menjelaskan keteraturan dari ketidak teratulan,yang dapat kita contohkan dengan goyangan ngebornya inul,yang terkadang berbentuk lingkaran atau elips,

32. | 05:03 on 15 December 2006 | by Lincoln Swank

Colombia's vice president is "baffled" by Kate Moss's success following cocaine allegations...