banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Energi Yang kekal di dunia

« Previous post | Next post »


Thursday | 6 February 2003
Energi Yang kekal di dunia

Energi

Yang kekal di dunia ini adalah energi. Dia tidak bisa dimusnahkan dan tidak bisa diciptakan. Energi hanya berubah bentuk, bertransformasi. Keberadaannya bersamaan dengan keberadaan semesta sendiri. Dan dia tetap berada di sekeliling kita dalam berbagai bentuknya, bahkan di dalam tubuh kita.

Namun walaupun kekal, energi dapat ditaklukkan manusia. Di zaman purba, saat manusia belum mengenal peradaban, energi mengganggu manusia yang hanya pasrah menerima panas matahari, angin kencang, petir yang menyambar.

Seiring waktu dan perkembangan peradaban manusia, energi semakin jinak bahkan menjadi bagian dari peradaban. Listrik dalam bentuk purba berupa kilatan liar petir saat hujan, sekarang ditemukan dalam bentuk aliran AC atau potensial DC dalam baterai yang tidak berbahaya.

Namun dalam alur selanjutnya, energi yang telah dijinakkan dan digunakan dalam keseharian justru kembali menundukkan manusia dalam ketergantungan. Sekarang seolah-olah manusia gak bisa hidup tanpa listrik, gak bisa bergerak tanpa BBM.

Mungkin manusia memang akan selalu tunduk pada energi...

February 6, 2003 3:30 PM
Sudah ada 49 comment (kasih comment?)
1. | 05:26 on 6 February 2003 | by erika

Bukannya yg kekal itu Allah SWT??!!

2. | 07:52 on 6 February 2003 | by DtG

Allow man!! Bener nih.. gue sih kurang stuju protes2 BBM.. kalo gak bisa pake mobil ya gak pa pa.. kecuali yang protesnya kayak yang nelayan make solar gitu loh.. yang penting2 aja maksud gue.. hehehe

3. | 08:56 on 6 February 2003 | by ipan

Mungkin manusia memang akan selalu tunduk pada energi...

tidak...saya cuma nunduk kalo nemu recehan dijalan dan masang kancing baju.

peace!

4. | 10:07 on 6 February 2003 | by iqbal

saya tidak tunduk kecuali kalo palang portal-nya gak dibuka ..

5. | 10:23 on 6 February 2003 | by za

gue nunduk kalo lagi males jawab 'iya'

eh.. itu ngangguk ya? :p btw, imel gue sampe ngga pak?

6. | 10:36 on 6 February 2003 | by lioni

Allah SWT teh sapa? kenalan uy..
ih erly kayak guru fisika lioni di SMP.. pak TJIO.. cakep deh apalagi klo lagi ngomongin energi.. waww.. energi yang dipancarkan pak TJIO dari ketiaknya.. buat seluruh kelas pingsann!!!! heuheiuhee

7. | 10:55 on 6 February 2003 | by Ano

My Physics teacher was so dark they had to replace all blackboards with greenboards. Talking about reflection coefficient.

8. | 21:47 on 6 February 2003 | by erly

to erika: Kata orang2, energi adalah yang kekal di dunia, sedangkan Dia adalah Yang Maha Abadi...

to dtg: Kasian ya nelayan2 itu... Masa mereka harus pake dayung?

to ipan: Yang saya maksud selalu tunduk pada energi itu "manusia" pan... jadi wajar deh kalo elo gak termasuk, hihihi... peace 1000x !!

to iqbal: Itu bukan nunduk, tapi membungkuk :p Kalo gue mau lewat portal sekalian main "limbo - how low can you go?"

to za: Pantesan waktu itu elo nunduk waktu gue minta traktir.... :p yup, i've got your mail :)

to lioni: aduh... kalo dari ketiak mah bukan energi atuh...

to ano: hehehe... you mean that your teachers could hide by using the color of blackboard? so they can be invisible even in front of the class? kayaknya seru juga tuh.. :p

9. | 23:22 on 6 February 2003 | by Ano

K, I feel obligated to put something right here :)
It was only ONE teacher, Erly, not all of them. (Hello, Mr. M, wherever you are.) One day he was trying to explain that there was no such thing as "a perfectly black body" with a zero reflection coefficient. So we were like, huh? What are you, then? Man, I'm sooo going to hell! :))

10. | 23:36 on 6 February 2003 | by erly

Fortunately it's only one of your teacher, not all of them had a zero refflection coefficient :p Funny if we remember the old days at school, we always talk about teachers on their back :p *ngerasani* (sorry teachers... with all my respect to you...)

11. | 23:40 on 6 February 2003 | by Ano

>Funny if we remember the old days at school,
> we always talk about teachers on their back.


Hey, thanks! Now I know what to write next.

12. | 00:55 on 7 February 2003 | by sLesTa

eh gue tau nih .. waktu di bali sempet kenalan.. mereka ngeband gitu di hrc.. namanya energi..ze!!

*tulalit*

13. | 03:23 on 7 February 2003 | by Ren

energi adalah candu dalam bentuk laen

14. | 04:36 on 7 February 2003 | by priskapricilia

Priska lg butuh enelgi nih....lagi bocen edan!!

15. | 04:50 on 7 February 2003 | by bLub

i'm baackkk :D gue selalu menunduk kalo lagi jalan, karena siapa tau? ada duit 50 ribu jatuh. Well.. rejeki kita kan hanya tuhan yang tau, dan gue berusaha untuk menemukannya kekekeke :p

16. | 05:02 on 7 February 2003 | by erly

to ano: so, so... what you're gonna write next? *curious* is it about teachers? :p

to slesta: Itu bukannya merek baterai kelinci yang gak ada capek2nya?

to ren: Pastinya enak dong kecanduan energi? Gak ada capenya...

to priska: Keluar dulu cari music gig, there's a lot of energy there :p Terus gambar2 lagi deh biar gak bocen... :)

to blub: Jalan sambil nunduk hati2 nanti malah nabrak bajaj :p eh di bdg gak ada bajaj ya?

17. | 08:17 on 7 February 2003 | by lacsar

E = CM^2

yep, Championship Manager rules! :)

18. | 11:33 on 7 February 2003 | by enda

Ada satu energi yg teteup ga akan bisa dikendalikan manusia yaitu yg disebut dengan...

Energi kentut.

Cobain deh, kalo udah pengen kentut, kan susah nahannya.

hihkhikhikhik

Anyway, energi mekanik cuma ada dua: yaitu energi potensial dan energi kinetik.

[EK]1+[EP]1=[EK]2+[EP]2=[EM]

Jadi misalnya ya ada soal gini:

Sebuah peluru meriam ditembakkan tegak lurus keatas dengan kecepatan awal (Vo) = 50 m/d. Berat peluru meriam (m) = 1.5kg. Kecepatan gravitasi (g) = 10m/s2. Pada ketinggian berapa meter dari tanah, peluru meriam tersebut berhenti dan jatuh kembali?

Coba dikerjain ya anak2x, besok dikumpul. :)

19. | 13:09 on 7 February 2003 | by ipan

enda:kira-kira 3 - 4 meter dari tanah. soalnya ngetes pelurunya didalam rumah....

20. | 20:34 on 7 February 2003 | by finia

energy bisa abis nggak ya?

21. | 11:00 on 8 February 2003 | by avie

pak de erly .. saya cuma ingin kasih tau kalau log saya pindah url ke http://ignt.blogspot.com .. :D

22. | 18:13 on 8 February 2003 | by Dian Pras

Iyaaaa... manusia 'diperbudak' energi kali yaaa... sampe mo perang gara2 energi.

23. | 01:09 on 9 February 2003 | by erika

Mas Erly.. apa yaa yg bisa bikin hati kita merasa damai dan tenang?... aku gie merasa kesepian nih, padahal di sekelilingku masih banyak orang yg sayang ama aku, tapi kok tetep ngerasa alone gini yaa? huhuhuhu

24. | 04:10 on 9 February 2003 | by mia

katanya energi gak bisa abis, tapi kok bbm dikabarin bakal abis dlm waktu bbrp puluh tahun lagi? kalo menurut teori, energi itu gak abis cuma berubah bentuk kan? nah, bisa gak energi dr bbm yg udah berubah bentuk itu dikembaliin lagi ke bentuk semula? jadi bbm gak abis2, trus jadi harga bbm gak naik lagi, trus jadi orang2 gak perlu buang energi yg lain untuk demo! hehehe

25. | 06:05 on 9 February 2003 | by Koen

Dalam skala Planck, energi bisa tercipta akibat fluktuasi kuantum, lalu bisa menghilang *cling*. Konon salah satu fluktuasi kuantum yang berkelanjutan itu jadi momen awal terciptanya semesta ini dari ketiadaan materi. Part or skenario penciptaan dari tokoh yang disebut Erika.

26. | 21:53 on 9 February 2003 | by erly

to lacsar: Uh dasar maniak CM... :p Eh lebih seru yang F1 Manager...

to enda: ya ampun... malah dikasih soal fisika mekanik gini :p Apakah ini efek2 nostalgia sma? Hayo.. hayoo... siapa yang bisa ngerjain soalnya enda nati dikasih kecupan dari enda, hihihi...

to ipan: Weh, kalo di dalme rumah atapnya jebol dong mas...

to finia: Suatu bentuk energi bisa habis tapi dia tetap ada dalam bentuk yang lainnya fin... :)

to avie: Lha, akhirnya pake blogspot juga vie? :p

to dian pras: Hehehe... masih ngomongin Bush ya? Ah kalo dia mah tau deh...

to erika: Kadang2 terlalu banyak orang yang mengelilingi malah gak efek ya? Mungkin sebenarnya yang dibutuhin cuma satu orang :p Jadi yang penting itu kualitas, bukan kuantitas... hehehe....

to mia: Kalo soal mengubah2 energi mungkin bisa tanya langsung sama enda yang expert dalam energi kentut :p

to koen: Hehehe... susah deh, fisika kuantum selalu bisa ngasih jawaban yang gak bisa dijawab dengan pas oleh fisika mekanik... :p

27. | 23:27 on 9 February 2003 | by detta

... ly, isiin blog gue gehhh!!! :P

28. | 00:26 on 10 February 2003 | by erly

Boleh dett? Asikkkk.... eh tapi kalo gue nulis di blog elo, gue jadi males kasih komennya... masa yang nulis ngasih komen sendiri? ;p

29. | 01:03 on 10 February 2003 | by lindie

Jadi inget bang Robbie who sang:

"...Let love Let love be your Energy..."

Duh, ganteeeeeeeeeeeeng....(ga nyambung ya, maap :p)

30. | 01:38 on 10 February 2003 | by alaya

hi, er!
telat lagi deh gue ngisinya... :(

31. | 01:50 on 10 February 2003 | by Ren

Bang, saya kan sering kecapean, lesu, letih, lelah dan kurang gairah. Apa ini tanda2 energi tubuh saya mulai menipis?
Abang tau nggak tempat yang bisa nge-charge energi saya? biar gak lemes gitu bang. Thanks !!!

32. | 04:36 on 10 February 2003 | by okke

32..

hi erly! hihihih...

33. | 07:16 on 10 February 2003 | by lacsar

F1 manager mah kurang database-nya, kurang rumit ah ;)

34. | 07:24 on 10 February 2003 | by Aswin Wihdiyanto

Kalau kata kata kesimpulannya "Mungkin manusia memang akan selalu tunduk pada energi....", gue cuma bisa bilang Iya...

35. | 12:43 on 10 February 2003 | by [bryan!]

Re [18] :
jawabannya h = v² / 2g
h = 125 meter

hadiahnya boleh ganti ga Erly? pipi gw yg masih perawan tinggal sebelah lagi... *inget kan kenapa?* :D masa diembat ma Enda? huhuh..

36. | 19:12 on 10 February 2003 | by Dissi

Erlyyyy....gue lagi di jogja nih...masih lama je! Tapi dah gue keluarkan sebagian dari bisul gue lewat postingan terbaru tadi malem...senangnya bertemu internet lagiii...

37. | 22:01 on 10 February 2003 | by morningdew

Ly, gue gak nemu film Immortal Beloved. Bantuin dong :-(

38. | 22:20 on 10 February 2003 | by erly

to lindie: Love surely is an energy :) Eh kenal sama si Robie juga? eleuh eleuh... dia mah temen saya atuh... small world ya? Waktu dia married kok gak dateng? :p

to alaya: Better late then never kata orang bule :)

to ren: Tempat me-recharge energi mungkin di warteg, ngobrol2 sambil makan mendoan dan ngopy :p

to okke: 37... hai okke!

to lacsar: Eh tapi kalo F1 bisa ngebut!

to aswin: Kita emang kompak banget deh dari dulu coy! :p Kecuali soal "aksi panggung" ya?

to bryan: Ya silakan ambil hadiahnya langsung sama enda... Cobain dulu lah... mudah2an berkesan...

to dissi: dissiiii!!! nitip oleh2 dong.... dari dulu kalo ada yang ke jogja gue pengeeeennn banget dibawain becak jogja...

39. | 10:42 on 11 February 2003 | by enda

waa Bryan jagoan! hekheke.. jawabannya benul sodara-sodara, tapi tentu dengan asumsi itu moncong meriam nongol begitu aja diatas tanah. :)

anyway, silakan langsung ambil hadiahnya pada panitia.

40. | 07:24 on 13 February 2003 | by NuNiQuE

Energi... pemberani... BISA!!!
*eh itu iklan ya?* hehehe...

41. | 23:42 on 13 February 2003 | by erly

to enda: Ayo hadiahnya ciuuumm... cium... hihihihi...

to nunique: Pasang iklan gak gratis mbak :p

42. | 16:14 on 5 August 2004 | by aan

Mau tanya nih, Apa sih artinya aki 12V 60 Ah itu gue suruh jelasin asal rumusnya

43. | 17:39 on 7 April 2005 | by

retgrejhykjuktukt

44. | 16:21 on 13 June 2005 | by

ya jg ya,,,,,,smua'e ALLAH y buat,,,,,tunduk ma energi b'arti tunduk ma ALLAH,,,,,,,
harus igt ma ALLAH klo igt energi y udh qta pk,,,,,d pk buat ma'siat???????rugi neng,,,,,,mang,,,,,,,mending d pk buat IBADAH,,,,,,ya ga?????

45. | 16:24 on 13 June 2005 | by oddie

ya jg ya,,,,,,smua'e ALLAH y buat,,,,,tunduk ma energi b'arti tunduk ma ALLAH,,,,,,,
harus igt ma ALLAH klo igt energi y udh qta pk,,,,,d pk buat ma'siat???????rugi neng,,,,,,mang,,,,,,,mending d pk buat IBADAH,,,,,,ya ga?????

46. | 13:58 on 14 August 2005 | by patricia

gw bilang energi itu memang kekal adanya.tapi kata gw energi kentut lebih besar kekuatannya loch kmaren gw nonton film n dia kentut aja bisa meluncurkan kapal jet loch!!!!!!!bayangin aja tuch kapal kan gede banget buat ke luar angkasa lagi,,,!!!!!!!

47. | 19:32 on 24 August 2005 | by vahn

F=m.a

48. | 19:35 on 24 August 2005 | by someone in surabaya

dengan F=m.a, kita bergerak. kentut juga pake F=m.a, tapi kalo g mau pake energi sendiri boleh pake baterai koq. >.

49. | 10:23 on 23 May 2006 | by Oom Tun

energi buat RUU APP