banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Gorengan dan Sejarah

« Previous post | Next post »


Friday | 26 March 2004
Gorengan dan Sejarah

Kalau kita beli jajanan gorengan, pasti dikasih dalam kantong kertas. Kantong kertasnya bersih, rapi lipatannya, dan sama semua ukurannya.

Kertas yang digunakan itu bekas pakai, kadang ada yang bekas laporan keuangan, inventarisasi kantor, atau bahkan diary tetangga kita.

Dari kantong kertas gorengan yang gue beli kemarin, ada tulisan tangan yang isinya seperti ini:

...
4. Atas jasa siapakah akhirnya Soekarno dibebaskan dari penculikan di Rengas Dengklok?
5. Kapan dan di mana terjadinya perselisihan antara golongan tua dan golongan muda?
6. Mengapa akhirnya Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia terlepas dan rencana dan persetujuan Jepang?

...

Sepertinya ini bekas buku tulis pelajaran sejarah. Ternyata pelajaran sejarah dari dulu hingga sekarang tetap sama. Sejarah hanya jadi point-point hapalan tentang tanggal dan nama tokoh, bukan suatu alur cerita menarik yang bebas diinterpretasi.

Wajar saja kalau sejarah itu akhirnya jadi bungkus gorengan. Dan sejarah itu pun berpindah ke tong sampah setelah gigitan bakwan terakhir.

March 26, 2004 2:13 PM
Sudah ada 55 comment (kasih comment?)
1. | 15:16 on 26 March 2004 | by siwoer

Oiiiii...ly...mana gorengannya? Gw minta bakwannya dong? :P

2. | 15:18 on 26 March 2004 | by neenoy

singkong gorengnya di sana enak gak, ly? :p

3. | 15:43 on 26 March 2004 | by matz

terkadang yellow pages jg jd bungkus gorengan, pdhl info yg ada di kertas itu harusnya jd bahan informasi kita yah ...

4. | 15:54 on 26 March 2004 | by &o

hiks.. j'aime l'histoire, par contre "gorengan" me manque.. ;p quel est je prefère??
salam buat gorengan dan kertasnya Ly!! ;)

5. | 16:12 on 26 March 2004 | by gre

eh sejarah gorengan itu dimulai darimana ya erl?

apa setelah 'api' atau 'minyak goreng' ditemukan, orang langsung menciptakan gorengan?

6. | 17:21 on 26 March 2004 | by enda

Jawaban atas pertanyaan diatas:

4. Soekarno dibebaskan karena para penculiknya gol muda yg ingin merdeka bosen maksa2x merdeka terus. Kata mereka "betew banget ga sih dese kaga berani .."

5. Perselisihan antara gol. tua dan muda terjadi di.. mana-mana

6. Banyak sebabnya, sebagian karena dipaksa, sebagian krn dijamin, sebagian karena asik aja.

he he he

7. | 18:56 on 26 March 2004 | by diKi

beberapa taon ke depan mungkin ada penikmat gorengan yang nemuin bungkus gorengan unik: "lho? ini khan print-print -an halaman weblog dari goblogmedia?" **sambil gigit cabe rawit**

8. | 23:44 on 26 March 2004 | by beranda

beberapa taun kedepan, kertas udah susah ditemukan, orang2 makan gorengan berpiringkan CD hahaha.
btw sejarah bisa dibikin sendirikan? tergantung siapa penguasanya hehe

9. | 03:29 on 27 March 2004 | by otty

bahaya gak ya bekas tinta kena makanan?

10. | 10:14 on 27 March 2004 | by si_aip

sejarah nggak penting.. sejarah kan bisa ditulis ulang oleh siapapun yang punya kuasa.. ;)(siap2 digebugin kaum antropolog x)

11. | 11:00 on 27 March 2004 | by balq

bikin biografi aja er.. kali aja anak cucu gw nanti pingin tau sejarahnya goblogmedia. :D

12. | 11:40 on 27 March 2004 | by nita

Itu sebetulnya salah satu bonus dari tukang gorengannya ly, jadi sambil makan gorengan bisa sambil baca :)

13. | 12:38 on 27 March 2004 | by aR!o

jadi bungkus gorengan karena si tukang gorengan dah muak dengan buku sejarahnya..?

hehe

14. | 13:40 on 27 March 2004 | by N[a]

hello erly.. baru nemu tempat barunya nih.. kirain udah hilang ditelan bumi.. :P nice to see u go blog again :)

15. | 19:36 on 27 March 2004 | by echa

yup, sejarah dari masa ke masa pasti sama :D hanya ya gimana ya, history nya indo gak gitu asik ah hihihi....kalo udah pelajaran sejarah ajah, udah bete deh, ya nggak bete² amat sich, hanya kalo sejarahnya kerajaan, dll spt Napoleon Bonaparte, Maria Antoinette, Joan D'Arc itu bagi gw sih lebih menarik :D kalo liat old buildings disini dan di paris wah pengen banget ngerasain jaman dulu tuh gimana (nyengir)

16. | 20:49 on 27 March 2004 | by ipan

mendingan beli gorengan bekas orang aja, siapa tau dapet laporan keuangan baru, inventarisasi kantor beberapa hari yang lalu, diary tetangga kita yang baru ditulis, buku sejarah atau koran baru. asik kan?

17. | 00:16 on 28 March 2004 | by snydez

iyah..

soalnya guru sejarah juga 'gila' sih ngasi ulangan, masa tahun harus apal (banyak lagi yang mesti diapalin)..
yang penting kan 'inti' dari sejarahnya..bukan taon dan nama kuda pangeran diponegoro ..

18. | 10:02 on 28 March 2004 | by erly

to siwoer: Okeh, kalo bakwannya boleh dibagi, asal jangan tahu isi yah... hehehe... :p

to neenoy: Gak tau, gue kalo beli gorengan demennya tahu isi, nanti deh gue cobain singkongnya juga :p

to matz: Aduh kasian dong orang udah mahal2 bayar yellow pages buat promosi tapi jadi bungkus gorengan... eh tapi siapa tahu orang lebih sering beli gorengan darpada buka yellow pages? :p

to &o: Hey kamu apa kabar di situ? hehehe... Ah pasti udah jago deh di sana masak gorengan tahu sendiri kan? :)

to gre: Yang jelas selain api dan minyak goreng juga ada penemuan terigu ;)

to enda: Nah, jawaban seperti enda ini yang bisa bikin sejarah lebih menarik... :p Cuma gue sih kasian sama guru SD enda dulu, pasti makan hati... hihihi.. *Peace*

to diki: Tapi sampai sekarang kan belum ada edisi cetaknya dik :p

to beranda: Iya, sejarah memang dibikin penguasa, makanya itu hasilnya jadi bungkus gorengan ;p

to otty: Nah itu gak tau deh ty, masalahnya beda lagi... yang pasti sih gue kalo makan gorengan kebanyakan suka puyeng :p

19. | 10:10 on 28 March 2004 | by erly

to aip: Padahal kan seru kalo sejarah itu dibikin novel ip, kayak kerjaan pak Pram :)

to balq: Kalo mau bikin biografi semua blogger indonesia aja biar seru... hehehe... :)

to nita: Bener banget deh nit, bahkan bukan cuma baca, bisa juga menguji pengetahuan dengan manejawab pertanyaan2 itu seperti si enda :p hihihi...

to ar!o: Anak SD nya yang udah muak duluan, mendingan beli gorengan ajah :)

to n[a]: Hai Ina, nice to see you too again here :)

to echa: Yang bikin bete bukan sejarahnya cha, tapi cara ceritanya :) Kalo kita baca sejarah Napoleon dan revolusi Prancis kayaknya lebih seru karena ceritanya runut gitu, dan selalin itu bisa liat gedung2 tuanya yah... kalo di sini kan gedung2nya udah gak keurus :p

to ipan: Iya, siapa tau juga ada halaman popular jadi bungkus gorengan :p

to snydez: Nah ini juga satu korban guru sejarah :p Ya mending beli gorengan aja yuk son :)

20. | 11:31 on 28 March 2004 | by -inex-

huwa... ;) menarik2 :D... sejarah dah ganti lagih neh bwat generasi berikutnya pelajaran sejarahnya kayak apa yah? :)...

Hmmm ...

21. | 16:03 on 28 March 2004 | by atta

elo tuh cerdas bener ya... :)

22. | 23:11 on 28 March 2004 | by bLub

atta? atta mana tuh? penyiar MTV sky? :p

ly, dari semua mata pelajaran sekolah, gue malah paling demen sejarah.
Buat gue, sejarah bukan hanya sekedar menghapal nama orang dan tahun...
Buat gue, sejarah adalah bagian dari kehidupan.. dan menyadari bahwa hal tersebut pernah terjadi didunia ini, semakin menambah rasa kagum gue.

Seperti gue kagum bahwa pernah ada seseorang seperti Ken ARok di masa kerajaan Singasari.
Tahun berapa dia menjabat jadi raja? duh.. gw malah ga inget ^_*

peristiwa... menjadi sejarah... menjadi legenda.. lalu menjadi mitos...

23. | 23:16 on 28 March 2004 | by bLub

atta? atta mana tuh? penyiar MTV sky? :p

ly, dari semua mata pelajaran sekolah, gue malah paling demen sejarah.
Buat gue, sejarah bukan hanya sekedar menghapal nama orang dan tahun...
Buat gue, sejarah adalah bagian dari kehidupan.. dan menyadari bahwa hal tersebut pernah terjadi didunia ini, semakin menambah rasa kagum gue.

Seperti gue kagum bahwa pernah ada seseorang seperti Ken ARok di masa kerajaan Singasari.
Tahun berapa dia menjabat jadi raja? duh.. gw malah ga inget ^_*

peristiwa... menjadi sejarah... menjadi legenda.. lalu menjadi mitos...

24. | 23:27 on 28 March 2004 | by bLub

bete...
dah komen panjang2 malah ilang :(

Ly! pokoknya gue cinta sejarah. Buat gue, sejarah itu bukan hanya menghapal nama dan tahun, tapi menyadari bahwa hal tersbeut pernah menjadi bagian dari kehidupan nyata, menambah poin rasa kagum gue.

terutama sejarah² kerajaan dan pewayangan.
well.. seperti mahabarata atau pandawa 5, mereka itu sejarah.. atau hanya mitos?
atau hal itu hanya membenarkan sebuah premis bahwa..
kenyataan akan menjadi sejarah yg suatu saat akan menjadi legenda.. dan berakhir sebagai mitos.

25. | 23:29 on 28 March 2004 | by bLub

:D
keposting dua²nya yah?
*malu*

26. | 23:30 on 28 March 2004 | by

bete...
dah komen panjang2 malah ilang :(

Ly! pokoknya gue cinta sejarah. Buat gue, sejarah itu bukan hanya menghapal nama dan tahun, tapi menyadari bahwa hal tersbeut pernah menjadi bagian dari kehidupan nyata, menambah poin rasa kagum gue.

terutama sejarah² kerajaan dan pewayangan.
well.. seperti mahabarata atau pandawa 5, mereka itu sejarah.. atau hanya mitos?
atau hal itu hanya membenarkan sebuah premis bahwa..
kenyataan akan menjadi sejarah yg suatu saat akan menjadi legenda.. dan berakhir sebagai mitos.

27. | 08:42 on 29 March 2004 | by fantaorenz

salah satu keunggulan blog dibandingkan dg diary : ga bisa dijadiin bungkus gorengan :p

28. | 08:53 on 29 March 2004 | by fantaorenz

salah satu kelebihan blog dibandingkan diary : ga bisa dijadiin bungkus gorengan :P

29. | 10:36 on 29 March 2004 | by Q

hidup sejarah!!! *gak ngasal deh* ... gorengan kena tinta??? bahaya gak yah??? gimana kalo makan gorengan di pinggir jalan ... kena debu dan asap knalpot ... sama aja kayaknya ... :D

30. | 12:10 on 29 March 2004 | by prazz

hihihi... ntar laen kali kalo beli gorengan liat2 dulu ah bungkusnya, kali aja dapet kertas bocoran UMTPN ... :P

31. | 15:40 on 29 March 2004 | by erly

to inex: Giliran kita nih yang bisa bikin sejarah baru :p

to atta: Ih kamu garink deh, hihihi... :p

to blub: Blub, saya tau kamu ngefans sama sayah tapi kalo kasih komen ngekliknya jangan banyak2 yah :p
Soal premis, hmm... ternyata kamu suka main catur juga ya?

to fantaorenz: Kalo gitu anak SD diajak baca blog aja :)

to Q: Hehehe... belum pasti kena tinta, tapi kena debu udah pasti yah :p

to prazz: Siapa tau nanti surat suara bekas coblosan juga jadi bungkus gorengan :p

32. | 16:24 on 29 March 2004 | by ita

hmmpf... nomor buncit lagi.. udah keabisan bahan buat komentar. hehehe.. yg penting ambil jatah :P

33. | 16:57 on 29 March 2004 | by shanty

kalo di jakarta bakwan, kalo di surabaya ote-ote. bakwan kalo di surabaya bakso kuah thok.
istilah gorengan lainnya sama
mau ote-ote?

34. | 20:42 on 29 March 2004 | by dion

kesimpulannya mari belajar sejarah di kelas sambil makan gorengan

"goreng teu nih komen ly ?" :)

35. | 21:25 on 29 March 2004 | by blub

huh.. blognya jelek.
komen hari ini baru masuk besok.
liat tuh.. komen gw jadi banyak *huh*

36. | 11:49 on 30 March 2004 | by erly

to ita: Hati2 ta, keseringan dapat nomer buncit nanti perutnya buncit, hihihi... :p

to shanty: Namanya ote-ote kalo di sby? Wah baru tau sayah... Iya, kalo di situ bakwannya yang pake kuah kayak baso itu :)

to dion: Mendingan makan gorengan kan daripada makan permen karet :p

to blub: Hihihi... jgn ngomel2 dooong... nanti makan gorengan bareng aja yuk :p

37. | 18:24 on 30 March 2004 | by VaNYa

yah untungnya saya tidak dapet sejarah lagi skrg :D tapi kasian juga ngebayangin anak cucu vanya nanti suruh ngapalin nama presiden yg banyak... dan peristiwa" bersejarah yg baru terjadi lainnya (era reformasi... 27 Juli etc. Apalagi kalo disuruh nyebutin nama" partai... hahahahah

38. | 19:23 on 30 March 2004 | by roi

denger-denger
sejarah itu 'diarahkan' oleh penguasa ya...

39. | 19:11 on 31 March 2004 | by sansan

*knock knock*

40. | 19:11 on 31 March 2004 | by sansan

*knock knock* gw bangga jadi bagian dari sejarah postingan ini:D huehuheueee...

41. | 06:51 on 1 April 2004 | by arb3i

aihhh ternyata pindah sini tochh :P :)
hihihi... sayah ga ngeh aja, padahal pernah ngunjungin tempat nita/enda lho... ;P

42. | 09:58 on 1 April 2004 | by alaya

gue baru sadar kalo gorengan di bali ga pake kantong kertas, tapi langsung dimasukin plastik, padahal kan plastik susah didaur ulang ya? trus ga nyerap minyak lagi... :(
lagian gorengan di bali ga enak *jadi curhat gini*

43. | 14:20 on 2 April 2004 | by Xii

Erlyyyyyy! ^^ aduh lucunya sampe kertas gorengan dibacain?! hihihi.. awass sakit tenggorokan loh beli goreng2an mulu? =P~~

44. | 12:22 on 14 July 2004 | by RND

Kertas yang biasa dipakai untuk mengemas gorengan biasanya digunakan kertas koran. Secara tidak sadar kertas koran ini mengandung tinta yang bersifat larut. Padahal tinta tersebut banyak mengandung timbal (Pb) yang sangat bahaya bagi kesehatan.
Bila timbal tersebut terakumulasi dalam tubuh maka akan menyebabkan gangguan saraf dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Pada suatu penelitian, wanita hamil yang banyak terakumulasi timbal ini akan menyebabkan cacat bawaan pada janin dan merusak otak sehingga akan mempunyai kecerdasan yang rendah.
Pada laki-laki, timbal akan menyebabkan penurunan kualitas sperma sehingga dapat menyebabkan kemandulan.

45. | 18:09 on 16 September 2004 | by putri

Wah...gue suka bgt tuh ma gorengan. Enak kali yah lagi belajar sejarah di kelas sambil makan gorengan....Gorengan plg gue suka itu risol..he..he...........

46. | 02:13 on 5 October 2004 | by fanny

bo,tlg kirimin segala hal yang berbau video klip yah,penjualan rekaman,ma mtv indonesia gw lagi skripsi tolong bantuin yah.thx

47. | 13:33 on 27 November 2004 | by jin Ifrit

minta donng!!

48. | 14:33 on 27 December 2004 | by mitha

janga beli gorengan sembarangan
perhatikan kesehatanmu

49. | 11:45 on 9 March 2005 | by cantika

Seumur-umur kenal sekolahan ngerasain jg dapat Nilai Sejarah MERAH gara2 ketahuan makan GORENGAN di kelas pas jam Sejarah. Kejadian ini gw kls II SMA ama temen sebangku di skor gak boleh ikut pelajaran - jd bukan goblok pelajaran sejarah,...udah benci gw tambah benci ama pelajaran sejarah..

50. | 20:02 on 29 June 2005 | by @dek

Gorengan.... gw juga suka tuh ama makanan yg satu ini apalagi dimakan saat hujan...wuiiiii dingin-dingin enak. hehehe.apalagi yg gratis plus lagi anget2nya. terasa bener pengen lagi-lagi-lagi and lagi.

51. | 18:40 on 7 September 2005 | by chandra

Gw sih ga perduli, mau bekas pelajaran sejarah kek, IPS, IPA, atau apa aja. Tapi yang pasti artikelnya itu ditulis pas ulang tahun mantan gw.

52. | 23:27 on 12 October 2005 | by iqbal

nice...cocok banget
menyentuh...dalem..dulu waktu gue kecil
gue sering ngumpulin sobekan koran yang ada gambar film yang ada cewek seksinya.lumayan buat imajinasi :P~

53. | 19:49 on 27 November 2005 | by suandjana

to ly : sejarah ia enak juga bagi gue. apalagi dicicipi ama gorengan di malam yang dingain nan sepi. eh banyak pengalaman orang yang gue dapetin.he..he..he... sejarah yang baik adalah sejarah dari manusia itu engkali. nukan sajarah binatang.krn enggak ada tuh....

54. | 11:37 on 4 July 2006 | by Encet

Wah mungkin pelajaran sejarah yang akan datang, bisa jadi kita2 yang di omongin sebagai legenda. oleh anak2 yang akan datang.

55. | 13:07 on 9 July 2006 | by Syukra

mungkin dimasa yang akan datang pelajaran sejarah akan menjadilangka dan mungkin punah sehingga kita akan menjadi bangsa kecil bukan bangsa besar, duuuh kacian deh kita!!!!!!