banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » How Brain Works

« Previous post | Next post »


Monday | 4 August 2003
How Brain Works

Tanpa kita sadari, otak sangat banyak berperan bagi tubuh kita. Tidak hanya saat kita berpikir, bicara atau berhitung, tetapi juga mengatur suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung, dan lainnya.

Proses dalam otak sudah berjalan dengan sangat sempurna. Tanpa perlu menekan tombol apapun, aliran electrochemical di antara sel-sel neuron tidak pernah berhenti.

Tetapi ada saatnya kita merasa otak "tidak berfungsi", di mana kita kehilangan pemikiran logis, yang menghasilkan output tak terduga pada pergerakan tubuh kita.

Memang benar, semakin canggih, semakin kompleks suatu alat, semakin banyak faktor yang mempengaruhinya. Bahkan segala proses ajaib dalam otak pun bisa gagal hanya dengan satu emotional factor...

August 4, 2003 10:58 AM
Sudah ada 46 comment (kasih comment?)
1. | 00:21 on 4 August 2003 | by bLub pertama

hah??? ga pecaya.. gue pertama??
apapun postingan lo, ly... gue setuju ajah heuaheuhaeuhae

2. | 00:57 on 4 August 2003 | by sMara

karna otak yg ngga kerja itu jadi angka bunuh diri semakin tinggi

3. | 01:35 on 4 August 2003 | by gre

kok saya nggak paham yah?.. maksudnya apa sih?.. apa karena saya ndak punya otak?.. :D

4. | 03:05 on 4 August 2003 | by hiddenhate

iya .. makanya ..

5. | 03:25 on 4 August 2003 | by mpeb

hmmh .. otak, ya .. *ngangguk"* .. =D

6. | 04:02 on 4 August 2003 | by aprian

Dan pada akhirnya kita ngambil kesimpulan bahwa manusia sebenarnya adalah satu sistem yang sangat kompleks yang terdiri atas berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar subsistem yang bekerja dependen satu dengan yang lain....

tak sadar ya....ternyata kita begitu rumit :)

7. | 04:52 on 4 August 2003 | by alaya

jadi inget, dulu temen gue kalo gak bisa jawab pertanyaan guru di sekolah dia suka bilang,"sorry i left
my brain at home." heuheuheu :)

8. | 04:54 on 4 August 2003 | by ratna

"Rabbit's clever," said Pooh thoughtfully. "Yes," said Piglet. "Rabbit's clever." "And he has a Brain." "Yes," said Piglet, "Rabbit has a Brain." There was a long silence. "I suppose," said Pooh, "that that's why he never understands anything." - A. A. Milne

9. | 04:59 on 4 August 2003 | by ciphie

dasarrr gak punya otak....... haihaiahia..

eh bener gak yah bang, makin gede otaknya makin pinter orgnya...?? trus emang ukuran otak beda2 yah...??

10. | 05:11 on 4 August 2003 | by nasgorkam

Bahkan segala proses ajaib dalam otak pun bisa gagal hanya dengan satu emotional factor...
hiheaihhheuaheu suara hati korbannnn neehhhh ???

11. | 06:22 on 4 August 2003 | by Vee

Kayaknya berhubungan dengan CINTA gitu gak sih? hehehe..

12. | 06:40 on 4 August 2003 | by rhe

wah buat saya yang tipikal emosionalnya tinggi harus byk belajar dari bang erly nih..
kali "emosi ngalahin logika" ya?

13. | 06:51 on 4 August 2003 | by nita

Kalo gue ly.. senengannya makan brain-brain.. alias otak-otak.
Hehehehehe... Uenak tenan lo!

14. | 07:16 on 4 August 2003 | by dion

could u elaborate more on that 'emotional factor'... pls * i could see where u'r heading* :)

15. | 13:45 on 4 August 2003 | by ipan

jadi kesimpulannya adalah: nunggu waktu sore datang sambil nyiram kembang, dan mikir....erly entar posting apalagi ya hari kamis?

:)

16. | 15:36 on 4 August 2003 | by Dissi nih!

Pakabar Paaak....lama tak bersuo....sae??

17. | 18:40 on 4 August 2003 | by thomas

saya mencari tombol kehidupan saya.

18. | 18:49 on 4 August 2003 | by an

wah... satu otak saja sudah sedemikian kompleks.. apalagi yg namanya otak-otak ya... sungguh suatu susunan terstruktur dari ikan tenggiri olahan dengan bumbu kacang. yummi...

uhuhu, maap pak erly... otak saya fan-nya macet... jadi harus didinginin dulu dan gak mikir berat2... :)

19. | 22:16 on 4 August 2003 | by Lhukie

Yak ... anda benar :D

20. | 00:55 on 5 August 2003 | by harris

aahh.. kalo menurut saya pada sebagian orang justru malahan emotional factor yang banyak berperan mengatur tubuh.. hemmhh.. :(

kayak link baru yang satu ini.. hehehehe.. ayo dicoba ly! :D

21. | 01:04 on 5 August 2003 | by daredevil

ooo... jadi begitu ceritanya....
pantes aja akhir2 ini otak gwe rada2 error..... karna terlalu komplex kali ya gwe mikirnya....
huehuehuehue....

22. | 05:07 on 5 August 2003 | by ita

jadi inget film kartun tikus laboraturium; Pinky & the Brain. yg satu jenius, yg satu gila. tapi yg jenius (Brain) sering dikalahkan -secara ga sengaja- sama yg gila (Pinky). Apa itu artinya... lebih pintar org gila drpd org jenius?

anyway, it's jez cartoon movie :P

23. | 05:12 on 5 August 2003 | by ita

(lanjutan)

sekarang ini gue lagi berusaha mengontrol otak gue supaya lebih sering main logika drpd perasaan.
tapi perasaan gue mengatakan... ah, lagi2 main perasaan... :(

24. | 06:13 on 5 August 2003 | by snydez

brain works in a misterious way ;)

25. | 06:42 on 5 August 2003 | by VaNYa

kakak tau ga vanya pindah domain?

26. | 19:35 on 5 August 2003 | by flow

hm, gimana dengan ini? emosi dipengaruhi oleh sugesti. saat lu memusatkan pikiran tentang kesedihan, itu nimbulin sugesti untuk memancarkan energi sedih. jadi, kalo misalnya lu bisa ngendaliin sugesti diri lo sendiri, means MENGUASAI otak elo, mungkin itu bisa ngebantu jalan otak lo dengan sempurna. and life become easier, just because you think its easy.

27. | 21:50 on 5 August 2003 | by mya

Otak sama hati kadang ga kompak.. heheh apaan sih gue. Maap otak lagi ga berfungsi dgn baek :p

28. | 22:45 on 5 August 2003 | by sLesTa

emossiii.. emooossiiii.. kalo dah emosi, apa yang ada di pikiran lewat...

29. | 23:00 on 5 August 2003 | by Low esteem a.k.a Peace

Otak gue sederhanaaa sekali :) Sumpah..
Thanks for visiting my page Ly..love ur entries

30. | 23:12 on 5 August 2003 | by lindie

"emotional factor" haaaaaaaaaaaaa ...... aku tauuuuuuuuuuuuuuu...!!!! *nggg...itu bukan ya* heheheh.....

31. | 23:47 on 5 August 2003 | by erly

to blub: Makasih... makasih blub.. hehehe... toss dulu dooongg..

to smara: Wah kemarin di berita ada bos2 yang bunuh diri, berarti itu otak mereka gak bekerja normal ya? :)

to gre: Gak punya otak, tapi masih punya dengkul kan? :p

to hiddenhate: Iya saya tau memang begitu...

to mpeb: Ya otak.... *geleng-geleng*

to blub: Makasih... makasih blub.. hehehe... toss dulu dooongg..

to smara: Wah kemarin di berita ada bos2 yang bunuh diri, berarti itu otak mereka gak bekerja normal ya? :)

to gre: Gak punya otak, tapi masih punya dengkul kan? :p

to hiddenhate: Iya saya tau memang begitu...

to aprian: Kita sering lupa kalo kita ternyata rumit ya pri? Malah kadang jadi suka meremehkan apa yang kita punya.. :)

to alaya: Hahaha.... itu anak pasti ngeselin deh di sekolahan :p

to ratna: So, what's the use of brain?

to ciphie: Hmmm... ukuran otak kayaknya gak ngaruh tuh... itu otak gajah kan lebih gede dari otak monyet, tapi masih kalah pinter sama monyet, hehehe... eh emang monyet lebih pinter dari gajah?

to nasgorkam: Korban? Korban yang mana nih? hehehe...

32. | 00:00 on 6 August 2003 | by erly

to vee: Cinta? hmm... memangnya kalo cinta kita jadi gak berfungsin otaknya ya vee? :p

to rhe: "Nah... terbukti kan kalo emosi mengalahkan logika banyak ruginya?" Kata Cinta pada Rangga sambil tersenyum... *quoting AADC*

to nita: Maaf ya bu nita, bukannya mau koreksi atau apa nih, sekedar mengingatkan, dalam bahasa inggris itu kalo jamak bukannya diulang katanya tapi ditambah "s". Jadi kalo otak2 bahasa inggrisnya seharusnya adalah: "brains" :)

to dion: Hehehe... curious to elaborate more about emotional facotr? Hmmm... figure out yourself aja deh :p

to ipan: Pan, nyiram kembang enaknya sambil dengerin lagu apa?

to dissi: Hallo juga bu. baik baik aja disini... disitu gimana? :)

to thomas: Mungkin tanpa sadar selama ini thomas tiap hari memencet tombol kehidupannya :)

to an: Hihihi.. an, mungkin buat dinginin otak kamu gak perlu fan, tapi perlu otak-otak...

to lhukie: Yak, situ juga benar....

to harris: Justruitu, emotional factor selalu bisa ngalahin otak ris... btw, link yang mana nih yang musti dicoba? :)

33. | 00:09 on 6 August 2003 | by erly

to daredevil: Eh selain otak yang kompleks, eror juga bisa disebabkan oleh bugs and virus... mungkin kamu kena salah satu dari itu, hihihi...

to ita: Hahaha... itu lucu deh filmnya, tapi gue rada2 lupa... lagi2 otak yang gak beres nih... :p

to snydez: Yet sometimes brain creates mystery....

to vanya: Yup, tapi blm sempat di update... :) sorry...

to flow: Tapi kalo gitu yang susah adalah mengatur sugestinya ya? Soalnya sugesti itu kan lagi2 otak yang harus bisa mengalahkan perasaan? :)

to mya: Biasa, maklum kok kalo habis ujian otak suka gak berfungsi... :p

to slesta: Sabar... sabar... jangan emosi... hehehe

to Low esteem a.k.a Peace: Ah masa sederhana... kayaknya sederhana... tapi rumit lho... atau gak usah dibayangin rumitnya yah... dipikir yang sederhana aja... :)

to lindie: Apa? Hayooo... mikirin apa kamu? hihihi...

*Thanks all for leaving comments here... *

:)

34. | 01:03 on 6 August 2003 | by shanty

untung masih bisa bernafas dan berpikir, walaupun kadang-kadang suka mikir yang gak karu-karuan :P

35. | 07:27 on 6 August 2003 | by indy

apa beda fisiologis komputer yang dinyalain sama yang mati? nggak ada. bedanya cuma satunya njalanin software, satunya enggak.

apa beda fisiologis otak orang yang baru saja mati, sama otaknya beberapa saat yang lalu saat dia hidup? nggak ada. bedanya cuma satunya njalanin a so called nyawa, satunya enggak :)

36. | 11:52 on 6 August 2003 | by Dikiwinky

saat kita merasa otak kita "tidak berfungsi", saat itu pula otak kita sedang bekerja.. **tulalittt** **tulalittt**

37. | 22:05 on 6 August 2003 | by erwin

someone just recently pressed the wrong button

"BYPASS"

then the bomb exploded

38. | 00:23 on 7 August 2003 | by Ren

Gara2 belajar tentang otak di uni, otak sy jd bebal. bener loh :)

39. | 11:25 on 7 August 2003 | by Netta

helloo.. pa kabar ly? .. lg talking bout l-o-v-e neh? :)

40. | 23:05 on 7 August 2003 | by erly

to shanty: Yup, kita memang haru s selalu bersyukur, apapun yang kita punya, walaupun hanya sekedar nafas sehari-hari... :)

to indy: Kalo benar otak dijalanin nyawa, berarti nyawa itu letaknya di kepala dong? Hehehe.. tambah bingung...

to dikiwinky: Hihihi... kita pikir otak gak jalan, padahal kita sedang mikir, yang berarti otak kita jalan :p

to erwin: For that someone, he just pressed the right button :p

to ren: Mungkin perlu ditambah makan otak di resto padang? nyam...

to netta: Hehehe... netta kok nebaknya l-o-v-e sih? kan bisa aja c-i-n-t-a? Eh sama ya? :p

41. | 04:56 on 12 August 2003 | by jessica

kontinuiti dan rutinitas bisa merusak otak juga kan?eh, lebih ke kreativitas sih...ternyata banayk teori jaman kuliah yang udah nggak applicable begitu kerja!

42. | 21:45 on 16 September 2004 | by Strahan Aulia

Great thought, yup mau emotional factor or non emotional factor tentunya mempengaruhi tubuh kita ne...and about brain, tentu saja mereka perlu nutrisi and istyirahat sebentar bukan mati but dipakenya ga terlalu diforsir...keep cool deh he..he...

43. | 13:04 on 9 June 2005 | by 44. | 13:28 on 9 June 2005 | by 45. | 13:43 on 9 June 2005 | by 46. | 20:19 on 9 August 2005 | by