banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Irrational

« Previous post | Next post »


Wednesday | 10 September 2003
Irrational

Bilangan irasional adalah pecahan yang mempunyai angka desimal tak terhingga di belakang di belakang koma dan tak beraturan. Contoh yang sering digunakan "pi" (22/7), yang bila ditulis dengan angka desimal menjadi 3.141592654... dst sampai tak hingga.

Sedangkan pecahan yang dapat ditentukan desimalnya dinamakan bilangan rasional.

Bilangan rasional jumlahnya sangat banyak, saling berurutan dan berdempet-dempet letaknya di dalam garis bilangan. Tetapi di sela-sela bilangan rasional yang berhimpitan itu, banyak pula bilangan irasional.

Georg Cantor pada akhir abad ke-19 menemukan fakta bahwa bilangan irasional justru lebih banyak jumlahnya dibanding bilangan rasional.

...,

Tanpa kita sadari, banyak sekali hal dan pemikiran irasional yang luput dari perhatian kita. Banyaknya pemikiran irasional itu sering mengganggu dan menyebalkan, namun tidak bisa kita singkirkan.

Ternyata sudah menjadi kodratnya bahwa pemikiran irasional eksis untuk menutupi celah-celah pemikiran rasional...

September 10, 2003 10:04 AM
Sudah ada 42 comment (kasih comment?)
1. | 23:09 on 9 September 2003 | by shanty

PERTAMA!!!
balik kucing ni yee... :D *YACCS lageh*

2. | 23:20 on 9 September 2003 | by neenoy

jadi, dengan kembalinya erly pada commeting system lama, apakah itu berarti erly rasional atau irrasional? ;p

3. | 23:27 on 9 September 2003 | by erly

to shanty: Hehehehe... kok balik kucing sih? :)

to neenoy: Gue sih pengennya jadi imajiner aja noy :p

4. | 23:27 on 9 September 2003 | by aprian

Tidak irrasional kalo commenting systemnya mati lagi dan sangat rasional kalo pindah ke doneeh.com aja biar gak sering ngadat kayak gini....huhuhuuh..

pagi bang erly, sehat ?

5. | 23:30 on 9 September 2003 | by erly

Hai pri.... bener, gak irasional kalo mati lagi, hehehe...

6. | 23:46 on 9 September 2003 | by ratna

blog without comment = irasional. so ?

7. | 00:35 on 10 September 2003 | by shanty

balik ke commenting system lama sama kayak balik ke pacar lama :p
daripada balik buaya, kan enakan balik kucing :D

8. | 00:55 on 10 September 2003 | by erwinsundoro

bagaimana suara bajaj nya bermasalah tidak itu di kuping sebelah kanan

9. | 00:56 on 10 September 2003 | by lindie

Menurut saya cukup rasional dan masuk akal apabila saya beri kamu julukan "the math nut" :D dan, daripada para pembaca blog kehilangan kesempatan untuk menyalurkan hasrat mengomentari...(yang pada akhirnya akan membuat mereka menjadi orang-orang yang irrasional) maka kembali ke sistim commenting lama, menurut saya cukup rasional :p heheheheheh....

10. | 01:29 on 10 September 2003 | by dion

ly, umumnya bilangan irrasional adalah hasil pembagian dari bilangan prima, yg kalo mnrt gw bil. egois (bisanya dibagi sama 1 dan bil. itu sendiri).
Jadi adalah irasional untuk menjadi bil prima (baca: egois) hihi..
tapi lebih irasional lagi krn lu pindah ke yaccs...dasar tidak setia dobel :) *peace*

11. | 04:57 on 10 September 2003 | by erly

to ratna: Bukan... bukannya blog without commentsys yang irasional, tapi server commensys yang mati2 melulu itu yang gak irasional :)

to shanty: lebih enak lagi balik badan meluk guling :p

to erwinsundoro: Tidak ada masalah sama sekali pak erwin, soalnya saya sudah biasa tiap pagi terbangun dengan suara bajaj, dan suara bajajnya pak erwin sungguh dinamis memberi perubahan yang berarti buat pagi hari saya, hihihi...

to lindie: math nut maksudnya kacang matematika gitu?

to dion: Bilangan irasional gak cuma dari pembagian bilangan prima, tetapi juga ada yang hasil penarikan akar bilangan kelipatan dua misalnya. Padahal dua itu bilangan paling moderat kayaknya :p

ah ngelantur kemana pula ini? hehehe...

12. | 05:12 on 10 September 2003 | by chrysalic

sekali2 irrasional tidapapa seperti joget di atas meja sambil menyanyi "... mari pulang, mariiilah pulang... "

pis ly, pipiss... :p

13. | 05:22 on 10 September 2003 | by rhe

irrational = irresistable

14. | 05:23 on 10 September 2003 | by meo

hahahaaaa!!!!! cukup rasional!!

15. | 06:06 on 10 September 2003 | by kereta subuh

i will :)

16. | 06:30 on 10 September 2003 | by an

kalo begitu saya sedang menghadapi masalah irasional. pdhal pengennya sih dapet masalah yg rasional saja, biar dapat ditentukan desimalnya. tapi saya rasa emang begitu, ly. justru dr sinilah saya makin mendukung albert einstein. dan mungkin siapa tuh... alexander waslow ? yg bikin reversed order mechanism... irasional menjadi rasional ? huhu, bahkan saya sekarang bikin lagu pake ROM...

17. | 06:44 on 10 September 2003 | by Mata Air Air Mata

Brarti orang yg mikirnya rasional mulu, ada celah di otaknya dong?....hii...wah udah saatnya otakku defrag, biar lagi...Thx udah ngingetin kalo lama gak ndefrag otak :)

18. | 08:37 on 10 September 2003 | by -inex-

begitu yah?? menarik, menarik :D

19. | 09:04 on 10 September 2003 | by finia

irrasional dan rasional kayak complementary donk....filing in for each other; nggak mungkin bakal ada rasional kalo nggak ada irrasional. gitu yah? damn...*scratching my head*

20. | 09:33 on 10 September 2003 | by ipan

hehehe...

*garuk garuk kepala*

maap ya, mas. saya nggak ikut komen. saya ngulang stat. inferen sampe 3 kali. jadi nggak ngerti ini ngomongin apaan.

21. | 12:04 on 10 September 2003 | by sLesTa

yaaayy.. YACCS dah nyalaa.. langsung apdet deh si bung erly!! ah payah.. mentang2 gak ada yang komen gak apdet.. hihiih... *piss.. uh, i mean.. peace yo!*

22. | 12:04 on 10 September 2003 | by sLesTa

yaaayy.. YACCS dah nyalaa.. langsung apdet deh si bung erly!! ah payah.. mentang2 gak ada yang komen gak apdet.. hihiih... *piss.. uh, i mean.. peace yo!*

23. | 13:53 on 10 September 2003 | by mya

Rasional irrasional... katanya sih, saya sering kurang rasional orangnya.. jadi saya irrasional ga ya? Tapi kan katanya lebih banyak yg irrasional daripada radional? Hehehe jadi ga papa ya

24. | 17:26 on 10 September 2003 | by arb3i

YAY! udah balig yah ? yah yah? :D
pa kabarrrrrrrreeeeeee :D

25. | 17:53 on 10 September 2003 | by xinda

wb erly's comment system, hehehe..

gitu ya kodratnya, biar seimbang perlu ada dua2nya ya...ok ok... *lega*

26. | 00:11 on 11 September 2003 | by gre

seperti keputusan bos untuk tidak menaikkan gaji tahun ini.. yang menurut dia adalah tindakan rasional.. sementara bagi kami para buruh adalah sebaliknya... :D

27. | 00:26 on 11 September 2003 | by ciphie

huahhhhhhmmmmmmmmmmmmm.. BWEK

28. | 00:31 on 11 September 2003 | by meeauw

irasional vs rasional, gak ada batesan yg baku kan?

29. | 01:21 on 11 September 2003 | by leon!E

kata gw, gw rasional.
kata orang, gw irasional.
kata orang-orang yang kenal deket sama gw, ke-irasional gw masih bisa dimaklumi
hmm.. kata loe gimana ly ?

30. | 07:52 on 11 September 2003 | by N[a]

wah wah wah..

udah asik2 mengkhayal masa sekolahan dulu [sampe lupa-lupa inget deh garis bilangan itu apa].. buntut2nya ko dibalikin ke realita lagi alias harus 'mikir' juga yah.. :p

31. | 13:22 on 11 September 2003 | by matz

ehm ehm jg, up date link sayah yak pak :D dah di mamatz.org skrg ..

32. | 18:58 on 11 September 2003 | by bLub

uh.. nomer 32. Ga seru ah :(
ly.. kok ga pake nomer2 lg si sekarang? jadi rasanya kurang usaha nih kita2 hiehieh

33. | 00:17 on 12 September 2003 | by enda

terus terang kalo ngebandingin bilangan PAPORIT gue sih BILANGAN IMAJINER yaitu akar dari -1

atau (-1)^1/2

kesannya lebih optimis dan berbau misteri, sesuatu yg perlu kita eksplore.. hehehe..

34. | 01:11 on 12 September 2003 | by w4rnawarni

aduh.... mau bilangan rasional, mau bilangan tidak rasional, yang jelas gue alergi bilangan (angka gitu maksudnya, ganti!).... tapi pengen komen.... udah nagih dari beberapa hari yang lalu nih.. :P

35. | 02:15 on 12 September 2003 | by erly

to chrisalic: Ah situ memang gak rasional, kalo mau joget di atas meja pantesnya nyanyi lagu dangsdut dooongg... biar pada ikut goyang... tarikk maaannggg... :p

to rhe: then rational = resistable? :p

to meo: Huhuhu... yak rasional sekali!

to kereta subuh: Thank you... :)

to an: Kayaknya ROM itu identik dengan rasional ya? Soalnya lawannya RAM (Random Access Memoery) kedengeran tidak rasional :p

to mata air air mata: Makanya sekali2 mikir yg gak irasional biar gak bolong otaknya yah :p

to inex: Gak tau deh, saya juga bingung... Tapi menarik memang... :)

to finia: Iya, sama kayak konsep yin and yang ya :p

to ipan: Eh situ kok ikut2an mbak finia garuk2 kepala sih?

to slesta: hahaha... yg penting yaccs jalan lagi... :p

to mya: Gak papa kok mya, asal jangan kelamaan aja irasionalnya :)

to arb3i: Yoi udah balik, kabarnya baik aja... thanks...

to xinda: Ya, saya juga lega... :)

to gre: Jadi rasional dan irasional bisa berubah hanya karena sudut pandang yang berbeda :)

to ciphie: *tutup hidung*

to meeauw: Kayaknya di mana-mana batas itu semu, yang nyata itu adalah deadline, hihihi...

to leon!e: Kalo gitu tergantung juga sih, seberapa dekat kita? hehehe...

to n[a]: Iya terusin aja ngayal masa sekolahannya, gak perlu mikirin garis bilangan lagi :)

to mamatz: Oke bung matz...

to blub: Nomer? Ah susah deh ngobrol sama orang yang suka masang buntut... ingatnya nomeeerrrr melulu :p

to enda: Enak jadi bilangan imajiner, dia gak ada tempatnya di garis bilangan. Berarti bisa berada di mana aja di dalam ruang :)

to w4rnawarni: Alergi angka? Kalo angkanya tertulis di lembaran2 bergambar warna merah gimana?

36. | 08:33 on 12 September 2003 | by Ika

Kalau masukin sapi kedalam tas irrasional nggak yah??? *mikir* .... jadi.. gmn cara masukin 5 gajah ke vw kodok? ... hehehe.. keukeuh nih!
Met kenal jg erly

37. | 12:03 on 12 September 2003 | by darilangit

hmm..

bener-bener ga rasional gue baru mampir lagi sekarang .. :)

38. | 18:49 on 12 September 2003 | by thomas

mmmm... bilangan prima dimana?

39. | 00:50 on 14 September 2003 | by [bembie]

How I want a drink alcoholic of course, after the heavy lectures involving quantum mechanics. Ya itulah cara menghafal "pi" dalam bahasa Inggris, perhatikan jumlah huruf dalam kata2 tersebut :) 3 1 4 1 5 9 2 6 5 3 5 8 9 7 9.... satu lagi, emang bener kalo dah belajar mekanika quantum mendingan mabok kali yee hehehe

40. | 02:24 on 14 September 2003 | by heri

oh begitu ya......

41. | 19:24 on 14 September 2003 | by Lhukie

Nah ... nah... nah...
kudu balance ...

42. | 03:47 on 15 September 2003 | by erly

to ika: Masukin gajah ke dalam vw kodok sama aja gampangnya, tinggal buka pintunya, masukin gajah2nya... masalah irasionalnya belakangan... :p

to darilangit: Hehehe... ayo kembali rasional lagi dong mas...

to thomas: Bilangan prima itu ada di dalam bilangan rasional, bareng dengan bilangan genap, ganjil, negatif, dll :)

to bembie: Oke, ajak2 nanti kalo mabok bareng ya... hihihi...

to heri: Hmmm... saya juga bingung nih...

to lhukie: Nah nah memang kudu begitu harus neng... :p