banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Kamis kemarin ada acara Kampanye

« Previous post | Next post »


Sunday | 4 August 2002
Kamis kemarin ada acara Kampanye

Kamis kemarin ada acara Kampanye Publik Calon Rektor UI. Acara ini diikuti oleh 7 orang calon rektor. Pada tahap sebelumnya telah dilakukan Fit and Proper Test oleh Senat Akademik UI, dari 14 orang calon rektor. Ketujuh calon rektor yang mengikuti Kampanye Publik ini semuanya orang-orang pintar, yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Dan sekarang mereka diuji atas kesiapan & komitmennya dalam memimpin dan memajukan UI.

Acaranya berlangsung seru, terutama pada sesi tanya jawab panelis maupun dari audience. Gue sempat ketemu dengan teman-teman lama yang ikut dalam tim-tim kampanye, ada Parul, Doel, Dedi dan Bang Freddy Wadek III FH yang dukung Prof. Jimly Asshiddiqie, Akang Roby dan teman-teman PT. Clio dikontrak Prof. Nukman Moeloek dari FK, juga ada Mirna Ars '94 dan cowoknya yang ternyata anak Dr. Usman Chatib. Gue sendiri bareng Ando ikut tim Prof. Budi Susilo dari FT. Calon lainnya yaitu Prof. Djoko Hartanto dari FT, Ibu Harkristuti Harkrisnowo dari FH, dan Prof. Martani Huseini dari FISIP.

...,

It's Politic. Kita memang gak pernah bisa lepas dari politik. Karena yang namanya politik itu bukan hanya dalam pemerintahan negara, politik ada dalam segala bentuk dan tingkatan pemerintahan.

Kenapa kita selalu berkonotasi negatif bila mendengar kata tersebut? Politik sendiri bukan suatu hal yang kotor dan haram. Tetapi politik selalu berhubungan dengan kekuasaan. Dan orang-orang yang gila kekuasaanlah yang melakukan politik dengan kotor, menggunakan cara-cara tidak sportif.

Kekuasaan dan kepemimpinan bila disadari dengan baik justru merupakan suatu beban yang berat. Menjadi seorang pemimpin harus menyadari bahwa makin banyak hal yang harus dikorbankan. Kepentingan pribadi harus diletakkan jauh dibawah kepentingan massa/rakyat yang dipimpinnya. Teori-teori kepemimpinan ideal ini mungkin sudah bosan kita dengar, tetapi sulit sekali melaksanakannya. Karena kekuasaan selalu dapat merubah manusia...

August 4, 2002 1:11 PM
Sudah ada 1 comment (kasih comment?)
1. | 15:09 on 22 November 2004 | by Glen

Siapapun yang ingin masuk ke rimba politik, harus bisa menyiapkan dirinya menjadi munafik tingkat wahid. Karena orang jujur hanya akan menjadi bulan-bulanan politikus yang selalu rakus (layaknya tikus yang selalu mengerat apapun yang ditemuinya).
Kepemimpinan yang diidentikkan dengan amanah sekarang hanya menjadi ilusi dan utopia di siang bolong. Hanya para pemimpi yang masih mengangankannya.
Selama materialisme dan hedonisme menjadi anutan manusia, maka selamanya politik hanya menjadi alat utk kepentingan kekuasaan dan pribadi. Berjuang ikhlas demi kepentingan umum lewat politik? bull shit!!!
Selama moral manusia adalah moral kapitalis & hedonis, maka yang berkuasa adalah rezim penghisap darah rakyat.
"Power tends to corrupt, absolute power tend to corrupt absolutly"
Hanya satu yang bisa menyelamatkan kita saat ini, bila kita siap membersihkan diri dan hati kita dari isme-isme yang hanya menghambakan kepentingan dan egoisme manusia. Hanya orang-orang yang bersih yang mampu untuk membersihkan segala daki yang melingkupi batang tubuh politik kita.
Wassalam.