banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Kibasan Duit

« Previous post | Next post »


Tuesday | 1 June 2004
Kibasan Duit

Tukang buah itu bawa sebakul buah pir. Dengan logat khasnya dia mondar-mandir menawarkan jualannya di peron.

"A'a, neng, teteh ayo atuh silahkeun ini pir-nya seger-seger."

Terus terang buah pir dagangannya memang menggoda mata, gak cukup cuma dilirik sekali. Kuning segar dibungkus rapi dengan jaring-jaring. Ibu muda di sebelah gak tahan godaan itu, akhirnya ia mulai buka tawaran.

"Bang, 2000 tiga yah."
"Aduh belum dapet teh, maap yaa... satunya seribu. Itu udah murah..."

Ibu satu lagi yang disebelahnya ikut kepincut tapi malas menawar.

"Bang saya ambil satu deh buat anak saya," sambil menyodorkan uang seribuan.

Uang itu diterima si penjual. Lalu dia langsung melakukan ritual lama khas pedagang. Seribuan itu dikibas-kibaskan ke seluruh buah dagangannya. Entah maksudnya untuk membersihkan debu sial, atau justru menabur benih untung.

Yang pasti setelah itu, ibu yang berusaha menawar tadi kembali memanggil si penjual.

"Bang saya ambil deh 3000 tiga, pilihin yang bagus ya..."

Si abang pun senyum.

June 1, 2004 11:12 AM
Sudah ada 37 comment (kasih comment?)
1. | 12:10 on 1 June 2004 | by gwe

dalam hati si abang .."emang kagak salah dah bacaan mantra yg diajarin Mbah XYZ.."===eh, tukang buahnya org sunda nya...wah terjemahin ndiri deh....====

2. | 12:19 on 1 June 2004 | by an

ooo, ini pasti pelanggan majalah misteri nih abangnya. pasti pake PENGLARIS KIBASAN MAUT SUHU CHENG HONG !! gyahaha :D

3. | 12:21 on 1 June 2004 | by shanty

ritual orang jualan tuh, maksudnya: laris manis, tanjung kimpul

eh, yang jual tomat masih ada gak?

4. | 12:39 on 1 June 2004 | by atta

laris manis tanjung kimpul; buah abis duit ngumpul :D *yg jualan tomat udah gak ada shan, yg ada jualan mangga*

5. | 15:04 on 1 June 2004 | by dhank Ari

buat gue, mimpi itu lebih berarti keinginan, bukan pertanda. Kalaupun memang ada yang kebetulan bisa memiliki pertanda dalam mimpinya, itu adalah bakat yang diberi Tuhan. Jadi sudah mengibas duit hari ini? hm...

6. | 15:46 on 1 June 2004 | by okta

dikibas-kibas buat ngecek duitnya asli apa palsu, kalo nolnya rontok satu duit seribu jadi cepe'an. *Apa sih* ;,

7. | 16:59 on 1 June 2004 | by nita

hehe, gue pikir endingnya bakal harga buahnya turun jadi 500 perak/buah gara2 ngga ada yang beli :)
Salah ni yee...

8. | 17:38 on 1 June 2004 | by eyi

huhu, kl gue ngeliat si abang ngibas2in duit ke buahnya, justru kaga pengen beli....! :)

9. | 17:39 on 1 June 2004 | by shanty

udah musim mangga lagi ya tta? asik...bentar lagi dikirimin manalagi deh *slruuup*

10. | 18:01 on 1 June 2004 | by diKi

rezeki ada di mantra laris manis tanjung kimpulnya uang ribuan itu? atau rezeki dibuka oleh ibu-ibu penglaris si pembeli pertama? ah semoga si tukang pir inget kalo rezeki itu datengnya dari yg di atas...

11. | 18:48 on 1 June 2004 | by dion

Hayo mengapa yang dikibas adalah duit kertas...dan bukan duit logam?

12. | 19:39 on 1 June 2004 | by luthfie

coba jualan duren, nggak berani dia kibas2in...

13. | 21:31 on 1 June 2004 | by lindie

sebenernya emang ibu itu pengen beli tapi nawar dulu biar bisa dapet banyak, meski ga berhasil nawar tetep beli kan? ;p "women"

14. | 22:34 on 1 June 2004 | by bLub

ah.. si ibunya kurang usaha..
masak baru sebentar langsung ngalah..
yang namanya nawar mah musti keukeuh!!!

:D

15. | 22:49 on 1 June 2004 | by -inex-

wah iyah tuh kibas2 gitu banyak yang begitu.. emang kebiasaan yah? kadang kalo beli baju juga bisa begitu o.O.. ngepek ta? :D kalo gw kibas2 uang gw ke barang2 gw... doku di dompet nambah gaQ yah ;D

16. | 23:28 on 1 June 2004 | by enda

ooo pantes waktu kecil dulu ibu2x biasanya suka nakut2xin anaknya gini:


"Awas dikibas duit lo nanti!"


Hehe

17. | 00:50 on 2 June 2004 | by ipan

bang! jangan senyum-senyum aja! mana buahnya?

18. | 09:42 on 2 June 2004 | by erly

to gwe: Tukang buahnya emang orang sunda, tapi kalo ngomong dalam hati dia pake bahasa inggris :p

to an: Aduh an itu suhu ceng hong siapa ya? Jangan2 kamu ih yang ngajari tukang buah baca mantra :p

to shanty & atta: Yang jual mangga udah gak ada, dia ganti jualan poster AFI lebih laku :p

to dhank ari: Belum ngibas tuh, kalo dikibas duit udah :)

to okta: Eh situ sering ya nambahin nol nya duit kertas? :p

to nita: Bisa sih turun sampe 500, tapi itu kalo udah sore, jadi ceritanya tambah panjang dan yang nawar juga banyak, hehehe...

to eyi: Hahaha... berarti mantranya kurang jitu nih :)

to shanty: Emang atta jualan mangga sekarang ya?

19. | 09:49 on 2 June 2004 | by erly

to diki: Amiiinn... mudah2an rejeki si tukang buah ngalir terus yah :)

to dion: Bung dion, kalo pakai uang logam namanya bukan dikibas, tapi nimpuk! :p

to luthfie: Nah ini mungkin kalo jual duren dielus2nya pakai uang logam :)

to lindie: Iya dasar ibu2, nanti kalo udah dapet nawar juga pasti nyesel kenapa gak nawar lebih rendah lagi :)

to blub: Nawar itu musti kejam! hehehe...

to inex: Hehehe... cobain aja ke dompet, siapa tau nambah isinya :)

to enda: Wah sering dikibas duit? Pantesan enda laku berat :)

to ipan: Ya sabar dooongg.. senyum kan bonus dari saya :)

20. | 12:09 on 2 June 2004 | by zenit

Aaahhh si Ibu ngidam tuuh.... masa' nyerah sih mau bayar segitu...
Takut anaknya lahir ngeces mulu...hwahahaha

21. | 12:23 on 2 June 2004 | by Lacsar

Big money goes around the world
Big money take a cruise
Big money leave a mighty wake
Big money leave a bruise
Big money make a million dreams
Big money spin big deals
Big money make a mighty head
Big money spin big wheels

Sometimes building ivory towers
Sometimes knocking castles down
Sometimes building you a stairway -
Lock you underground
It's that old-time religion
it's the kingdom they would rule
It's the fool on television
Getting paid to play the fool

Big money goes around the world
Big money give and take
Big money done a power of good
Big money make mistakes
Big money got a heavy hand
Big money take control
Big money got a mean streak
Big money got no soul...

*** Rush - The Big Money ***

22. | 12:51 on 2 June 2004 | by balq

kata orang.. Kalo belon penglaris gak bole di utang ya er.. bener gak sih.? hehehe

btw, grayarea di jual gak..? brape duit pas-nye..? :P

23. | 14:36 on 2 June 2004 | by Ranukama

*lagi ngibasin duit juga, biar dagangan batiknya laku* hehe...

24. | 15:43 on 2 June 2004 | by t.w.

'bang, besok bawa pir yg ijo-nya yaa, bang..' :p

25. | 20:19 on 2 June 2004 | by ita

bang, jualan duit gak? :P

26. | 21:54 on 2 June 2004 | by q2

itu buat ngusir setan tau.. bukan penglaris.. *makin klenik ajah*..
baydewei.. tulisan gue yang kemaren bukan tentang lahan gambut.. tapi ada yang lain di rawa.. kenapa Ly?

27. | 06:30 on 3 June 2004 | by beranda

waktu saya punya bayi, ketika ada yg ngasih ang pao, dgn santainya saya kibas2 in ke anak saya. eh dapet dut banyak juga lho hahaha

28. | 06:31 on 3 June 2004 | by beranda

eh kok dut, kurang i, maksudnya duit. *ralat*

29. | 12:48 on 3 June 2004 | by snydez

padahal tu duit khan mengandung kuma kuman penyakit **inget iklan antis :D

30. | 21:00 on 3 June 2004 | by Andy

panglarisssssssssss.... ;)

31. | 18:04 on 4 June 2004 | by sa

kibasan duit.. klo bayarnya pake duit logam gimana, ly ? dikibas juga ga ? hehehe...
eh, makasih ya udah mampir di blogku. met wiken, ly

32. | 19:45 on 4 June 2004 | by fantaorenz

tiap hari blog gw dikibasin pake duit 100rebuan kok ga laku-laku yaah :(( nasiiiibbb...

33. | 09:29 on 5 June 2004 | by siwoer

Wah ly kemarin aku beli buah di Supermarket, mbak yang jaga ngibasin kartu kredit ke 'buahnya'? :P

34. | 15:24 on 5 June 2004 | by Heri

Kenapa dikibasin? Soalnya kalo dibuang, ya, sama aja nggak jualan dong.. Atau kalo dibalik, uangnya ditaro, terus barangnya yang digeleng-gelengin di atasnya... Bisa remuk tuh jualan...

35. | 11:04 on 7 June 2004 | by linda

maksudnya ngibasin duit di dagangan itu biar laris manis tanjung kimpul ly

36. | 13:36 on 9 June 2004 | by ridwan

ho ho ho... kayaknya ni jurus maut orang jualan, biar jualannya lari manis.. tau kepercayaan dari mana.

37. | 03:23 on 18 July 2004 | by deep blue

kalo ane pas disitu, ikutan kibas-kibas ampe pegal, manatau kibas seribu hasilnya sejuta.