banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Kreatif

« Previous post | Next post »


Wednesday | 16 June 2004
Kreatif

Kreativitas adalah ide-ide yang menakjubkan. Sebuah kebebasan. Ide kreatif biasanya justru lahir dari keterbatasan, suatu kondisi yang memiliki banyak boundaries.

Bila suatu pemikiran diberi banyak ruang yang lega, memang akan lahir banyak sekali ide baru. Mengalir lancar seperti arus air terjun. Air yang jatuh dari tebing itu adalah analogi sebuah pemikiran yang telah diberi jalur dan pintu lebar.

Tetapi ide kreatif perlu lebih dari sekedar bukaan lebar. Sebaliknya justru batasanlah yang akan memicu suatu ide. Bagaimana bisa tetap mengalir dalam ruang yang sempit, keluar dari kotak.

Kriminalitas juga lahir dari keterbatasan. Boundaries. Mereka berpikir di luar kerangka pikir kita. Maling jarang pakai pintu, mereka lebih suka jendela. Preman punya keterbatasan kata-kata, mereka memilih bicara dengan tinju dan golok.

Sama-sama lahir dari sebuah ruang sempit. Hanya cara keluarnya berbeda. Kreativitas memilih jalan berkelit dan mencari celah, sedangkan kriminalitas merusak batas-batas tersebut.

June 16, 2004 11:10 AM
Sudah ada 41 comment (kasih comment?)
1. | 11:45 on 16 June 2004 | by shanty

kalo kata tan peng liang, akal dan okol itu harus seimbang

2. | 12:42 on 16 June 2004 | by bryan

okol iki opo toh, mbak shanty? :o :o

maklum, halak hita..

bang erl, gw bahas malingnya aja ya? :P Maling kenapa ya nekad lompatin tembok? Kan bisa pake tangga. Keren jg tuh, pasti tenaganya (atau nyali?) gede.

Oh, jangan2 okol = tenaga? Hihih.

3. | 12:50 on 16 June 2004 | by bhima

iya, maka dari itu sebuah ide yang bagus harganya sangat mahal...berner gak...Les Bleus...:P

4. | 13:00 on 16 June 2004 | by leon!E

Ikut ajang kreatif yuk, JBF Senayan, 20 Jun 2004.
Mungkin Erly bisa kreatif ikut mendongeng ketimbang menulis terus ? :)

5. | 13:44 on 16 June 2004 | by shanty

nah... mas bryan udah ngeh tuh ;)

6. | 14:23 on 16 June 2004 | by eyi

hihihihi.. kamu kreatif deh. bisa menyambungkan kreativitas dan kriminalitas :)

7. | 14:25 on 16 June 2004 | by GReTaN

biasanya org yang kepepet malah jadi kreatif tuh!!kayak kasus kriminalitas, orang2 yg kepepet gak punya duit khan...jadilah otaknya mikir 1000 cara bad dpt duit!!yah gak??:)

8. | 14:39 on 16 June 2004 | by roi

jadi inget omongannya Bruce Lee...
jadikan keterbatasan sebagai keleluasaan
dan keleluasaan sebegai keterbatasan

9. | 14:52 on 16 June 2004 | by erly

to shanty: Betul, kebanyakan pakai akal juga bisa stress, susah yari tukang pijitnya :p

to bryan: Itu dia, namanya juga maling, kreatif, gak mau lewat pintu lebih suka lewat jendela, gak mau lewat pagar lebih suka manjat tembok :)

to bhima: Kalau gitu harus ada patokan harga untuk ide yah :)

to leon!e: Aduh gue kalo disuruh dongeng nanti anak2nya malah pada tidur gak ada yang denger :p

to shanty lagi: Bryan kok dipanggil mas? Lae!

to eyi: Hihihi... in gara2 sering liat berita kriminal di tivi :p

to gretan: Betul! Sebenarnya disini banyak orang yang kepepet, jadi kelewat kreatif :p

10. | 14:57 on 16 June 2004 | by erly

to roi: Yup! That's the good quote from mr. Lee :) Waaatttaaaa!

11. | 15:46 on 16 June 2004 | by balq

maling kalo ngga kreatip gak bisa makan dia er.. hehehe..

12. | 16:02 on 16 June 2004 | by enda

Tuhan jauhkan aku dari para kriminil yang kreatif..

13. | 18:14 on 16 June 2004 | by zenit

kLo ga' kreatif ntar ketangkep polisiii..... :P

14. | 22:34 on 16 June 2004 | by neenoy

*lirik-lirik komen mana yang bisa diembat* ... soalnya gak bisa kasih komen yang kreatif sih :p

15. | 01:12 on 17 June 2004 | by -inex-

hooo :D begitu :D.. gimana yah.. balance bekerja donk yah ^^...

16. | 03:19 on 17 June 2004 | by adhitya

ngomong2...baru melakukan tindak kriminal di mana er? Dsenegr2 ada *preman margonda* bengep ama anak s2 ya? :):):)

17. | 07:57 on 17 June 2004 | by fahmi

sayang, beberapa ide kreatif nggak bisa dikerjakan gara2 nabrak kepentingan/hak asasi orang laen ...hehehe :p

18. | 08:35 on 17 June 2004 | by nita

kalo kreatif lahir dari keterbatasan... hmm, pantesan gue ngga kreatif :P

19. | 10:06 on 17 June 2004 | by erly

to balq: Ya itu dia, makanya kita juga gak boleh kalah kreatif sama maling :p

to enda: Amiiieeennn... *bukan kampanye lho*

to zenit: Kadang memang polisi kalah kreatif kok dibanding maling :p

to neenoy: Hehehe.. ini pasti gara2 kebanyakan main balon :p

to inex: Iya, musti balance, terlalu kreatif juga suka salah :p

to adhitya: Lha yang gue denger malah di abidjan ada percobaan kudeta yang leadernya anak tek. sipil Univ. Negeri Bdg? hihihi..

to fahmi: Kebabasan memang gak ada yang benar2 bebas, karena selalu ada batasan yaitu kebebasan orang lain :)

to nita: Cieee... gimana gak kreatif gitu lho? Kemarin dapet penghargaan teaternya manggung di bkk gitu lhooo? :)

20. | 12:27 on 17 June 2004 | by YNa

tapi gimana sama yg orang yg blank, ga nemu ide kreatif, pdhl udah deadline :D

21. | 17:42 on 17 June 2004 | by dion

seperti saran Bu Latief :
Pandai-pandailah berkreatif
wahai dikau Erly yang aktif
jangan sampai menjadi seorang "thief"

hehehe

22. | 22:47 on 17 June 2004 | by quenny

hmmm...klo dipikir2 yang paling kreatif adalah kriminal...
kriminal intelektual. gmn klo lomba kreatifitas antar kriminal???

23. | 09:33 on 18 June 2004 | by randi

kriminal = kalo udah dihukum masih bisa kaburr baru namanya kreatif. hehehe.

24. | 10:36 on 18 June 2004 | by luthfie

Klo nyontek, masuk kreativitas atau kriminalitas ya? :)

25. | 12:26 on 18 June 2004 | by Ranukama

Berarti aku harus dikasih boundaries yang banyak nih..hihi2...biar kreatiip !!!

26. | 13:39 on 18 June 2004 | by Imponk

pernah liat pencopet latihan ngambil dompet belom? duuuh, kreatif banget :D
latihannya menggunakan kacang ijo, dimasukin ke dalam gelas, trus jari-jemari si copet tadi mengambilnya dengan cepat, hampir gak kelihatan pletikan kacang ijo tadi..
waah, kreatif banget... ato kereatif gitu...

27. | 17:19 on 18 June 2004 | by linda

gimana caranya biar bisa kreatif ;)

28. | 17:29 on 18 June 2004 | by ciphie

besookk ketemmuuu yuukkkkkkk... yuukkk katanya kangeenn.. hehehehehhe

29. | 18:12 on 18 June 2004 | by matz

creative .. act different, think different :D

30. | 18:47 on 19 June 2004 | by t.w.

wadooh.. mo ngisi komen apa lagi yak ?! *garuk-garuk kepala*
...aaah, gak kreatip loe wi !! :p

31. | 22:14 on 19 June 2004 | by fantaorenz

kriminal yg kreatif bakal mengerikanb bgt dunk :((

32. | 21:24 on 20 June 2004 | by ninit

kreatif itu nama tengahnya erly, bukan begitu bukan ? ;)

33. | 15:57 on 21 June 2004 | by alia

Indonesia terkenal sebagai bangsa yang kreatif.. kreatif ngebajak, kreatif niruin, kreatif korupsi, kreatif sembunyi, kreatif berkelit, kreatif lempar batu sembunyi tangan, kreatif berkhayal (tanpa berbuat), kreatif berkata (tanpa berbuat juga...), kreatif... kreatiplah pokoknya!
=)

34. | 16:28 on 21 June 2004 | by snydez

tapi para kriminal itu kratif lho... :)

35. | 19:05 on 21 June 2004 | by bLub gada blog

aku jadi kehilangan daya kreasi ku sejak blog kuw matek :(

36. | 10:51 on 24 June 2004 | by erly

to yna: Blank kan cuma mentok sebentar, nanti juga pasti bisa nemu jalan keluarnya, karena batasannya si deadline itu :)

to dion: Huahahaha... Bu Latief itu siapa bung dion? :D

to queeny: Gawat kalo ada lomba kreativitas antar kriminal, nanti siapa yang mau jadi objeknya? :p

to randi: Hehehe... nyatanya emang gitu, udah ditangkap walopun gak langsung kabur tapi setelah dilepas balik "kreatif: lagi :p

to ranukama: Ayo coba pilih2 mau pake boundaries apa? :)

to imponk: Liat di mana tuh? Hehehe... bisa aja mereka latihannya, pantesan jadi makin jago :p

to linda: Kata orang sih coba mikir di luar kotak :)

to ciphie: Yaaa.. situ bilangnya lewat sini.. jadi kelewat deh ketemuannya :) Padahal gue ke senayan sabtu kemarin lho :)

to matz: Yup, jangan takut utk beda ya :)

to fantaorenz: Makanya pak polisi musti lebih kreatif dong :)

to ninit: Eh saya gak punya nama tengah atuh :p

to alia: Hahaha... kalo itu sih bukan kreatif, tapi inisiatif :p

to snydez: Yah memang begitu, kretif di jalur mereka :)

to blub: Aduuu jangan sedih gitu doongg... :) Ayo nanti bikin lagi yang baru :)

37. | 12:23 on 25 June 2004 | by wulan

kalo kata Einstein, "How will you solve a problem withing the boundary that the problem itself arise?". Creativity indeed.

38. | 10:26 on 22 October 2004 | by greedy

kalo mau kreatif to bingung juga ya...bagaimana kalo menciptakan ruang yang memacu kreativitas ...gimana??? cepet kirim kesini ok!

39. | 18:24 on 21 March 2005 | by zaka

ide itu...gimana kita bisa melompat dari pijakan tanah yang lembut dan menjebak

40. | 18:25 on 21 March 2005 | by zaka_anak sma assalaam

berputar di dalam ubun2!!

41. | 02:46 on 29 March 2005 | by gunawan

kreatifitas akan lahir ketika seseorang berfikir, dan seorang manusia akan berfikir dengan serius ketika ia menghadapi masalah. jadi orang yang sering menghadapi masalah akan mengembangkan kreatifitasnya untuk menhindari masalah