banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Lantai Keramik

« Previous post | Next post »


Monday | 20 October 2003
Lantai Keramik

Iklim tropik yang lembab di sini kadang menimbulkan fenomena yang unik. Salah satunya, lantai keramik di rumah atau kantor yang bisa meledak. Terutama di musim kemarau, udara yang terperangkap di bawah keramik memuai dan mendorong keramik hingga pecah.

Rumah gue juga pernah kejadian itu, kebetulan lantai yang pecah itu di kamar pembantu. Si pembantu kaget dan jejeritan karena dia pikir ada genderuwo nongol dari dalam tanah.

Lucunya, produsen keramik itu ternyata sangat kreatif dan produktif. Saking produktifnya, mereka selalu mengeluarkan model terbaru dalam jangka waktu yang berdekatan.

Jadi kalau kita ingin mencari keramik untuk mengganti yang rusak, susah sekali menemukan model yang sama. Bahkan di toko yang sama pun gak ketemu. Pasti ada yang berubah sedikit, mungkin teksturnya atau warnanya.

Terpaksa dipakai apa adanya. Walhasil, lantai keramik di rumah pun jadi belang-belang, ada yang warna putih, tapi di sampingnya warna putih ke-abu-abu-an, sebelahnya kirinya putih agak krem, yang sebelah kanan bergaris-garis halus.

...,

Jadi ingat, dulu tahun 70-an pernah nge-trend ubin teraso. Rasanya lebih adem, dingin seperti marmer. Tapi sekarang sudah gak ada lagi...

October 20, 2003 10:35 AM
Sudah ada 40 comment (kasih comment?)
1. | 00:50 on 20 October 2003 | by nita

Pak Erly, mungkin campuran adukan semennya dulu kurang sip .. jadi meledak :) *kataaanyyaaa*

Aduh, kasian itu si bibi.. sangkain ada genderuwo yaa..

2. | 00:59 on 20 October 2003 | by gre

rumah orang tua saya masih make teraso.. makanya saya kalo pulang suka minta dibuatin sambel terasi..

he.. he..

3. | 01:43 on 20 October 2003 | by neenoy

iya, emang tuh susah nyari keramik yg persis sama dg yg lama. lain kali, kalo bikin rumah, atau masang lantai keramik, sebaiknya nyetok, ya sekitar satu lusin. supaya gak belang-belang nanti ;)

4. | 02:30 on 20 October 2003 | by Lacsar

Shapes and forms
Against the norms -
Against the run of the mill
Swimming against the stream
Life in two dimensions
Is a mass production scheme

*** Grand Design-Rush ***

hehehe ga nemuin lirik yg nyambung sama ubin taraso adem...

5. | 03:30 on 20 October 2003 | by shanty

marmer adem :P

6. | 04:38 on 20 October 2003 | by chrysalic

hoi uda erly!
kalau suka teraso di Benhil paling enak itu : BAKSO TERASO dan RUJAK MUARO BUNGO... jangan lupak pakek caos botolan yak! =P

7. | 05:33 on 20 October 2003 | by ciphie

aduhh.. ganti propesi jd tukang bahan bangunan...
TB. H Erly Bahsan... haihaihaia

8. | 06:04 on 20 October 2003 | by si aip

itu semennya kurangadem.. jadi gendruwonya bersarang disana... setidaknya hasil dari googling sebabnya begitu

9. | 06:12 on 20 October 2003 | by bryan

jadi inget rumah gw dulu... gw suka tidur siang di atas ubin teraso.. klo udah gini, punya pacar cantik juga lupa... :D

10. | 06:12 on 20 October 2003 | by alaya

eh pernah kejadian tuh di rumah gue juga.

di bali mah terrazzo lagi trend lagi! resort2 pada pake! warnanya juga macem2. keren bgt deh...
makanya kesini deh :)

11. | 08:06 on 20 October 2003 | by ipan

mungkin lantai keramiknya perlu dikasih sambel botolan biar lebih kuat.

12. | 08:42 on 20 October 2003 | by ratna

"Duar"... dan meledaklah lantai keramik di rumahku.

13. | 11:14 on 20 October 2003 | by adesasha

Wahahaha, disangka ada genderuwo nongol! *ngakak*. Bryan pula! Pacar cantik mpe lupa gara2 teraso. Hihihi. Duh sakit perut! Gara2 kalian pada kocak atau gara2 saus botolan ya? *mikir*

14. | 11:30 on 20 October 2003 | by adhitya

er kok tulisannya makin kecil aja sih?

15. | 13:57 on 20 October 2003 | by -inex-

wahhh di rumah pernah tuh lantainya jadi naek gitu.. bingung juga... sampe serem sendiri *kalo rubuh gimana* hehehe... ^-^;;

tapi ahirnya diganti deh lantainya...

16. | 17:52 on 20 October 2003 | by Brandy

rumah saya lantainya make kayu :D

17. | 18:05 on 20 October 2003 | by pipit

hekhekhek, di kelas gue juga pernah kejadian tuh...lagi tengah2 kuliah tau2 keramiknya 'meledak'...sayang kuliahnya ga dibubarin :D

18. | 20:56 on 20 October 2003 | by sLesTa

hah? yang bener lo bisa meledak? baru denger tuh gue... dan iyah setuju banget.. mereka kok pada kreatip yah ganti2 style mulu.. di rumah gue juga gitu tuh..

19. | 23:46 on 20 October 2003 | by TERORIS

SAUDARA ERLY

TERIMA KASIH TELAH MEMBERIKAN KAMI IDE BARU DALAM MELAKUKAN AKSI TEROR

AKHIR2X INI KRN BAHAN PELEDAK KONVENSIONAL SUSAH DITEMUKAN DAN DITANGANI MAKA KAMI AGAK KEBINGUNGAN

TAPI SETELAH MEMBACA BLOG SAUDARA, KAMI MENDAPAT IDE BARU.

DALAM AKSI TEROR BERIKUTNYA KAMI AKAN BAWA-BAWA LANTAI KERAMIK DAN KOMPOR

NANTI KAMI PANASIN ITU LANTAI KERAMIK SAMPAI MELEDAK.

BISA KAN YA? KATA ANDA BISA LO

ANYWAY THANKS AND PEACE!

20. | 01:41 on 21 October 2003 | by pongki

huehauhauhauehuahua....lucu sekali si pembantuu..heauheu..genderuwo nongoll..hihi..*beneran d..lucu bangett..ketawa beneran nii* :D

21. | 03:52 on 21 October 2003 | by erly

to nita: Iya, mungkin campuran semen dan airnya perlu diaduk lebih lama lagi ya bu? :) Atau musti dikurangin semennya? :p

to gre: Ubin teraso kan bikin adem... tapi kalo sambel terasi bikin panas perut tuh... hehehe....

to neenoy: Hehehe... mendingan simpan stok yah? Jadi nanti kalo gak jadi dipake bisa dijualin lagi, dengan harga lebih tinggi karena udah langka.... *otak dagang*

to lacsar: Soalnya rumah nya si RUSH itu pasti ubinnya gak pake teraso :p

to shanty: Tapi marmer mahal...

to chrysalic: Wah wah wah... situ emang paling hebat deh soal referensi jajanan, mau sambel botol sampe teraso juga tau yah :p hihihi...

to ciphie: Iya, saya melayani panggilan... :p Mau panggil saya?

to aip: Ternyata genderuwo suka yah ngetem di tempat yang semennya kurang adem? Kalo gitu buat mencegahnya kita siramin aja lantainya tiap hari biar adem :)

to bryan: Ah si lae ini emang sesat... masa ubin teraso lebih memuaskan dariapada pacar cantik? :p

to alaya: Oh ya? Nongol lagi ya itu ubin teraso? Lebih keren tuh dibanding keramik, dan yang pasti adem... terus gak pake meledak2 :)


22. | 04:11 on 21 October 2003 | by erly

to ipan: Waduh lantainya jadi pedes dong bang kalo di kasih saus... nanti kakinya jadi panas... :p

to ratna: Dipegang erat-erat gak?

to adesasha: Awas hati-hati kalo ngakak nanti kepeleset lagi... itu lantainya masih licin tuh... :p Kalo si bryan mah memang saya gak ngerti...

to adhitya: Hayo... itu berarti harus ganti kacamata lagi... hehehe...

to inex: Memang serem, soalnya bahaya kalo meledak tiba2 kan bisa kena yang di rumah... :) Tapi gak bakal rubuh kok.... paling goyang2 dikit... :p

to brandy: Wow cool.... gue paling suka liat rumah yang lantainya kayu... :) Tapi ngerawatnya susah gak?

to pipit: Wah itu ruang kuliahnya memang kurang sesajen kali... hehehe...

to slesta: Eh beneran itu.... Terutama kalo musim panas... elo liat deh kali aja ada rumah2 yang lantai keramiknya belang2, biasanya itu karena keramiknya pecah, terus gak dapat gantinya yang sama... :P

to teroris: Saya sama sekali tidak bertanggung jawab atas segala kelakuan anda, apapun yang akan anda perbuat saya tidak kenal anda... eh anda kenal anda nasution?

to pongki: Awas ketawanya jangan sampai nyaingin genderuwo... :p

*peace*

23. | 04:52 on 21 October 2003 | by hiddenhate

bhineka tunggal ika jaka sambung bawa golok
ubin berbeda beda bikin kliatan jadi ga nyambung goblok
huahahahaha

24. | 04:59 on 21 October 2003 | by Grey cells

berkujung ke blok erly dan baca komen2 disini serasa berada di sekumpulan teman2 dekat yang lagi duduk2 di ubin teraso sambil makan bakso pake sambel botolan :)

25. | 07:43 on 21 October 2003 | by snydez

udah gitu sekali naek.. bisa naek satu deretan..jadi mau gak mau.. mesti diganti semua..

tapi erl. kalo gak pecah .. masih bisa di akalin.. loe mesti pake gergaji mesin.. buat ngebelah semen yang nempel di keramik itu.. jadi gak perlu di ganti.. tinggal di lobangin (di gergaji)... sepanjang yang terangkat ..beres deh..nutup lagi :)

26. | 10:13 on 21 October 2003 | by pipit

ngomong2, ubin teraso itu dibuat dari apa ya?

27. | 15:07 on 21 October 2003 | by an

aduh tahun 70-an akhir saya baru lahir jd gak tau trennya apa waktu itu... huhuhu :P. tapi kayanya lantai keramik ini satu tren jugak, mungkin biar gak kalah dengan fashion krn mereka adalah bahan2 kebutuhan pokok atau dalam pelajaran ekonomi *ikut2an enda* disebut kebutuhan primer, yaitu sandang, pangan dan papan. sandang itu fashion, pangan sudah dibahas kemaren yaitu saus botolan ya, dan papan adalah lantai keramik.

aduh sudara erly sungguh terstruktur ya pemetaan postingnya, bagaikan mazhab ekonomik kagum deh saya. pasti besok tentang kebutuhan sekunder... hehhe :P

28. | 18:26 on 21 October 2003 | by Brandy

kayu? iya susah bgt :( gak juga sih hmm...gak boleh di pel,kalo di pel aernya jgn terlalu byk en jgn ditambain apa2, trus kalo winter dingin ekekekek :D tp ya disini alternatifnya kalo gak kayu ya karpet, tp menurut gw kalo make karpet buat ruang tamu jd cepet kotor en bersihin debunya jg 2 kali lipat dr kayu :) kalo kayunya barusan dipasang tuh selama 2 minggu pertama gak boleh di pel hihih...trus beli kayunya jangan pas sama tembok krn itu kayu masih bisa berkembang



ahahahahaha jadi serasa tukang kayu gue hauehaeuh :D :P

29. | 23:36 on 21 October 2003 | by meo

gue pernah di kampus lagi ngegambar duduk di lantai tau2 lantainya meledak... nggak lucu banget...

30. | 00:32 on 22 October 2003 | by ciphie

iqbal : ihhhh jayuss nehh..... hehehehehhehehehe

erly : saya panggil namamu deh bang.. hehehhe ;)

31. | 02:11 on 22 October 2003 | by erly

to hiddenhate: Kerudung merah bawa kedondong... mau gak nyambung terserah gue dong!

hehehe... peace ah... :p

to grey cells: Sambil duduk-duduk berbalas pantun pula... hehehe... Thanks for coming here, silakan ambil sendiri saus botolannya :)

to snydez: Tapi bang, seringnya itu keramik pecah lempengannya... jadi memang udah gak bisa dipakai lagi... kecuali kalo memang niat mau bergaya eksentrik, pecahan2 itu disambungin satu-per-satu pake lem baru di pasang lagi di lantai :p

to pipit: Mmm... kalo terasi kan dibuat dari "ebi", pasti teraso terbuat dari "ebo"! :p

to an: Yang termasuk kebutuhansekunder itu apa aja ya? Susah sih... kebutuhan sekunder jaman dulu udah berubah jadi kebutuhan primer sekarang. Dan kebutuhan tersier juga naik jadi kebutuhan sekunder... Intinya, manusia makin lama kebutuhannya makin banyak yah :p

to brandy: Wah makasih informasi dan sharing pengalaman tentang rumah kayunya. Tapi sekarang ada tuh yang lebih simple buat lantai kayu. Jadi bentuknya lempenan kecil-kecil kayak lempengan keramik, kalo dulu kan lantainya dari kayu papan yang panjang-panjang...

Atau ada yang lebih gampang lagi: Keramik dengan motif kayu! hahaha...

:p

to meo: Ada genderuwonya gak? :p

32. | 05:03 on 22 October 2003 | by balq

coba cari ditoko kramik percetakan negara.. pasti ketemu. klo warnanya beda2 dikit brarti ngepelnya kurang bersih kali.. :D. *peace atuh er..*

33. | 06:39 on 22 October 2003 | by ita

pake keramix dari batu menhir yg dibikn sama obelix dijamin kuat deh ga bakal meledax :P

anyway slamat menjalankan ibadah puasa. kalo ade sale2 kate maapin aje :) lumayan irit uang makan siang *setuju sama erly*

34. | 10:11 on 22 October 2003 | by Lhukie

back to basic aja ...lantai tanah ... gimana ? :D
mayan ... ga usah cape2x ngepel :D

35. | 14:38 on 30 May 2004 | by Whee-Bhee

pake granit aja lebih baik dari segi estetikanya

36. | 14:41 on 30 May 2004 | by Whee-Bhee

jangan banyak ngomong loe

37. | 03:12 on 22 November 2004 | by MV

Katanya, itu gara2 ga ada lapisan pasir antara beton dan tegel... apa begitu kondisinya?

38. | 21:41 on 23 March 2005 | by ajo

kalau gitu saya salah masuk yang dicari bahan keramik teknik bukan nya keramik rumahan yang meledak

39. | 09:40 on 28 July 2005 | by reandy

Komposisinya kali yang keliru, coba, ½ siung bawang putih, 2 daun bawang, 1½kg kaldu sapi, 2 kg cabe rawit dan 3 ltr air tawar kemudian rebus pd temperatur sedang biar ga'meledak

40. | 15:09 on 21 September 2005 | by aji

MINTA DENAH RUMAH DERHANA 2 LANTAI DONG!!!