banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Pilih Sendiri Petualanganmu

« Previous post | Next post »


Monday | 13 January 2003
Pilih Sendiri Petualanganmu

Waktu kecil dulu gue pernah punya buku bacaan seri "Pilih Sendiri Petualanganmu". Gue lupa pengarangnya, yang pasti itu karya terjemahan dari luar. Ceritanya macam-macam, ada yang futuristik, menjelajah ke luar angkasa, perjalanan di bawah laut, menembus perut bumi, mencari benua atlantis, dll.

Gak tahu sekarang masih ada gak buku itu dijual di toko buku. Kalau lihat bagian buku anak-anak di toko-toko buku besar sekarang ini, kebanyakan isinya komik-komik jepang.

Mengenai buku "Pilih Sendiri Petualanganmu" tadi, pembaca dibuat antusias dalam memilih-milih alur ceritanya masing-masing. Selalu ada pilihan di tiap akhir halaman: apakah kamu ingin mengikuti jalan A atau jalan B? Apakah kamu menggunakan alat X atau alat Z? Sehingga tiap pembaca bisa punya ending yang berbeda-beda untuk cerita tersebut.

Tetapi yang bikin penasaran, sepintar apapun dan hati-hati dalam memilih, selalu saja terjadi hal yang diluar dugaan. Misalnya, kita memilih membawa bekal buah untuk perjalanan dan tidak memilih biskuit. Ternyata siapa yang menduga pada halaman berikutnya, di dalam buah yang akan kita makan itu ada ulatnya.

...,

Sering kali jadi gemas dan kecewa setelah baca buku itu, karena sebenarnya kita gak pernah benar-benar murni 100% menentukan petualangan semau kita. Pilihan kita pada akhirnya tetap dipengaruhi oleh si pengarang. Satu-satunya cara untuk benar-benar bebas memilih adalah "Tulis Sendiri Petualanganmu"...

January 13, 2003 12:48 PM