banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Senyum Pembawa Sengsara

« Previous post | Next post »


Friday | 3 January 2003
Senyum Pembawa Sengsara

Ini bukan judul sinetron atau novel cinta. Tulisan itu gue lihat di salah satu angkot di jalan pagi ini. Membaca tulisan kayak gini kita bisa jadi geli dan senyum-senyum sendiri. Tulisan itu gak cuma satu macam , ada banyak yang lainnya. Biasanya ada ditempel di bagian belakang truk, atau kendaraan-kendaraan umum seperti angkot, atau jenis metromini. Satu lagi yang gue lihat pagi ini tulisannya: "She Cantic", di kaca belakang angkot lainnya.

Kadang-kadang gak cuma tulisan, tetapi ditambah dengan lukisan-lukisan sebagai ilustrasi kata-kata tersebut. Misalnya di bagian bak belakang truk yang ada tulisan "Janda Kembang" di sampingnya di lukis gambar cewe dengan pose yang sok sensual, dalam posisi duduk atau tiduran. Pose sensualnya kadang-kadang mengalahkan foto model-model yang ada di majalah hiburan.

Atau ada juga yang tulisannya dalam bahasa daerah, yaitu daerah asal dari sang supir atau pemilik kendaraan tersebut. Mereka pede sekali mencantumkan kata-kata tersebut, walaupun orang lain yang membaca gak akan mengerti bahasa mereka tersebut.

Sama seperti para penulis blog di internet, supir-supir angkutan umum itu ingin mengekspresikan ide-ide mereka. Atau sekedar ingin menghadirkan nuansa-nuansa tambahan pada kendaraannya. Biar gak bosan, sedikit diberi variasi, gak puas dengan warna kendaraan yang monoton, ditambahkan huruf-huruf dan gambar-gambar gemerlap.

Ekspresi diri memang salah satu kebutuhan manusia. Dan cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri itu sah saja. Salah satunya cara ini, mereka cukup puas memandang tulisan tanpa makna: "Goyang dombret" atau "Bunda sayang" terpampang di kendaraan mereka...

January 3, 2003 2:53 PM