banner2.jpg

Goblog Media » Gray Area » Subject or Object

« Previous post | Next post »


Monday | 11 August 2003
Subject or Object

Mana yang lebih susah, menjadi pelaku (subyek) atau obyek? To chose or to be a choice? To kill or to be killed? To tell or to be told? To love or to be loved? To give or to be given?

Tiap sisi punya bobot beratnya. Dan sering kita merasa sisi yang lain lebih menyenangkan daripada yang kita jalankan. Pada saat kita harus memilih, tentu kita merasa lebih enak menjadi pilihan. Tetapi saat kita hanya jadi pilihan pasti gak enak.

Bahkan gak selalu membunuh itu lebih enak daripada dibunuh...

August 11, 2003 10:21 AM
Sudah ada 24 comment (kasih comment?)
1. | 23:31 on 10 August 2003 | by indy

Horeeee, comment nomer satu!

2. | 23:32 on 10 August 2003 | by isni

it's cool to be the player, but it sucks to be the fans! itu sih kata eminem.. kalo gue sih maunya jadi subjek. tp kenyataannya mampunya jadi ojek. eh, objek maksudnya..

3. | 23:41 on 10 August 2003 | by enda

Menurut yg saya pelajari, selain SUBJEK dan OBJEK ada juga yang namanya PREDIKAT dan KETERANGAN.

Kalo disingkat, 4 jenis kata dalam kalimat ini disebut SPOK = SUBJEK PREDIKAT OBJEK KETERANGAN

Misalnya:

ERLY MEMBUNUH ANAK KUCING TADI PAGI SAMBIL MANDI

ERLY = SUBJEK
MEMBUNUH = PREDIKAT
ANAK KUCING = OBJEK
TADI PAGI = KETERANGAN WAKTU
SAMBIL MANDI = KETERANGAN SITUASI

JADI, jangan terpaku pada SUBJEK dan OBJEK saja, karena PREDIKAT juga penting, misalnya, PREDIKAT diatas, diganti dengan MEREBUS:

ERLY MEREBUS ANAK KUCING TADI PAGI SAMBIL MANDI

Nah kan jadi beda nuansa dan perilaku tokoh SUBJEK disini.

4. | 00:02 on 11 August 2003 | by ciphie

hehehehhe... heehhehehe *baca komen enda*

woiiii bang erly....... woiiiiiiii..... yuhuuuuuuuu... auwoooooooooo...... enak kan jd pelaku... :D

5. | 00:46 on 11 August 2003 | by shanty

apapun pilihan yang udah diambil, jangan pernah nyesel *idih galak bener :D*

6. | 03:41 on 11 August 2003 | by boy

klo bicara pilih memilih udah brasa mo pemilu aja....
akan banyak pilihan pasti, pilihan itu kan jaman sekarang ini gak 2 aja hitam ato putih.... bisa aja hitam, putih, dan abu-abu :), dan biru, dan merah, dan hijau.....
sama juga halnya membunuh dan dibunuh, klo milih membunuh, emangnya bakalan terbunuh? Klo pilihannya dibunuh, apa emang kena sasarannya, siapa tau nyasar....
hehehe....

7. | 03:46 on 11 August 2003 | by hiddenhate

ah sama saja lah itu ..
yang penting sejauh mana kita menikmatinya
huahuahuahuahuaha !

8. | 03:51 on 11 August 2003 | by erly

to indy: Horeeeee, indy nomer satu! :p

to isni: Kalo saya mendingan jadi ojek daripada jadi objek, soalnya jadi ojek bisa dapet duit, belum lagi kalo yang numpang cewek sexy... hihihi.... :p

to enda: Mas enda yang baik... tolong kasih contoh kalimat yang lebih berperikebinatangan dooongg... masak kucing dibunuh diganti sama kucing direbus kan gak ada yang lebih baik... :)

to ciphie: Woooiii ciphie woooiii... gak ah... gak selalu enak jadi pelaku... :p

to shanty: Berarti sebelumnya musti berpikir 2-3 kali yah? :)

to boy: Yang pasti saya gak mau membunuh kucing seperti kata enda... :)

9. | 03:52 on 11 August 2003 | by erly

to hiddenhate: Hmmm.. kalo gitu saya milih dibunuh tapi yang nikmaaaatt....

10. | 04:10 on 11 August 2003 | by snydez

lebih enak ngoment dari pada di koment :D

11. | 04:20 on 11 August 2003 | by gre

lebih enak digaji daripada nggaji..
lebih enak dipijat daripada memijat..
lebih enak disate daripada menyate.. *lha?!!*

12. | 04:41 on 11 August 2003 | by neenoy

objek juga ada macam-macam: ada objek pelengkap, ada objek penderita. kenapa 'penderita' ya, padahal yg jadi objek penderita juga belum tentu menderita loh. :D

13. | 05:15 on 11 August 2003 | by leon!E

i'll die to love and to be loved in one time.. can it be ?

14. | 05:43 on 11 August 2003 | by shanty

yup 2-3 kali, 4-6 kali kalo perlu, karena setiap pilihan pasti ada konsekuensinya

15. | 05:47 on 11 August 2003 | by nita

Yah.. si enda mah.. bikin gue mau komen apa..
hehehehe.. Maap yah ly.. :)

16. | 06:44 on 11 August 2003 | by enda

Oiya Pak Erly.. itu saham blog-nya sudah bisa diperdagangkan sekarang di blogshares.com. Situ sbg pemilik langsung punya 1000 saham.

Skrg harga 1 sahamnya sudah $73.4

Erly membeli saham malam ini.

17. | 11:53 on 11 August 2003 | by aprian

kalo saya seh mo jadi object kek, mo jadi subject kek....yang penting senanggg.. *kipas2 pake duit goban*...

18. | 12:17 on 11 August 2003 | by hanzky

nggak bisa milih jadi salah satu..semuanya tergantung keadaan..=)

19. | 20:15 on 11 August 2003 | by arb3i

yg paling enak ya yg bisa punya dua pilihan...
kayak: to be loved or to love. :) kayaknya yg satu ini, 'win-win' situation ya ? hehehe :P

20. | 21:34 on 11 August 2003 | by mya

huaheuahe ngakak baca komen kang Enda. Itu mirip maenan saya jaman SD. Masing2 orang nulis di selembar kertas yang sama tanpa tau orang sebelumnya nulis apa. Orang pertama nulis S, kedua P, ketiga O, keempat keterangan sifat, kelima keterangan tempat. Akhirnya digabungin dan hasinya kocak.. hihi lupa apa nama mainan itu. Main yuk Er?

21. | 22:22 on 11 August 2003 | by Lhukie

kok comment gue kmaren ilang ?

22. | 23:24 on 11 August 2003 | by erly

to snydez: Ah di komen juga enak kok bang :p

to gre: Lebih enak ditraktir sate daripada mentraktir sate, hehehe...

to neenoy: Dapat julukan "obyek pelengkap" saja udah cukup merasa menderita tuh :)

to leon!E: But we can do love if we die :p

to shanty: Tapi kelamaan mikir nanti malah jadi obyek terus deh...

to nita: Iya dimaafin nita... enda juga dimaafin... :)

to enda: ayo ayo ajarin saya dagang lagi ya... yang lain juga boleh beli2 saham saya... :)

to aprian: Kalo situ kipas2 pake duit goban padahal saya duduk di sampingnya kipas pake duit cepe-ribuan masih bisa seneng gak? hihihi...

to hanzky: Cuma bisa pasrah dong hanz...

23. | 23:24 on 11 August 2003 | by erly

to arb3i: Hmmm... kalo soal love sih mendingan jangan dihitung2 win or lose nya b3i :) Just love and give love...

to mya: Hehehe.... mainan yang lucu tuh, gue juga dulu pernah main tuh.... atau bisa juga kata2nya diundi, jadi keluarnya ngacak gitu :)

to lhukie: Komen yang mana kie? :) Sorry ya... comment box nya sering error... :)

24. | 10:37 on 12 August 2003 | by harris

hemmhh.. mau 'membunuh' ataupun 'dibunuh' sama2 gak enak dan serba salah.. tapi kalo sudah tidak bisa mau apa lagi.. :(